kerajinan kayu hitam palu,
Local Experiences

5 Jenis Kerajinan Kayu Hitam Palu: Produk Unik dari Kayu Eboni

Palu adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki banyak potensi wisata dan budaya. Salah satu produk budaya yang menarik dan unik dari Kota Palu adalah kerajinan kayu hitam

Salah satu produk budaya yang menarik dan unik dari Kota Palu adalah kerajinan kayu hitam. Kerajinan ini terbuat dari kayu eboni, yaitu kayu yang memiliki warna hitam pekat dan tekstur yang keras.

Palu adalah ibukota Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki banyak potensi wisata dan budaya. Kayu eboni merupakan tumbuhan endemik di Sulawesi Tengah, khususnya di daerah pegunungan. Kayu eboni memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena keunikannya dan keawetannya. Kayu ini juga memiliki nilai seni yang tinggi, karena bisa dibuat menjadi berbagai bentuk kerajinan yang indah.

Sejarah dan Ciri Khas Kerajinan Kayu Hitam Palu

Sejarah dan Ciri Khas Kerajinan Kayu Hitam Palu
Sejarah dan Ciri Khas Kerajinan Kayu Hitam Palu

Kerajinan kayu hitam Palu sudah ada sejak zaman Belanda. Saat itu, kayu eboni banyak diekspor ke Eropa untuk dijadikan bahan mebel dan alat musik. Namun, ada juga kayu eboni yang tidak memenuhi standar ekspor karena bentuknya yang tidak rata atau cacat. Kayu-kayu ini kemudian dimanfaatkan oleh para pengrajin lokal untuk dijadikan produk lain yang lebih bernilai jual.

Kerajinan kayu hitam Palu memiliki ciri khas yang berbeda dari lainnya. Meski hitam, namun kayu tersebut tidak menggunakan cat atau pewarna. Melainkan mengandalkan warna asli dari kayu eboni. Selain itu, dalam membentuk kerajinan juga tidak menggunakan paku atau lem, melainkan mengandalkan teknik sambungan kayu yang kuat. Uniknya lagi, prosesnya tidak menggunakan mesin, cukup mengandalkan keterampilan tangan yang cekatan dari pengrajin.

Baca juga: Unik nan Otentik, 5 Kuliner Khas Palu Sulawesi Tengah 

Jenis dan Harga Kerajinan Kayu Hitam Palu

Jenis dan Harga Kerajinan Kayu Hitam Palu
Jenis dan Harga Kerajinan Kayu Hitam Palu

Kerajinan kayu hitam Palu memiliki berbagai jenis dan harga yang bervariasi. Beberapa jenis kerajinan yang populer adalah:

  1. Gantungan kunci
    Kerajinan ini berbentuk hewan, tumbuhan, atau simbol yang bisa digunakan sebagai hiasan kunci. Kerajinan ini memiliki harga sekitar Rp 5.000 pe biji.
  2. Pajangan
    Kayu hitam juga bisa digunakan untuk kerajinan dekoratif. Seperti patung, topeng, atau hiasan dinding yang bisa digunakan sebagai hiasan rumah. Kerajinan ini memiliki harga sekitar Rp 50.000 hingga Rp 500.000 per buah, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan.
  3. Jam
    Banyak juga dijumpai kerajinan kayu hitam dalam bentuk jam dinding atau jam meja. Keduanya berfungsi selain sebagai alat penunjuk waktu juga untuk hiasan. Kerajinan ini memiliki harga sekitar Rp 100.000 hingga Rp 1.000.000 per buah, tergantung ukuran dan desain.
  4. Kotak perhiasan
    Kerajinan yang satu ini berbentuk kotak. Fungsinya untuk menyimpan perhiasan atau barang-barang kecil lainnya. Kerajinan ini memiliki harga sekitar Rp 50.000 hingga Rp 300.000 per buah, tergantung ukuran dan motif.
  5. Tas
    Dunia fashion tak mau ketinggalan berinovasi menggunakan kayu hitam. Terdapat kerajinan kayu hitam yang berbentuk tas wanita. Pastinya bisa digunakan untuk membawa barang-barang sehari-hari. Kerajinan ini memiliki harga sekitar Rp 200.000 hingga Rp 500.000 per buah, tergantung ukuran dan model.

Baca juga: 3 Souvenir Khas Palu, Membungkus Kenangan dan Kesan Mendalam

Tempat Membeli Kerajinan Kayu Hitam Palu

Tempat Membeli Kerajinan Kayu Hitam Palu
Tempat Membeli Kerajinan Kayu Hitam Palu

Jika Kawanjo tertarik untuk membeli kerajinan kayu hitam Palu, cobalah mengunjungi beberapa tempat berikut:

  1. Toko Sumber Urip Eboni
    Toko ini merupakan salah satu toko kerajinan kayu hitam terbesar dan terlengkap di Palu. Toko ini memiliki dua cabang, yaitu di Jalan Raya Palu-Donggala KM 9 dan di Jalan Raya Palu-Parigi KM 15.
  2. Pasar Inpres Palu
    Pasar ini merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Palu. Pasar ini menjual berbagai macam barang, termasuk kerajinan kayu hitam. Pasar ini berlokasi di Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur.
  3. Toko Online
    Selain rekomendasi di atas, Kawanjo juga bisa membeli kerajinan kayu hitam Palu melalui toko online atau market place. Ketik saja kata kuncinya dan temukan toko yang pas.

Kerajinan kayu hitam Palu merupakan produk unik dari kayu eboni. Dengan sentuhan kreatif,  ternyata bisa menjadi berbagai bentuk. Kawanjo bisa membelinya untuk dekorasi maupun koleksi. Bahkan bagus juga untuk buah tangan setelah menyelesaikan urusan atau melakukan kegiatan wisata di Palu, Sulawesi Tengah.

0 comments on “5 Jenis Kerajinan Kayu Hitam Palu: Produk Unik dari Kayu Eboni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.