cara live di Shopee agar banyak penonton
Technology

6 Cara Live Di Shopee Agar Banyak Penonton, Siap Kebanjiran Checkout

Berbagai fitur di dalamnya membuat transaksi jual beli semakin menguntungkan kedua belah pihak. Termasuk cara live di Shopee agar banyak penonton dan terjadi pembelian di akhir alias checkout. 

Online marketplace seperti shopee menerapkan konsep pasar yang dikemas secara daring. Seperti shopee, adalah pihak ketiga yang menghubungkan penjual dan pembeli dengan tempat berjualan dan layanan pembayaran yang tersedia. Berbagai fitur di dalamnya membuat transaksi jual beli semakin menguntungkan kedua belah pihak. Termasuk cara live di Shopee agar banyak penonton dan terjadi pembelian di akhir alias checkout.

Shopee Live merupakan salah satu fitur yang memungkinkan Kawanjo untuk mempromosikan toko serta produk secara langsung ke pembeli dalam sesi streaming. Dengan begitu Pembeli bisa langsung berkomunikasi dengan Kawanjo selaku penjual secara real-time. Mereka bisa dengan mudah  mengetahui lebih banyak mengenai produk dan membelinya secara langsung saat streaming masih berlangsung.

Melalui interaksi langsung dengan pembeli, manfaat shopee live membuat Kawanjo mampu memahami kebutuhan pembeli. Juga menciptakan pengalaman transaksi yang interaktif dan intim. Sesi live stream shopee bisa membangun kepercayaan calon pembeli sehingga menjadi lebih dengan Kawanjo selaku pemilik toko.

Jika Kawanjo adalah pemilik UMKM lokal, live di shopee ini juga bisa digunakan untuk memaksimalkan penjualan, terutama melalui traffic yang besar. Keuntungan akan kemudahan serta kelengkapan shopee live memang mendukung kesuksesan dan pertumbuhan pebisnis lokal dalam negeri.

Baca Juga: Blue Fire Cuma Ada 2 di Dunia, Ayo ke Kawah Ijen dan Saksikan Cantiknya!

Cara live di Shopee agar banyak penonton

Cara live di Shopee agar banyak penonton
Cara live di Shopee agar banyak penonton

Dengan strategi yang tepat, Shopee Live bisa menggaet banyak pemirsa. Kawanjo pun bisa semakin luas menarget konsumen. Pun dengan mudah memasarkan produk-produknya pada pemirsa. Diambil dari laman utama marketplace oren, inilah cara live shopee agar banyak penonton:

  1. Jadwal Rutin dan Kalender Promo
    Jadwal Rutin dan Kalender Promo
    Jadwal Rutin dan Kalender Promo

    Agar dikenal banyak orang, Kawanjo harus membuat jadwal rutin dalam live streaming. Semakin rutin dan konsisten, semakin banyak penonton yang datang. Gunakan rekomendasi jadwal seperti saat golden time yakni pukul 1 siang hingga 4 sore dan pukul 7 sampai 9 malam. Lakukan setiap hari kerja selama satu hingga dua jam. Kawanjo juga bisa memanfaatkan kalender promo di Shopee. Seperti saat periode promo Shopee Live Day atau Shopee Mantul Sale.

  2. Voucher Gratis OngkirTelah menjadi favorit pengguna shopee, voucher gratis ongkir mampu memangkas harga yang harus mereka. Karena itu, daftarkan Sesi Live Shopee dan tawarkan Voucher Gratis Ongkir Shopee pada penonton. Hal ini pastilah bisa meningkatkan promosi dengan lebih banyak orang yang berduyun-duyun menonton. Selanjutnya Kawanjo bisa meningkatkan penjualan pada saat sesi live streaming. Jika Kawanjo Anda bisa mendapatkan Voucher Gratis Ongkir dengan mengisi formulir pendaftaran di laman shopee.
  3. Cover  Menarik
    cara live di Shopee agar banyak penonton Cover Menarik
    cara live di Shopee agar banyak penonton Cover Menarik

    Pastikan Kawanjo memilih judul dan menentukan cover yang mampu menarik perhatian banyak orang. Karena keduanya menjadi first impression di laman shopee. Judul yang membuat banyak pengguna shopee tertarik adalah yang menggunakan kalimat singkat namun menarik dan menjual. Contohnya seperti “Tips Memilih Outfit Kekinian” atau “Diskon 50% hanya hari ini!” Sebagai catatan, gunakan sebanyak minimal 40 karakter dalam membuat judul.

    Begitupun dengan cover, sebagai penampakan pertama, Kawanjo harus membuatnya semenarik mungkin. Dan tentunya sesuai dengan isi. Aturlah gambar dengan pencahayaan yang apik, kemudian letakkan produk di bagian tengah dan tidak terpotong. Bubuhkan informasi yang benar dan relevan. Atur dimensi gambar lebih dari 720 kali 720 pixel.

  4.  Host yang MenarikBaik dilakukan sendiri atau diwakilkan, host shopee live harus bisa menciptakan suasana nyaman. Mampu menjalin hubungan baik dengan para penonton. Selama satu sampai dua jam, penonton tidak boleh jenuh sehingga host harus mengatur ide dan menjalankan skenario atau alur streaming. Jangan lupa selalu gunakan kata yang ramah dan sopan serta bahasa tubuh dan pemilihan.

    Pahamilah produk-produk yang hendak ditampilkan, sehingga penyampaian bisa efektif. Ciptakan  suasana yang santai dan membuat nyaman para penonton dengan selalu interaktif dan aktif. Ajak penonton untuk berkomentar, membagikan, dan like sesi live streaming ini. Sesekali lihatlah kolom komentar dan baca komentar serta  jawab pertanyaan penonton. Yang paling seru dan jadi tips agar shopee live ramai penonton adalah dengan mengadakan giveaway atau kuis berhadiah. Hal ini bisa membuat penonton tetap bertahan menonton live streaming sampai akhir.

    Baca Juga: Cara Membuat Miniatur Makanan dari Clay, Kenali Jenis dan Manfaatnya! 

  5. Alur Live Streaminglayaknya sebuah tontonan film atau sinetron, pasti punya skenario. Begitu pula sebuah penampilan live streaming yang berlangsung saat itu juga. Supaya pembahasan yang dilakukan itu terarah, alur harus dibuat. Secara garis besar dibagi menjadi sesi pembukaan, isi, dan penutup.

    Di 10 menit pertama, informasikan gambaran Live Streaming yang bersangkutan. Kawanjo bisa memperkenalkan diri dan mendeskripsikan toko, menanyakan kabar penonton, menjelaskan tema sesi live kali ini, serta mengajak untuk follow toko dan share sesi streaming ke teman atau saudara.

    Pada 50-100 Menit selanjutnya, saatnya Kawanjo mempromosikan produk. Tampilkan produk hendak dipromosikan secara bergiliran. Beri penjelasan detail tiap produk seperti ukuran, bahan, dan kegunaan. Sesekali sampaikan ulasan produk atau cara pemakaian. Sampaikan info tentang promo yang sedang berlangsung. Jangan lupa merespon komentar atau menjawab pertanyaan dari penonton ketika live streaming. Tampilkan highlight produk supaya  pembeli mudah untuk checkout. Terakhir, informasikan bahwa akan ada kejutan ekstra yang diberikan di akhir sesi live streaming

    Tahap ketiga di 10 menit terakhir sesi, Kawanjo bisa melakukan beberapa hal. Pertama, ingatkan penonton untuk checkout produk dan follow toko sebelum sesi live berakhir. Sampaikan rangkuman informasi penting dari sesi live streaming. Informasikan jadwal selanjutnya sesi live streaming. Pada tahap ini saatnya memberikan kejutan ekstra kepada pemirsa, contohnya berupa tambahan koin. Terakhir, tutup sesi live streaming dengan mengucap salam dan ungkapan terima kasih pada penonton.

  6. TeaserBagikan informasi sesi live streaming Kawanjo di media sosial. Ajak pengikut media sosial untuk menghadiri sesi live streaming dengan membagikan teaser menarik dan informatif mengenai acara tersebut. Gunakan teaser berdurasi maksimal 1 menit untuk menarik minat mereka. Selain itu, optimalkan profil toko Kawanjo dengan menampilkan jadwal live streaming di halaman toko dan produk yang akan dipromosikan dalam kategori khusus.

    Setelah tahu cara live di Shopee agar banyak penonton, Kawanjo harus bersiap-siap. Apalagi kalau bukan untuk kebanjiran order dan checkout. Tetap semangat nge-live ya!

 

0 comments on “6 Cara Live Di Shopee Agar Banyak Penonton, Siap Kebanjiran Checkout

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.