AirAsia Kini Punya Rute Kuala Lumpur Langsung ke Labuan Bajo
PigiNews

Meningkatkan Kunjungan Turis Mancanegara, Maskapai AirAsia Kini Punya Rute Kuala Lumpur Langsung ke Labuan Bajo

Labuan Bajo, satu dari lima Destinasi Super Prioritas semakin menampakkan keunggulannya. Kali ini dari segi kemudahan akses, dengan telah diluncurkannya Rute Kuala Lumpur Langsung ke Labuan Bajo.

Labuan Bajo, satu dari lima Destinasi Super Prioritas semakin menampakkan keunggulannya. Kali ini dari segi kemudahan akses, dengan telah diluncurkannya Rute Kuala Lumpur Langsung ke Labuan Bajo. Ya, maskapai AirAsia baru-baru ini telah berhasil menghubungkan kota Kuala Lumpur Malaysia dan langsung mendarat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Pada tanggal 3 September 2024, penerbangan perdana AirAsia dengan nomor penerbangan AK 336 telah dilakukan. Berangkat dari Kuala Lumpur International Airport (KUL), pesawat ini mendarat di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo (LBJ) pada pukul 14.25 WITA. Inilah rute yang membuka lebih lebar pintu kemudahan akses turis mancanegara. Tiada lain adalah untuk menikmati pesona alam dan budaya di Indonesia Timur.

Destinasi Super Prioritas
Destinasi Super Prioritas

Menariknya, 169 orang penumpang pertama rute ini mendapatkan kejutan istimewa. Kemenparekraf/Baparekraf berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan, Pejabat Gubernur (Pj) Nusa Tenggara Timur, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, KADIN Nusa Tenggara Timur, Unit Penyelenggara Bandar Udara Komodo Labuan Bajo, menyambut mereka di pintu kedatangan Bandara Komodo, Labuan Bajo. Para penumpang mendapatkan kalung bunga yang diberikan secara simbolis oleh Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno. Para penumpang juga diberi cinderamata Wonderful Indonesia dan disuguhi tarian tradisional Nusa Tenggara Timur.

Terobosan baru yang telah lama ditunggu-tunggu banyak pihak ini membawa banyak keuntungan. Salah satunya adalah bisa memperkuat konektivitas udara dua negara. Sehingga bisa mempermudah kedatangan wisatawan dari Malaysia ke Labuan Bajo. Walhasil, peningkatan jumlah wisatawan asing ke surga tropis di ujung barat Pulau Flores ini menjadi hal yang mudah dicapai.

Baca juga: Uji Coba Taksi Terbang IKN Telah Dilakukan, Gambaran Masa Depan Transportasi Udara Perkotaan

Menparekraf Apresiasi AirAsia Buka Rute Kuala Lumpur Langsung ke Labuan Bajo

Rute Kuala Lumpur Langsung ke Labuan Bajo
Rute Kuala Lumpur Langsung ke Labuan Bajo

Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini menyatakan, “Inisiatif ini lahir dari kesadaran akan pentingnya konektivitas langsung ke Labuan Bajo, sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia yang memerlukan akses penerbangan langsung dari berbagai originasi. Melalui kerja sama berbagai pihak, penerbangan ini kini menjadi kenyataan dan diharapkan dapat mendukung pengembangan pariwisata di kawasan tersebut.”

Sepaham dengan hal di atas, Dato’ Captain Fareh Mazputra, Managing Director AirAsia Malaysia menyampaikan hal serupa. AirAsia  memiliki komitmen untuk berkontribusi pada pengembangan Labuan Bajo yang berkelanjutan sebagai destinasi kelas dunia. Yakni dengan mempermudah akses bagi wisatawan dari seluruh penjuru bumi. “Peluncuran penerbangan langsung kami dari Kuala Lumpur ke Labuan Bajo hari ini menandai langkah signifikan dalam mendukung target pariwisata Indonesia,” Ujarnya.

Baca juga: Keris Kamardikan Award 2024, Pelestarian Budaya Sebagai Tonggak Bangsa

Total, ada lebih dari 4.000 kursi yang tersedia setiap minggu untuk rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo-Kuala Lumpur. Penerbangan AirAsia ini  beroperasi tiga kali tiap pekan. Yaitu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Untuk rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo dengan nomor penerbangan AK 336, jadwal keberangkatan dari Kuala Lumpur adalah pukul 11.10 waktu setempat dan tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo pukul 14.30 WITA dengan membawa sekitar 165 penumpang.

Sedangkan rute Labuan Bajo-Kuala Lumpur dengan nomor penerbangan AK 337, dijadwalkan berangkat dari Labuan Bajo pada pukul 14.55 WITA dan tiba di Kuala Lumpur pukul 18.35 waktu setempat. Dengan jadwal penerbangan ini, keindahan alam dan daya tarik budaya Labuan Bajo bisa semakin mudah diakses oleh wisatawan mancanegara. Sehingga hal tersebut bisa turut mempercepat pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Timur.

0 comments on “Meningkatkan Kunjungan Turis Mancanegara, Maskapai AirAsia Kini Punya Rute Kuala Lumpur Langsung ke Labuan Bajo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.