Menikmati liburan juga berpengaruh positif
Health Lifestyle

Cek Nih, 4 Manfaat Liburan bagi Psikologis!

Jangan remehkan liburan. Nomor 4 cocok untuk yang punya pasangan.

Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak dari kita yang menghabiskan waktunya untuk bekerja dari rumah. Tak terasa hampir dua tahun ya. Kabar baiknya, belakangan ini pandemi di Indonesia sudah mulai berangsur surut sehingga sudah mulai banyak perkantoran dibuka untuk kembali menjalankan work from office.

Buat Kawanjo yang banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja, jangan lupa sejenak menyempatkan waktu menikmati liburan bersama keluarga ataupun  teman-teman tercinta. Karena ternyata, ada lho pengaruhnya secara psikologis. Yuk, simak bersama!

1. Memberikan Kepuasan dan Rasa Bahagia

Liburan bisa membuatmu bahagia
Liburan bisa membuatmu merasa bahagia.

Dengan liburan, kamu bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari yang tidak dihadapkan pada tekanan, yang mana berlibur dapat memberikan kepuasaan dan rasa bahagia dari segi fisik maupun psikologis.

Para pakar psikologi positif mengacu kepada teori “Anticipal Pleasure” yang dikemukakan oleh William Stanley Jevons pada awal abad ke-20. Mereka mengungkapkan bahwa kita sudah dapat merasakan kebahagiaan sejak saat kita merencanakan liburan dan akan semakin terasa ketika mendekati harinya. Bahkan tak hanya saat liburan, emosi positif tersebut juga bisa bertahan hingga berminggu-minggu kemudian.

2. Menurunkan Risiko Gangguan Psikologis

Cek Nih, 4 Manfaat Liburan bagi Psikologis!
Liburan juga bisa menjaga kondisi psikologis.

Salah satu manfaat traveling bagi kesehatan mental adalah mengurangi risiko depresi dan gangguan kecemasan. Kegiatan liburan dapat menjauhkan kamu dari aktivitas yang memicu produksi hormon kortisol penyebab stres. Dampak positif ini juga memberikan manfaat untuk menyegarkan jiwa seseorang. Kawanjo bahkan nggak perlu berlibur panjang untuk bisa memperoleh manfaat ini.

Liburan singkat selama tiga hari sudah dapat menurunkan hormon stres dan membuat pikiran menjadi lebih fresh. Secara khusus dari aspek kesehatan emosional, berlibur memberi peluang bagi kita untuk mengalami peak experience, contohnya saat kamu menikmati suasana sunrise dan menatap matahari terbit dalam hitungan detik. Di situ kamu bisa merasakan kekaguman luar biasa dengan keindahan langit.

3. Meningkatkan Kreativitas

Liburan bisa meningkatkan kreativitas
Kreativitasmu juga bisa bertambah berkat liburan

Selama liburan kamu pasti akan menjumpai hal baru mulai dari pemandangan, makanan atau bahkan sampai budayanya. Semua pengalaman baru tersebut membuat wawasan kamu menjadi lebih luas dan beragam. Wawasan luas yang berasal dari pengalaman liburan dapat memicu lahirnya inspirasi-inspirasi baru yang menjadi cikal bakal kreativitas pada seseorang.

Selain itu, melakukan liburan dengan perjalanan yang panjang juga dapat meningkatkan produktivitas serta keterampilan memecahkan masalah. Hal tersebut dikarenakan liburan yang memberikan pengalaman lebih dalam dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif.

4. Memperkuat Hubungan Sosial

 Meningkatkan interaksi sosial
Dengan liburan hubungan sosialmu juga bisa meningkat.

Menjalani liburan bersama keluarga, teman-teman, atau bahkan bertemu dengan orang baru dapat memperkuat hubungan dengan orang-orang di sekitarmu. Pengalaman seru atau buruk sekali pun dapat menjadi bahan perbincangan yang menarik bersama orang lain. Liburan bersama orang-orang di sekelilingmu juga bisa membuat kamu memahami orang lain dan mempererat ikatan emosional yang telah terjalin.

Oleh sebab itu Kawanjo harus sering-sering liburan ya! Karena nyatanya liburan  lebih dari sekedar kegiatan menyenangkan di tengah kesibukan pekerjaan. Bagi Kawanjo yang sudah siap berlibur kamu bisa cek destinasi wisata menarik di sini. Agar manfaatnya lebih optimal, pastikan kamu mempersiapkan seluruh kebutuhan liburan dengan baik.

Penulis : Rahma Mutiara

0 comments on “Cek Nih, 4 Manfaat Liburan bagi Psikologis!

Leave a Reply

Your email address will not be published.