Rendang Lokan
Local Experiences

Bukan Sekedar Lezat, Rendang Lokan Juga Bikin Sehat

Ada makanan khas Sumatera Barat yang terkenal dengan nama rendang lokan. Penasaran? 

Rendang identik dengan Sumatera Barat. Sebaliknya pun begitu, mendengar nama Sumatera Barat pasti teringat masakan dengan cita rasa lezat ini. Ternyata di tempat asalnya, rendang tidak hanya dari daging. Ada makanan khas Sumatera Barat yang terkenal dengan nama rendang lokan. Penasaran?

Sumatera Barat terutama Pesisir Selatan memiliki daerah yang dekat dengan laut. Wajar bila komoditas perikanan dengan mudah didapatkan. Salah satunya adalah kerang. Oleh warga setempat, hewan ini diolah menjadi berbagai masakan lezat dan memikat. Ada rendang lokan yang tak kalah enak daripada yang berbahan daging.

Apa itu Lokan? 

Apa itu Lokan
Apa itu Lokan

Diakui dunia internasional, rendang berulang kali dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Penggemarnya pun dari seluruh penjuru bumi. Namun, bagi sebagian orang, bahan dasar daging menjadi permasalahan. Sehingga ketika ada alternatif rendang lokan, selesailah permasalahan.

Lokan adalah sejenis kerang, mirip dengan tiram dan kerang hijau. Namun lokan memiliki cangkang yang sedikit lebih besar dan berwarna kehitaman. Lokan banyak ditemukan di Pesisir Selatan tepatnya di Painan dan di Pariaman Sumatera Barat. Seperti di Sungai Inderapura Painan atau Desa Tiku Pariaman.

Karena banyaknya lokan di daerah ini, masyarakat pun menyesuaikan diri dengan menciptakan produk kuliner baru. Rendang lokan menjadi unggulan dengan penyesuaian bumbu yang pasti berbeda bila menggunakan daging.

Sensasi menikmati kerang tak kalah dengan saat menghabiskan daging dalam balutan bumbu rendang. Lokan yang lebih kenyal tidak memiliki serat seperti pada daging. Sehingga menyantap rendang lokan terasa lebih mudah, segar, dan menyenangkan.

Rendang Lokan Pesisir Selatan sendiri telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tepatnya pada bulan Oktober 2023. Dengan ini dapat dipastikan bahwa rendang lokan menjadi produk kuliner yang lahir dari kreativitas masyarakat. Serta kemampuan mereka beradaptasi dengan lingkungan. Mengolah kekayaan alam di sekitar untuk membuat makanan yang lezat dan bernutrisi tinggi.

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis, Salah Satunya Bikin Langsing

Nutrisi Lokan

Ternyata dibalik rasanya yang nikmat, lokan mengandung banyak nutrisi dalam tubuh. Sebagai salah satu jenis kerang, lokan mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, tubuh tidak bisa membuat sendiri asam amino esensial sendiri. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan akan asam amino esensial, harus dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Salah satunya ya kerang lokan ini.

Selanjutnya adalah lokan memiliki kandungan protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga daging kerang bisa dijadikan sebagai sumber protein yang baik untuk setiap jenjang usia.

Kerang lokan juga kaya akan vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, dan K), serta vitamin yang larut dalam air (B1, B2, B6, B12, dan niasin). Selain itu, kerang sungai cenderung mengandung lebih banyak kalsium dan magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang dan fungsi otot.

Satu lagi, kerang lokan memiliki kandungan lemak yang rendah. Sebagai perbandingan, rendang daging sapi mengandung sekitar 13,9 gram lemak per 100 gram, sedangkan kerang hanya mengandung 1,1 gram lemak per 100 gram. Jadi rendang lokan disarankan untuk disantap oleh mereka yang sedang diet rendah lemak.

Bumbu Rendang Lokan

Bumbu Rendang Lokan
Bumbu Rendang Lokan

Sebagai kuliner khas, rendang lokan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di daerah sekitar Pesisir Selatan. Untuk satu kilogram tiram, diperlukan 300 gram cabai yang digiling halus, 4 liter santan (dari 4 butir kelapa), 15 siung bawang merah yang digiling halus, 5 siung bawang putih yang digiling halus, 1 sendok teh jahe yang digiling halus, 2 sendok makan kencur yang digiling halus, ¼ kilogram kunyit yang ditumbuk halus, 2 batang serai, 5 lembar daun jeruk purut, 3 lembar daun salam, 1 lembar daun kunyit, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok makan ketumbar yang ditumbuk halus.

Masyarakat sering mencampurkan sayuran pakis atau daun singkong. Kedua jenis sayur mayur ini juga mudah ditemukan di tepi-tepi sungai. Selain menambah cita rasa, sayuran juga memperkaya nutrisi. Dimana pakis dan daun singkong memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Baca Juga: Berapapun Usiamu, Wajib Tahu 5 Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol

Cara Membuat Rendang Lokan

Cara Membuat Rendang Lokan
Cara Membuat Rendang Lokan

Selain bahannya yang mendukung kearifan lokal, rendang lokan juga masih melestarikan cara-cara tradisional untuk mengolah bahan-bahan. Hal ini dipercayai akan menghasilkan masakan yang lebih lezat dan tahan lama.

Masyarakat masih ada yang menggunakan kayu bakar, bukan dengan kompor gas atau listrik. Sebab, menurut mereka rasanya  berbeda dengan apabila menggunakan kompor gas/listrik.

Keluarkan dulu daging lokan dari cangkangnya. Caranya dengan merebus lokan hingga cangkangnya terbuka. Lokan tidak langsung dimasak bersama santan dan bumbu, tetapi ditambahkan saat santan telah menjadi gulai. Setelah dimasak sekitar 15 menit dalam kuah gulai, lokan akan dikeluarkan dan dimarinasi secara terpisah.

Bumbu akan meresap ke dalam lokan di luar kuali. Ini dilakukan agar lokan tidak menjadi keras. Lokan kemudian dimasukkan kembali ke dalam dedak yang hampir matang. Dedak rendang adalah sambal yang lekoh,menyelimuti daging rendang.

Rendang lokan memiliki tekstur kenyal khas kerang, dipadukan dengan bumbu yang sangat lezat. Meski sama-sama rendang, lokan diolah dengan bumbu yang sedikit berbeda dengan yang berbahan daging. Jika ingin memasak rendang lokan, tidak menggunakan ketumbar. Selain itu, jumlah kelapa yang digunakan sebaiknya lebih banyak jika dibandingkan dengan rendang daging.

 

0 comments on “Bukan Sekedar Lezat, Rendang Lokan Juga Bikin Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.