Makanan khas Sawahlunto
Local Experiences

5 Makanan Khas Sawahlunto yang Wajib Kawanjo Cicipi, Dijamin Bikin Nagih

Selain punya sejarah, Sawahlunto juga punya segudang kulineran yang bisa menggoyang lidah

Kota Sawahlunto sangat identik dengan wisata sejarahnya. Setiap mendengar kata Sawahlunto pasti Kawanjo akan diingatkan dengan istilah Manusia Rantai, Lubang Tambang, Museum Kereta Api. Nah kali ini yuk beralih dari wisata sejarah ke wisata kuliner yang ada di Kota Sawahlunto. Berikut ini 5 rekomendasi makanan khas Sawahlunto yang akan memanjakan lidah Kawanjo.

Baca Juga : 6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi

1. Pical

Makanan Sawah Lunto
Mie yang diguyur dengan kuah kacang ini sangat menggoda

Pical merupakan salah satu makanan khas dari Kota Sawahlunto. Pada pical terdapat berbagai macam sayur seperti kol, sayur hijau, dan potongan tahu serta dengan mi kuning kemudian disiram dengan menggunakan kuah kacang. Pical ini sekilas menyerupai makanan gado-gado tetapi memiliki rasa yang berbeda.

2. Ale-ale Silungkang

Makanan khas Sawah Lunto
Mirip dengan serabi tetapi sebenarnya ini bukan kue serabi kawanjo

Jika diperhatikan makanan ale-ale Silungkang ini sekilas mirip dengan serabi tetapi tentunya memiliki rasa yang berbeda. Ale-ale ini terbuat dari beras, gula jawa, air kelapa, dan parutan pandan. Proses pembuatan kue ini memakan waktu kurang lebih 6-7 jam.

3. Dendeng Batokok

Makanan Sawah Lunto
Dagingnya sangat gurih dan berlimpah dengan rempah-rempah

Dendeng batokok terbuat dari daging sapi yang diiris tipis. Daging tersebut dilumuri dengan minyak kelapa agar aroma serta dagingnya menjadi gurih. Setelah dilumuri minyak kelapa, daging akan diberi rempah lain sebagai bumbu seperti ketumbar, bawang putih, jahe, bawang merah, kunyit, lengkuas, jeruk nipis dan garam. Sebelum dipanggang, daging harus diiris tipis kemudian ditokok atau dipukul (dimemarkan) terlebih dahulu.

4. Lamang Tungkek

Makanan Sawah Lunto
Ini juga enak dicoba saat ngetrip ke SawahLunto

Lamang tungkek ini berbentuk lonjong dengan dibungkus dengan balutan daun pisang. Bahan utama pembuatan lamang tungkek ini adalah tepung beras yang dipadu dengan santan dan gula aren. Lamang tungkek memiliki rasa yang manis dan gurih.

5. Kue Pinyaram

Makananan Khas Sawah Lunto
Kalau di Jakarta mirip sekali dengan kue cucur nih kawanjo

Kue Pinyaram merupakan kue yang terbuat dari tepung beras baik beras hitam atau putih, santan, dan gula aren. Salah satu kuliner khas Kota Sawahlunto ini dimasak dengan cara digoreng menggunakan cetakan.

Duh pasti sudah lapar kan ya, hehehe. Yuk berburu kuliner sambil ngetrip. Cek Paket Wisata menariknya di sini.

Baca Juga : Memburu 5 Kuliner Tradisional, Pecinta Pedas Wajib Tahu

0 comments on “5 Makanan Khas Sawahlunto yang Wajib Kawanjo Cicipi, Dijamin Bikin Nagih

Leave a Reply

Your email address will not be published.