Catat! Ini 10 Event Unggulan Kota Bandung di Tahun 2022
PigiNews

Catat! Ini 10 Event Unggulan Kota Bandung di Tahun 2022

Tahun 2022 di Bandung akan ada berbagai acara menarik mulai dari kesenian tradisional sampai kulineran

Siap-siap! di tahun 2022 kawanjo bisa ngetrip ke Kota Bandung, Jawa Barat, sembari menikmati berbagai suguhan event menarik dan seru. Pasalnya, pada pertengahan November 2021 lalu, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) telah meluncurkan Kalender Event Bandung 2022 (Bandung Calendar of Event 2022).

Bandung Calendar of Event 2022 menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan mengetahui acara yang akan diadakan di Kota Bandung sepanjang tahun 2022. Sekaligus membangkitkan kembali sektor pariwisata di Kota Bandung yang sempat terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19.

Dalam kalender tersebut ada 78 event yang siap digelar sepanjang tahun 2022 mendatang. Sementara, 10 event diantaranya merupakan acara unggulan (top ten event) yang wajib kawanjo kunjungi, lantaran menggabungkan berbagai unsur mulai dari fotografi, kesenian tradisional, sinematografi, musik, hingga kuliner.

1. Bandung Independent Film Fest

ac4

Event yang satu ini merupakan ajang bergengsi bagi karya anak Bangsa yang bakal diikuti berbagai kalangan di dunia perfilman Indonesia. Festival ini juga, sekaligus memantapkan posisi Kota Bandung sebagai kota kreatif yang terus memberikan dukungan bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia.

2. Bandung Kota Angklung

ac8

Pada tahun 2022 Kota Bandung juga akan memproklamasikan sebagai kota angklung. Event yang melibatkan berbagai sektor mulai dari petani bambu, perajin angklung, pelaku seni, hingga akademisi ini akan menampilkan berbagai aktivitas dan gelaran yang berhubungan dengan alat musik angklung.

3. Keuken Bandung, (Festival Kuliner Bandung)

ac3

Dalam Bahasa Belanda, keuken berarti dapur. Urusan yang berhubungan dengan dapur pastilah kuliner. Keuken Bandung atau Dapur Bandung adalah festival yang menawarkan pengalaman yang berbeda bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung untuk menikmati sajian kuliner maupun jajanan tradisional khas Indonesia.

Baca juga: 6 Rekomendasi Wisata Saat Ngetrip Ke Pangalengan, Bandung

4. Bandung Run 2022

ac5

Bandung Run merupakan kegiatan sport tourism yang dirancang sangat unik dengan memadukan olahraga lari, berbarengan dengan mengenal arsitektur bangunan bersejarah dan kesenian tradisional Jawa Barat. Jika kawanjo hobi olahraga lari marathon, bisa mempersiapkan diri dari sekarang untuk mengikuti acara yang biasa digelar setiap tahun ini.

5. Bandung Photography Month

foto

Bagi kawanjo yang suka dengan dunia fotografi jangan lewatkan event yang satu ini. Bandung Photography Month atau bulan fotografi Bandung merupakan acara tahunan yang diselenggarakan selama satu bulan. Salah satu event unggulan ini menghadirkan karya-karya fotografi terbaik dari setiap peserta yang turut berpartisipasi dalam gelaran Bandung Photography Month.

6. IPSM (International Photography & Short Movie) Festival

ac9

International Photography & Short Movie Festival merupakan ajang kompetisi berskala internasional yang rutin diadakan di Kota Bandung. Kegiatan ini menjadi ajang pembuktian karya-karya para photographer dan sineas Indonesia agar bisa diakui secara nasional maupun internasional.

7. Ganesha Film Festival (Ganffest)

ac6

Ganesha Film Festival (Ganffest) adalah festival film dua tahunan berskala nasional yang dilaksanakan oleh Liga Film Mahasiswa ITB. Festival ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2008 dan jadi salah satu festival film mahasiswa tertua di Indonesia. Event ini berupaya untuk memberikan ruang eksibisi serta stimulus bagi produksi film pendek di Indonesia karya anak Bangsa. Kawanjo juga bisa mengikuti festival ini, persiapkan karya terbaikmu dari sekarang!.

Baca juga: Cek Trip Budget Paket Wisata Bali yang Pas di Kantong

8. Hari Tari Sedunia

ac7

Kota Bandung setiap tahun turut memperingati Hari Tari Sedunia ini dengan berbagai pementasan tari yang berisi pesan moral dari para koreografernya. Selain itu, festival ini juga diharapkan bisa menjadi pengingat, agar kita bangga pada seni budaya Bangsa sendiri dan turut serta melestarikan seni tari yang ada di Indonesia.

Hari Tari Internasional dicetuskan oleh Komite Tari Institut Teater Internasional (ITI) pada tahun 1982. Tanggal 29 April dipilih sebagai Hari Tari Internasional karena bertepatan dengan hari lahir Jean-Georges Noverre (1727-1810) seorang pencipta tari balet modern. Dengan tarian, bisa menyatukan semua orang dalam bahasa yang sama yakni menari yang mampu melintasi batasan politik, budaya, agama maupun etnis.

9. Absolute Drum Fest

ac10

Festival ini menjadi salah satu ajang pertemuan para musisi drum sekaligus pembuktian bagi para drummer Indonesia terutama Kota Bandung untuk unjuk kebolehan dengan atraksi yang menarik.

10. World Music Contest “SORA III” Journey of Life

foto 1

Merupakan sebuah event bertaraf Internasional yang akan digelar di Kota Bandung pada 2022 nanti. Suguhan berkelas yang digelar oleh musisi dunia siap memanjakan para pecinta dan penikmat musik tanah air.

Semua event yang akan diselenggarakan tetap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat hingga menyelenggarakan sebagian event secara hybrid. Jadi, jangan lewatkan berbagai event menarik yang bakal digelar di Kota Bandung di tahun 2022 mendatang.

Kuy cek paket wisata menariknya di sini, temukan destinasi wisata menarikmu di Bandung.

Baca Juga : Inilah Destinasi Wisata Bandung yang Bikin Kamu Balik Fresh Lagi

0 comments on “Catat! Ini 10 Event Unggulan Kota Bandung di Tahun 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.