5 Tempat Wisata Keren di Indonesia yang Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood
Local Experiences

5 Tempat Wisata Keren di Indonesia yang Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood

Ubud hingga Candi Borobudur adalah nama-nama lokasi wisata di Indonesia yang jadi lokasi syuting film Hollywood.

Nama Indonesia kembali melejit di kancah Hollywood. Salah satu aktor kebanggaan tanah air, Joe Taslim sukses memerankan Sub-Zero di film Mortal Kombat. Akan tetapi, Indonesia di Hollywood bukan cuma soal aktor, tapi juga mengenai lokasi wisata yang kerap jadi tempat syuting. Sejak era 2000 hingga 2010, Indonesia merupakan magnet bagi sineas top Hollywood untuk merekam adegan-adegan penting.

BACA JUGA: Usai Lebaran, Jangan Lupa Kunjungi Pantai Tersembunyi di Bali yang Spektakuler

Sudah banyak judul film yang latar belakang tempatnya di Indonesia. Yang bikin tambah berdecak kagum, mereka memakai beberapa daerah di nusantara. Karena syuting tersebut pula, popularitas lokasi wisata semakin meroket. Zaman sekarang, Kawanjo pasti sudah tak asing dengan tempat wisata mempesona macam Ubud, Pulau Moyo hingga Pulau Mursala.

Nama-nama itu hanya sebagian kecil tempat wisata di Indonesia yang pernah dipakai syuting film hollywood. Biar kawanjo enggak penasaran mana saja, sih, tempat-tempat wisata itu, nih kami berikan lima rekomendasi wisata di Indonesia yang pernah jadi lokasi syutung film Hollywood. Mari diintip:

Eat, Pray Love: Ubud Bali

Eat, Pray Love
Syuting film di Indonesia

Film produksi 2010 ini dibintangi oleh Julia Roberts dan James Franco. Film itu menceritakan soal perjalanan cinta Julia Roberts usai bercerai. Ia traveling ke beberapa wilayah dunia. Julia Roberts menikmati kuliner di India, mencari ketenangan spiritual di India, hingga menemukan cinta sejati di Bali. Saat’ Eat, Pray, Love’ syuting di Pulau Dewata mereka memilih Ubud.

Di film tersebut digambarkan betapa indahnya pemandangan alam budaya Bali yang kental di Ubud. Penggambaran Ubud di ‘Eat, Pray, Love’ adalah penggambaran Ubud di dunia nyata. Tenang, indah, dan damai merupakan inti dari Ubud. Tempat wisata ini pun cocok bagi Kawanjo yang ingin kabur sejenak dari hiruk pikuk kota besar.

Black Hat: Lapangan Banteng

Film syuting
Lapangan Banteng jakarta

Film laga ‘Black Hat’ dirilis pada 2015. Blackhat dibintangi oleh salah satu aktor Hollywood ternama asal Australia Chris Hemsworth. Film ini menceritakan soal kasus peretasan tingkat tinggi yang membuat pabrik nuklir di Hong Kong meledak. Syuting ini dilakukan di berbagai kota besar di dunia yaitu Los Angeles, Hong Kong, Jakarta dan Kuala Lumpur.

BACA JUGA: 11 Upacara Adat yang Bakal Bikin Kamu Makin Cinta Indonesia!

Ya, yang Kawanjo dengar tidak salah. Jakarta masuk ke daftar tempat syuting film laga ini. Salah satu tempat syuting film ini terletak di Lapangan Banteng. Berlokasi di pusat kota Jakarta, Lapangan Banteng adalah tempat warga ibu kota melepas penat. Kebanyakan warga Jakarta sekadar beristirahat maupun berolahraga di Lapangan Banteng.

Di Lapangan Banteng, sebelum pandemi COVID-19, sering dipakai tempat berbagai pameran. Selain itu, kuliner kaki lima khas ibu kota juga ada di Lapangan Banteng. Jadi Kawanjo yang mau menikmati suasana di pusat kota di ibu kota Jakarta, wajib hukumnya ke Lapangan Banteng.

Java Heat: Candi Borobudur

Candi Borobudur
Candi Borobudur film Java Heat

‘Java Heat’ adalah film produksi campuran dari Hollywood dan Indonesia. Film bergenre laga ini dibintangi oleh Kellan Lutz sampai aktor kawakan Mickey Rourke. ‘Java Hea’t bercerita mengenai kerja sama antara polisi AS dan Indonesia memecahkan kasus bom bunuh diri.

Salah satu lokasi syuting ‘Java Heat’ adalah tempat wisata populer di Jawa Tengah, Candi Borobudur. Sekian lama candi Buddha terbesar di dunia ini jadi magnet wisata di Indonesia. Sudah banyak cerita mengenai kemegahan candi ini. Akan tetapi, agar keindahan dan kemasyuran Candi Borobudur tetap terjaga, Kawanjo harus wisata di sana lagi, ya.

Savages: Pulau Moyo

Savages Pulau Moyo
Pulau Moyo

Pada tahun 2012, sutradara senior Oliver Stone merilis film bergenre drama-triler, ‘Savages’. Film ini Dibintangi oleh Taylor Kitsch hingga Blake Lively. Film Hollywood ini menceritakan soal penyelundup narkotika. Di film ini pula diceritakan bahwa dua orang pemeran utama kabur ke Indonesia. Lokasi syuting ‘Savages’ di Indonesia adalah di Pulau Moyo yang terletak di Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Pulau Moyo dikenal dengan air terjun Jitu yang luar biasa indah. Saking indah dan jernihnya, air terjun ini dijuluki Queen Waterfall atau air terjun Ratu. Bukan tanpa alasan, Putri Diana pernah berandam di sini. Selain Air terjun masih banyak obyek wisata lain yang bisa dinikmati di Pulau Moyo.

King Kong: Pulau Musala

Film King Kong remake
Salah satu tempat syuting adalah Pulau Mursala di Tapanuli Selatan

Pada 2005 sutradara kondang Hollywood Peter Jackson membuat remake film sensional, ‘King Kong’. Film yang remake dengan judul yang sama tersebut sukses jadi box office di tahun itu. Para pengamat film juga ramai-ramai memberi review positif terhadap film ‘King Kong’ karya Peter Jackson itu. Salah satu tempat syuting adalah Pulau Mursala di Tapanuli Selatan, Sumut.

Di film pulau itu berubah nama menjadi Pulau Tengkorak yang jadi tempat tinggal Kong. Selain karena film ‘King Kong’, Pulau Mursala tersohor akan keindahan alamnya. Pantai pasir putih, tebing granit, dan air terjun yang bermuara ke laut adalah bukti nyata betapa luar biasanya Pulau Mursala.

Itu tadi beberapa lokasi wisata di Indonesia yang digunakan oleh sineas Hollywood untuk syuting film. Bila Kawanjo ada rencana untuk ngetrip berbagai wisata di Indonesia cek di sini.

Baca juga : 5 Wisata Angker di Bali yang Bikin Kamu Tidak Bisa Tidur

0 comments on “5 Tempat Wisata Keren di Indonesia yang Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood

Leave a Reply

Your email address will not be published.