8 Alasan Kuat ke Festival Pesona Selat Lembeh 2022
Local Experiences

8 Alasan Kuat ke Festival Pesona Selat Lembeh 2022

Festival Pesona Selat Lembeh 2022 harus dikunjungi segera. Karena banyak agenda dan keuntungan yang bisa didapatkan.

Selat Lembeh adalah perairan yang memisahkan daratan utama pulau Sulawesi dengan pulau Lembeh. Masuk dalam wilayah kota Bitung, perairan ini memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut yang mempesona. Sehingga selat Lembeh menjadi salah satu objek wisata selam yang wajib dikunjungi bila berada di Sulawesi Utara. Untuk menikmati keindahan potensi lainnya, yuk ambil bagian di Festival Pesona Selat Lembeh 2022!

Event tahunan yang sudah masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara ini digadang – gadang akan menjadi cara untuk perbaikan perekonomian. Melalui peningkatan sektor pariwisata, diharapkan masyarakat lokal bisa membangun dan mengembangkan pundi – pundi pendapatan di sekitar destinasi wisata.

Baca Juga: Daftar Destinasi Wisata di Sulawesi

Karena dengan masuknya Festival Pesona Selat Lembeh/FPSL di KEN, spot-spot pariwisata di kota Bitung dapat semakin terkenal. Sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun internasional. Semakin ramai kota semakin terbuka peluang peningkatan perekonomian.

Daya tarik Festival Pesona Selat Lembeh 2022

Sudah kali ke-5 acara tahunan ini diselenggarakan. Mengulang kesuksesan pelaksanaan tahun lalu yang dikemas secara hybrid, festival pesona selat Lembeh tahun 2022  menghadirkan beragam acara dan tampilan yang menarik. Berlangsung mulai tanggal 6 – 10 Oktober 2022, masyarakat bersuka cita menjadi bagian gelaran.

Beragam agenda yang akan ditampilkan membuat yang lain semakin tertarik untuk datang dan menyimak langsung. Di venue acara pastinya, yaitu di Satrol Lantamal VIII Kota Bitung.

Ini nih, daftar alasan yang membuat Kawanjo semakin yakin untuk datang di festival pesona selat Lembeh:

  1. Bitung Expo
Festival Pesona Selat Lembeh
Bitung Expo

Sekitar 100 UMKM di kota Bitung  mengikuti acara ini. Dengan terlibat di dalamnya, produk unggulan masyarakat bisa dipamerkan dan dipromosikan dengan efektif. Bitung Expo juga menjadi wujud dukungan atas prestasi kota ini telah masuk nominasi UNESCO Creative Cities Network dalam bidang gastronomi atau tata boga. Ada banyak olahan ikan, kopi, dan lainnya. Juga oleh – oleh seperti abon, amplang tuna, dan  keripik. Tak ketinggalan street food dan makanan minuman cepat saji khas Bitung.

Tak hanya sektor makanan minuman, ada juga UMKM  yang menjual produk kerajinan tangan juga jasa. Seperti kerajinan, fashion, jasa sablon dan lainnya. 

  1.  Rekor MURI
Event Festival Pesona Selat Lembeh 2022
Rekor Memanggang Ikan

Tak kalah spektakuler, festival pesona selat Lembeh juga mencetak prestasi melalui pemecahan  . Yang pertama adalah MURI Record for the Most Participants of Grilled Fish alias rekor memanggang ikan dengan peserta terbanyak. Tak salah memilih mengingat Bitung memiliki banyak produk unggulan dari laut. 

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Khas Tarakan Hasil Laut  

Rekor kedua adalah MURI Record Tetengkoren Plays. Alat musik tradisional Bitung yang mirip kentongan.

  1. Virtual Reality Game

Yang ingin sedikit menaikkan adrenalin bisa mencoba wahana satu ini. Khusus diadakan sebagai bagian dari festival pesona selat Lembeh 2022, menjajal virtual reality game bisa jadi pengalaman yang mengesankan. Kawanjo akan merasakan seolah hadir dan terlibat langsung dalam setting tempat yang ditampilkan. 

Sebagai catatan, virtual reality games adalah teknologi yang membuat kita dapat melakukan simulasi dengan menghadirkan visual dan suasana tiga dimensi. Menarik bukan?

  1. Show Battle Cutting Tuna
festival pesona selat Lembeh tahun 2022
Seni Memotong Daging Ikan Tuna

Yang satu ini unik nih. Tiada duanya jika bukan di festival pesona selat Lembeh 2022. Yaitu  pertunjukan pemotongan Ikan Tuna atau Cutting Tuna Show . Sebagaimana banyak orang tahu bahwa Bitung adalah pemasok industri perikanan di Indonesia. Salah satunya adalah ikan yang digunakan di acara ini, yaitu jenis tuna Grade A yang sering diekspor ke luar negeri. 

Ada banyak teknik dalam memotong daging ikan tuna. Sehingga pengunjung bisa menyaksikan banyak gaya yang dilakukan oleh para ahli dalam mengiris ini. Lebih asyik lagi, saat battle juga   pertunjukan kesenian khas daerah. 

  1. Underwater Photography Competition

Selat Lembeh adalah surganya bawah laut kota Bitung. Ada puluhan diving spot menarik yang bisa dinikmati. Karena itulah, ada lomba foto keindahan bawah laut selat Lembeh untuk memeriahkan acara festival ini.

Baca juga: Wisata Bawah Laut Kodingareng Keke

  1. Minahasa Culture Festival 
Event Festival Pesona Selat Lembeh
Minahasa Culture Festival

Dalam rangka menjaga kelestarian dan keagungan budaya daerah, festival pesona selat Lembeh juga menghadirkan satu acara istimewa. Bertajuk Minahasa Culture Festival, acara ini menampilkan pagelaran kolosal budaya khas Bitung dan lomba – lomba menarik lainnya. 

Termasuk di dalamnya adalah penampilan Tarian Kolosal “Bitung Goes To UCCN Of Gastronomy” . Pertunjukan ini diadaptasi dari beberapa tarian kreasi yang berasal dari Kota Bitung. Seperti Tari Tangkap Cakalang, Tari Soma Dampar, Tari Kopra dan Tari Kreasi Baru yang khusus diciptakan untuk Opening Ceremony FPSL tahun 2022.

  1. Music performance
Festival Pesona Selat Lembeh 2022
Bintang Tamu Grup Band Jamrud

Selain tari – tarian, seni musik juga tak mau ketinggalan ambil bagian. Mulai dari seniman lokal hingga nasional akan turut meramaikan festival pesona selat Lembeh 2022. Kawanjo penggemar musik Rock? Wajib datang nih, karena bintang tamu utama di gelaran ini adalah band ternama Indonesia. Yaitu Jamrud! Yeay, let’s Rockin’ the strait!

  1. Lomba olahraga

Ingin menonton perlombaan olahraga? Jangan khawatir, festival pesona selat Lembeh juga punya! Hendak mendukung salah satu peserta? Atau bahkan Kawanjo adalah salah satu yang bertanding? Segera bersiap untuk kompetisi Bitung Trail Sea Adventure Part 4, Rally Yacht, dan lomba mengael atau memancing.

Baca Juga: Festival Salo Karajae 2022

Daya tarik acara festival pesona selat Lembeh 2022 ternyata luar biasa. Rasanya berat untuk menolak hadir di dalamnya. Karena terbayang sudah keceriaan dan pengalaman mengesankan bila terlibat di dalamnya. Sebagaimana bila Kawanjo menjelajahi kota Bitung dan selat Lembeh nya untuk berwisata serta mengeksplorasi potensi unggulannya. Yuk, segera gabung!

13 comments on “8 Alasan Kuat ke Festival Pesona Selat Lembeh 2022

  1. Selat lembeh adalah perairan yang memisahkan daratan utama pulau Sulawesi dengan pulau Lembeh. Selat Lembeh adalah surganya bawah laut kota BitungKarena dengan masuknya Festival Pesona Selat Lembeh/FPSL di KEN, spot-spot pariwisata di kota Bitung dapat semakin terkenal. Sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun internasional. Semakin ramai kota semakin terbuka peluang peningkatan perekonomian.

  2. Keren. Daya tarik yang sangat memikat hati para pengunjung nya.

  3. Jenni Maria

    Event-event yang seperti ini seharusnya rutin di lakukan karena dapat membuat wisatawan semakin tertarik melakukan perjalanan wisata ,wisata Indonesia keren

  4. Rosalina Pane

    Daya tarik acara festival pesona selat Lembeh sangat luar biasa. Beragam agenda yang ditampilkan membuat festival itu semakin tertarik. Salah satunya festival seni memotong daging ikan Tuna. Ada banyak teknik dalam memotong ikan Tuna sehingga pengunjung bisa menyaksikan banyak gaya yang dilakukan oleh para ahli dalam menggirisnya. Selain itu masih banyak festival yang lebih keren di Selat Lembeh.

  5. Sri Sulastri Lumban Tobing

    Daya tarik acara festival pesona selat Lembeh sangat luar biasa. Berbagai kegiatan diadakan agar membuat acara festival ceria dan mengesankan seperti pertunjukan musik, lomba olahraga,pertunjukan pemotongan Ikan Tuna atau Cutting Tuna Show dan masih banyak lagi. Keren…

  6. Yunita Rizky M Sinaga

    dari dulu suka sekali liat festival beginian, selain event-eventnya yang unik makanan khas daerah selalu jadi juaranya….

  7. Putri Febriani Simamora

    Artikel ini sangat menarik, dan bermanfaat bagi pengunjung karena selain memikat daya tarik pengunjung, festival ini juga bisa diikuti oleh pengunjung.

  8. Yesica Vetrin Angelisa Purba

    Dengan ada nya event-event seperti ini pastilah sangat membuat senang hati masyarakat khusus nya kaum milineal saat ini.

  9. Apresiasi setinggi-tingginya untuk mereka yang senantiasa menjaga warisan budaya dengan menyelenggarakan even dan festival bertajuk kearifan lokal masyarakat sekitar .

  10. Wella Ruth Simbolon

    Dalam festival pesona selat lembeh digadang – gadang akan menjadi cara untuk perbaikan perekonomian. Melalui peningkatan sektor pariwisata, diharapkan masyarakat lokal bisa membangun dan mengembangkan pundi – pundi pendapatan di sekitar destinasi wisata.serta memiliki daya tarik yang bermacam – macam.

  11. keren yaaa
    apalagi dalam festival pesona selat lembeh dengan memanggang ikan terbanyak sangat keren

  12. Cindy enjelina purba

    Keren…Dengan ada nya event-event seperti ini pastilah sangat membuat senang hati masyarakat khusus nya kaum milineal saat ini.

  13. Nova Sinaga

    Selain menawarkan keseruan untuk penyuka wisata budaya, bahari, dan kuliner, Festival Pesona Selat Lembeh 2022 juga siap menyenangkan hati para pengunjung dengan cara menyelenggarakan event event dan Festival kearifan lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.