Bali
Local Experiences

Bosan Mantai, Cobain Ngetrip Syahdu di Desa Jatiluwih Bali

Bali enggak cuma pantai, Jatiluwih buktinya.

Bali terkenal dengan pantainya yang semuanya memiliki pemandangan magis. Tapi Kawanjo tahu nggak sih kalau Bali juga punya pemandangan sawah yang sangat terkenal di seantero dunia? Yup! Desa Jatiluwih menjadi salah satu ikon wisata buat kamu yang bosan mantai di Bali.

Desa Jatiluwih yang berada di Kabupaten Tabanan, Bali. Desa ini memiliki pemandangan alam yang unik sawah terasering terluas dan pesona air terjunnya, hingga menjadi warisan budaya dunia.

BACA JUGA: Lokasi Berburu Sunset yang Wajib Dijajal di Bali

Jika Kawanjo pergi ke Bali untuk berlibur, belum lengkap rasanya jika Anda belum mengunjungi Desa Jatiluwih ini. Soalnya, Kawanjo bakal menikmati pemandangan alam pegunungan yang masih sangat asri dan alami.

Yang terkenal dari Desa Jatiluwih adalah keindahan sistem irigasi tradisional sawah Bali atau yang biasa disebut dengan subak. Banyak wisatawan yang penasaran dan akhirnya kagum sama subak di desa ini.

Penasaran banget apa saja wisata di Desa Jatiluwih? Check this out!

1. Terasering Terluas

Bosan Mantai, Cobain Ngetrip Syahdu di Desa Jatiluwih Bali
Terasering Jatiluwih

Sudah pasti ini menjadi daya tarik utama dari Desa Jatiluwih. Kawanjo akan disuguhkan pemandangan sawah yang sangat indah. Ingat punden berundak? Nah begitulah bentuk sawahnya yang dinilai sangat unik dan masih alami karena seperti tangga yang sangat besar.

Kawanjo juga bisa melihat langsung para petani Bali yang sedang menanan padi. Serasa menonton pertunjukkan langsung yang bakalan bikin kamu terkagum-kagum. Sebagian besar sawah di desa ini memang menghasilkan padi. Tapi, sebenarnya ada tumbuhan lainnya, seperti sayuran, kopi, kelapa, dan lain sebagainya.

2. Air Terjun Yeh Hoo

Bosan Mantai, Cobain Ngetrip Syahdu di Desa Jatiluwih Bali
Air Terjun Yeh Hoo

Selain melihat sawah, tak jauh dari Desa Jatiluwih ada air terjun yang sangat memukau. Air Terjun Yeh Hoo tersembunyi letaknya. Meski demikian, jalur menuju ke sana tidak terlalu sulit. Kawanjo hanya perlu menuruni anak tangga.

Namun, kelelahan kamu akan langsung tergantikan dengan derasnya air yang mengalir melalui bebatuan. Sepanjang perjalanan juga Kawanjo akan disuguhkan pemandangan yang nggak kalah magis.

BACA JUGA: Pilihan Destinasi Wisata Akhir Tahun Sesuai Zodiakmu

Selain air terjun Yeh Hoo, disana juga ada air terjun kecil yang langsung berhadapan dengan sawah. Sumber airnya pun berasal dari tanah. Berbeda dengan sumber air terjun Yeh Hoo yang berasal dari pegunungan.

Air terjun Yeh Hoo memiliki ketinggian sekitar 8 meter yang dikelilingi oleh bebatuan besar dan pepohonan yang rindang. Panorama alamnya yang alami jelas akan membuat Anda betah berlama-lama disana.

3. Pura Luhur Sri Rambut Sedana

Bosan Mantai, Cobain Ngetrip Syahdu di Desa Jatiluwih Bali
Pura Luhur Sri Rambut

Tidak jauh dari area persawahan, Kawanjo bisa melihat Pura Luhur Sri Rambut Sedana. Pura ini dipercaya sebagai tempat permohonan akan kesejahteraan, kesuburan, dan kemakmuran. Letakmya berada di lereng Gunung Batukaru.

Pura Luhur Sri Rambut Sedana ini bisa dikategorikan sebagai sebuah situs purbakala. Soalnya, bangunan ini sudah berdiri sangat lama.

Pura Luhur Sri Rambut Sedana ini memiliki ketinggian mencapai 700 meter dari permukaan laut. Udara di sekitaran pura juga terbilang sejuk. Panorama di sekitar Pura ini juga sangat asri karena lokasinya dikelilingi perkebunan warga.

4. Subak Jatiluwih

Bosan Mantai, Cobain Ngetrip Syahdu di Desa Jatiluwih Bali
Subak Jatiluwuh

Subak adalah sistem irigasi tradisional Bali untuk mengairi sawah yang sudah dilakukan secara turun-temurun. Subak Jatiluwih ini menjadi sebuah warisan budaya yang telah ditetapkan secara resmi oleh UNESCO pada 2012. Nah, salah satu faktor yang membuat subak Jatiluwih ini diresmikan adalah hasil dari Padi Bali Merah.

Subak tidak hanya dikenal karena keindahannya, namun juga karena nilai yang terkandung didalamnya. Nilai yang dimaksudkan adalah nilai agama Hindu dan termasuk Tri Hita Karana. Tri Hita Karana sendiri merupakan falsafah yang menjelaskan tentang keharmonisan hidup yang terjadi antara Tuhan, manusia, dan alam. Selain mengagumkan, tentunya berkunjung ke Desa Jatiluwih Bali ini sangat menenangkan ya.

Itu dia pesona Desa Jatiluwih yang wajib banget Kawanjo kunjungi kalau ke Bali. Lokasi wisata ini bisa jadi alternatif untuk Kawanjo yang ingin menikmati suasana pegunungan di Pulau Dewata.

Sebagai tambahan informasi, Pigijo.com lagi ada promo menarik Back to Bali, lho! Kawanjo bisa cek di sini dan temukan berbagai penawaran menarik untuk ke Bali. Jangan lupa share kebahagiaan kamu bersama Pigijo ya!

BACA JUGA: Obama hingga Raja Salman, Ini Deretan Pemimpin Dunia yang Kepincut dengan Bali

0 comments on “Bosan Mantai, Cobain Ngetrip Syahdu di Desa Jatiluwih Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.