Tips Aman Saat Rafting
Local Experiences

5 Tips Aman Buat Kamu yang Mau Coba Aktivitas Rafting

Sekilas memang menyenangkan, tapi ada beberapa tips dan trik juga buat kamu yang mau coba pacu adrenalin lewat rafting

Semua orang pasti hobi liburan. Ngetrip saat weekend tiba ataupun setelah mengambil cuti kerja, sudah menjadi sebuah keharusan. Ini dikarenakan, pikiran butuh sesuatu yang fresh, jadinya ngetrip menjadi pilihan tepat kawanjo. Bagi sebagian orang yang suka ngetrip, ada juga yang sekalian ingin memacu adrenalin atau tantangan. Biasanya liburannya disertai aktivitas seru, seperti rafting. 

Rafting atau bahasa lainnya ini adalah arung jeram yang merupakan olahraga ekstrem. Ini adalah olahraga yang sangat menantang adrenalin. Peminatnya? Banyak kawanjo, karena rafting itu seru banget soalnya. Kamu bisa menemukan banyak spot rafting kok, bisa cek di sini. Nah, biar aman dan nyaman, sebaiknya kamu simak beberapa tips ini sebelum memulai rafting ya. 

Baca Juga : Para Pecinta Adrenalin Wajib Coba Rafting ke Magelang Nih!

1. Memperhatikan Kondisi Tubuh

Tips aman saat rafting
Perhatikan kondisi tubuh sebelum memulai aktivitas rafting

Di atas sudah disebutkan meskipun rafting seru tetapi termasuk olahraga ekstrem yang sangat memacu adrenalin. Jadi, jika kawanjo ingin mencoba keseruan rafting, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi tubuh. Rafting butuh kekuatan, ketahanan, dan kerjasama tim. Jadi, pastikan tubuhmu sehat dan prima untuk melakukan olahraga ini, soalnya rafting sangat menguras tenaga meskipun bermain di aliran sungai. 

2. Pakaian yang Digunakan Saat Rafting

Tips aman Rafting
Pakaian Rafting

Saat melakukan aktivitas rafting, pastikan menggunakan pakaian santai dan nyaman. Salah satunya hindari pemakaian pakaian berbahan katun. Lebih tepatnya, kawanjo memakai pakaian khusus renang, sedangkan alas kaki yang digunakan saat rafting bisa kok memakai sandal gunung. 

3. Melakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Tips aman Rafting
Pemanasan

Apapun aktivitasmu, awali dengan pemanasan. Bahkan bekerja di kantor yang lebih sering duduk saja diajarkan untuk melakukan pemanasan dan olahraga. Apalagi kalau kawanjo mau trekking, hiking, dan rafting. Kawanjo wajib melakukan pemanasan dulu, ini gunanya adalah untuk meregangkan otot agar tidak terkejut saat mulai beraksi. Biasanya jika tidak pemanasan, setelah rafting pasti badan akan terasa pegal-pegal.

4. Memilih Level Rafting

Tips Aman Rafting
Level Rafting

Buat kawanjo yang baru akan mencoba aktivitas rafting, sebaiknya percayakan ini kepada ahlinya. Biasanya banyak kok pilihan rafting disesuaikan dengan level. Jika kawanjo masih masuk pemula, biasanya akan diberikan jalur yang level pemula. Sedangkan bagi yang sudah terbiasa melakukan rafting, biasanya akan diberikan level yang berbeda juga. Level ini biasanya terkait jalur dan juga arus yang akan dilewati oleh para traveler yang siap melakukan aktivitas rafting. 

5. Perlengkapan

Tips Aman Rafting
Perlengkapannya jangan lupa ya

Jangan lupa untuk menggunakan helm dan jaket pelampung. Pilihlah semuanya yang sesuai dengan ukuran badan kawano, biar pas lagi terkena arus tidak terganggu karena semuanya sudah pas dan nyaman. Oh iya, untuk aktivitas rafting ini kamu gak usah khawatir jika tidak pandai berenang, karena sudah wajib memakai pelampung. Tidak hanya itu saja, biasanya olahraga ini juga diawasi oleh ahli profesional. Jadi enjoy aja dan nikmati serunya rafting ya kawanjo. 

Seru banget ya rafting, apalagi jika melakukannya bersama teman-teman pasti deh jadi lebih seru. Bisa dipastikan selesai rafting ini hubungan pertemanan akan semakin erat, hehehe. Untuk cek paket wisata dan open trip menarik lainnya bisa di sini ya. 

Baca Juga : 4 Destinasi Wisata Menantang Buat Kamu yang Suka Tantangan

0 comments on “5 Tips Aman Buat Kamu yang Mau Coba Aktivitas Rafting

Leave a Reply

Your email address will not be published.