6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi
Local Experiences

6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi

Dari Ayam Betutu hingga Lawar, yuk kita cari tahu apa saja makanan khas Nyepi.

Umat Hindu Bali pada awal bulan depan tepatnya 2 Maret 2022, akan merayakan Hari Raya Nyepi. Masih sama seperti dua tahun ke belakang perayaan hari besar ini masih diselenggarakan secara terbatas. Lonjakan virus corona varian Omicron jadi alasannya.

Meski demikian, semangat menyambut tahun baru Saka pastinya akan tetap menaungi Umat Hindu Bali. Peribadahan berupa ritual berdoa di Pura, hingga pelaksanaan catur brata penyepian pastinya tetap dijalankan dengan khusyuk.

BACA JUGA: Nyantai Sambil Menikmati Panorama Gunung? Ini 5 Rekomendasi Kafe di Kintamani

Semangat dan kekhusyukan Nyepi juga akan sangat terasa sehari sesudahnya. Saat matahari terbit sehari sesudah Nyepi Umat Hindu Bali akan menyambut tahun baru Saka dengan berdoa hingga berkumpul dan makan bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Sama seperti hari besar umat beragama lainnya, keluarga Umat Hindu Bali mempunyai berbagai makanan khas yang keluar di hari spesial ini. Kawanjo yang penasaran dengan menu khas Nyepi, yuk kita simak bareng-bareng:

1. Jaja Kaliadrem

6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi
Jaja Kaliadrem salah satu makanan ringan khas Nyepi Bali.

Jaja Kaliadrem merupakan camilan utama umat Hindu Bali saat hari raya Nyepi. Makanan ringan ini bercita rasa unik yaitu manis dan gurih. Jaja Kaliadrem sangat cocok dikonsumsi seusai menjalankan ritual Nyepi yaitu berpuasa seharian penuh.

Selain rasanya yang lezat, bentuk dari Jaja Kaliadrem juga unik. Makanan ringan punya berbagai bentuk dari segitiga sampai bulat sempurna. Untuk menikmati sajian ini warga Bali biasanya menyantap sembari teman minum teh.

2. Nasi Tepeng

6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi
Nasi Tepeng lezat khas Gianyar

Nasi Tepeng merupakan salah satu kuliner khas Gianyar, Bali. Biasanya sajian ini dihidangkan ketika hari-hari besar Umat Hindu Bali seperti Nyepi. Nasi Tepeng sendiri adalah sajian nasi dengan berbagai macam lauk seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, dan taburan kelapa muda.

Cita rasa Nasi Tepeng khas Gianyar dominan pedas. Menyantap Nasi Tepeng akan semakin nikmat jika kuliner khas Nyepi ini disajikan di atas daun pisang.

3. Entil

6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi
Entil terlihat seperti Lepet, tapi kedua kuliner ini pada dasarnya berbeda.

Bali dikenal sebagai salah satu provinsi dengan kekayaan kuliner. Setiap kabupaten dan kota memiliki kuliner khas tersendiri. Entil sendiri merupakan salah kuliner khas daerah Tabanan. Panganan ini biasanya disajikan saat perayaan Nyepi atau upacara keagamaan.

BACA JUGA: 3 Oleh-Oleh Khas Gresik Yang Punya Cita Rasa Manis

Entil sendiri mirip makanan khas Jawa, Lepet. Tetapi, ada perbedaan mencolok antara dua kuliner lezat tersebut. Tidak seperti Lepet, bahan dasar Entil adalah beras. Entil biasanya disantap bersama lauk-lauk lain seperti sayur, daging ayam sampai telur.

4. Ayam Betutu

6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi
Ayam Betutu satu dari banyak kuliner Bali yang kelezatannya dikenal se-Indonesia

Siapa yang tak mengenal kelezatan Ayam Betutu? kuliner tersebut kini bukan saja dikenal sebagai kebanggaan Bali semata, Ayam Betutu sudah menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Ayam Betutu sebenarnya sangat lekat dengan Nyepi. Dalam upacara keagamaan menjelang Nyepi biasanya Ayam Betutu disajikan sebagai salah satu persembahan sebagai respresentasi rasa syukur atas perjalanan setahun ke belakang yang sudah lewat.

5. Balung

6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi
Sop Balung jadi salah satu kuliner paling dinantikan saat Nyepi.

Balung merupakan sajian berbahan dasar daging babi. Selain daging celeng, makanan berupa kuah kuning ini terkadang dicampurkan bersama berbagai lauk seperti iga dan tulang. Balung adalah salah satu kuliner paling favorit untuk menyambut perayaan Nyepi. Cita rasa Balung yang lezat karena perpaduan berbagai rempah sangat cocok disantap bersama nasi hangat. Kehadiran Balung di meja makan juga membuat suasana makan bersama saat Nyepi akan semakin meriah.

6. Lawar

6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi
Lawar tak pernah absen di setiap perayaan Nyepi.

Salah satu kuliner yang tak boleh absen di berbagai acara dan hari besar Umat Hindu Bali adalah Lawar. Makan bersama Nyepi serasa kurang lengkap jika tidak ada Lawar. Lawar sendiri adalah kuliner yang berisi perpaduan sayuran beserta daging cincang. Daging yang biasanya dipakai untuk lawar sangat beragama dari mulai ayam, bebek sampai babi cocok dicampur dengan Lawar.

Bagi warga Bali Lawar tak sekadar kuliner. Ada makna tersendiri di balik cita rasa lezat kuliner tersebut. Umat Hindu Bali percaya menyantap Lawar saat Nyepi bisa mendatangkan suasana damai, harmonis serta keseimbangan. Itu tadi lima kuliner khas yang selalu ada saat Nyepi.

Kita berharap Nyepi 2022 ini adalah tahun terakhir perayaan hari besar dirayakan di tengah keterbatasan. Semoga di waktu-waktu mendatang virus corona sudah sirna dan kita bisa merayakan seluruh hari-hari besar dengan bebas tanpa takut terinfeksi virus.

Nah, kini waktunya Kawanjo untuk intip paket wisata menarik dari kami. Lirik di sini ya Kawanjo. Jangan sampai ketinggalan paket-paket wisata keren dari kami. Ada banyak juga paket wisata di Bali.

Baca Juga : Cek Paket Wisata Bali dengan Budget Menarik

0 comments on “6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi

Leave a Reply

Your email address will not be published.