Kawanjo, Local experience, ngetrip, Indonesia, destinasi wisata, Desa Wisata Puri Kaba-kaba, Desa wisata di Bali, Desa wisata, Desa wisata Jawa-Bali
PigiNews

Ada Akulturasi Budaya Jawa di Bali? Yuk Intip Desa Wisata Puri Kaba-Kaba!

Salah satu destinasi yang cukup anti mainstream jika kamu berlibur ke Bali.

Kawanjo pasti sudah sering dengar nih mengenai Bali dan desa wisata yang ada di sana. Salah satunya adalah Desa Wisata Puri Kaba-Kaba. Sudah pernah dengar belum? Nah, Desa Wisata Kaba-Kaba memiliki akulturasi yang menarik untuk kita bahas. Dulunya Desa Wisata Puri Kaba-Kaba termasuk ke dalam Kerajaan Majapahit yang mana kerajaan tersebut merupakan Kerajaan Jawa.

Hal tersebut terjadi karena Bali pernah ada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit yang membuat akulturasi budaya Jawa masih tertinggal di dalamnya.

Kawanjo, Local experience, ngetrip, Indonesia, destinasi wisata, Desa Wisata Puri Kaba-kaba, Desa wisata di Bali, Desa wisata, Desa wisata Jawa-Bali
Peninggalan di Desa Wisata Puri Kaba-Kaba yang diyakini dari Kerajaan Majapahit.

Puri sendiri berarti kediaman keluarga kerajaan yang menjadikan berdirinya desa wisata ini. Seperti kita ketahui bahwa pada masa Bali kuno terdapat kerajaan di Bali. Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit melakukan invasi ke Bali. Kemenangan Patih Gajah Mada atas kerajaan Bali kuno pada tahun 1343, menyebabkan ?ri Kr?sna K?pakisan sebagai “Gubernur” Majapahit di Bali. 

Baca juga: Desa Wisata dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Pariwisata Indonesia

Kawanjo, Local experience, ngetrip, Indonesia, destinasi wisata, Desa Wisata Puri Kaba-kaba, Desa wisata di Bali, Desa wisata, Desa wisata Jawa-Bali
Ornamen hiasan kura-kura di Desa Wisata Puri Kaba-Kaba banyak dijumpai pada bangunan candi masa Majapahit

Hal inilah yang membuat masih adanya budaya Jawa yang tertinggal di Bali seperti Arca-Arca, Pamerajan (tempat peristirahatan leluhur para raja), serta ornamen hiasan kura-kura yang banyak kita jumpai pada bangunan candi masa Majapahit, misalnya Candi Sukuh dan Candi Ceta. Serta memiliki ragam bentuk arca ular-naga yang ada di situs-situs sakral dan adanya beberapa arca tokoh Garuda.

Kawanjo, Local experience, ngetrip, Indonesia, destinasi wisata, Desa Wisata Puri Kaba-kaba, Desa wisata di Bali, Desa wisata, Desa wisata Jawa-Bali
Ornamen hiasan kura-kura di Desa Wisata Puri Kaba-Kaba banyak dijumpai pada bangunan candi masa Majapahit

Inilah yang menjadi daya tarik utama Desa Wisata Puri Kaba-Kaba yang sarat akan nilai historis kerajaan Majapahit di dalamnya. Cocok banget nih untuk Kawanjo yang lagi nyari-nyari wisata sejarah. Jadi, bagi Kawanjo yang akan berkunjung ke Bali wajib banget nih mampir ke Desa Wisata Puri Kaba-Kaba.

Gimana nih Kawanjo? Tertarik sama Desa Wisata Puri Kaba-Kaba? Kamu bisa pesan paket wisatanya di sini. Pastinya tak hanya liburan yang akan kamu dapatkan, di Desa Wisata Puri Kaba-Kaba kita banyak belajar kekayaan budaya, lintas kuliner dan cara pembuatannya, dan masih banyak lagi. Buruan makanya cobain nikmatnya dan keseruan ngetrip ke Desa Wisata Puri Kaba-Kaba.

Baca juga: Cinta Desa Wisata : Cerita Indah Sarat Makna

Nah buat kamu yang mau tahu destinasi wisata seru lainnya di Indonesia, teman-teman bisa cek di sini. Tak hanya itinerary aja, berbagai kemudahan terkait pembayaran tersedia di sana. Yuk rencanakan liburanmu dari sekarang!

0 comments on “Ada Akulturasi Budaya Jawa di Bali? Yuk Intip Desa Wisata Puri Kaba-Kaba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.