Cek Nih, Destinasi Wisata Berdasar Tes Kepribadian MBTI
Health Lifestyle

Cek Nih, Destinasi Wisata Berdasar Tes Kepribadian MBTI

Kamu termasuk yang mana? Yuk kita buktikan sama-sama!

Mulai dari kalangan muda sampai lanjut usia, pasti punya destinasi impian dalam berlibur. Namun apakah Kawanjo tahu kalau tipe kepribadian punya pengaruh dalam menentukan destinasi wisata impian? Tipe kepribadian manusia terdiri dari 16 jenis atau biasa disebut MBTI (Myers Briggs Type Indicator). Sebelum kita bahas lebih lanjut, Kawanjo sudah tahu belum tipe MBTI-nya ? kalau belum, Kawanjo bisa cek dengan melakukan serangkaian tes yang disediakan di website MBTI ya. Jika Kawanjo sudah tahu, langsung aja yuk kita bahas.

1. ENTJ

Wisata Taman Mekarsari
Melakukan kegiatan bersama di wisata Taman Mekarsari yang asri pasti seru!

Tipe kepribadian ENTJ adalah seorang pemimpin yang bisa mempengaruhi banyak orang. Liburan yang cocok untuk kamu adalah liburan ke destinasi wisata yang mampu mengajak banyak orang untuk seru-seruan. Taman Wisata Mekarsari bisa jadi salah satu tempat yang pas buat kamu kunjungi bersama teman dan keluarga atau bahkan acara kantor sekaligus.

2. INFJ 

Bermain di Taman Safari Prigen
Kalian juga bisa berinteraksi dengan binatang-binatang yang menggemaskan.

INFJ adalah seseorang yang memiliki keunikan dan cinta sesama makhluk hidup. Kalau Kawanjo seorang INFJ, kamu bisa pergi ke destinasi wisata di Jawa Timur bernama Taman Safari Prigen untuk melihat berbagai macam hewan yang bisa membuatmu gemas sendiri dengan tingkah lucu mereka.

3. ENTP 

Museum Iptek Bandung
Selain seru-seruan, Kawanjo juga bisa menambah ilmu di museum.

Untuk Kawanjo yang memiliki kepribadian ENTP, biasanya menyukai hal-hal berbau logika. Kamu bisa nih berkunjung ke Puspa IPTEK Sundial, Bandung.  Selain bisa mengisi stok galeri dengan foto-foto ciamik, kamu juga bisa belajar banyak hal di destinasi wisata ini.

4. ISTJ

Labirin Taman Bunga Nusantara
Bermain di labirin bisa menguji intelegensi kamu.

ISTJ ini menyukai intelegensi dan juga hal-hal yang berbau estetik. Salah satu destinasi wisata yang bisa kamu datangi adalah Taman Bunga Nusantara. Kamu bisa berfoto ria dengan pemandangan bunga-bunga yang indah. Selain itu kamu juga bisa bermain di labirin untuk menguji kecerdasan kamu lho

5. INTJ

Suasana Pantai Nglambor
Suasana pantai yang sepi bisa membuatmu betah berlama-lama menikmati deburan ombak yang menenangkan hati.

Seorang INTJ menyukai keheningan dalam mengisi kembali energinya. Berlibur ke sebuah pantai bisa jadi solusi untukmu. Destinasi wisata Pantai Nglambor, Yogyakarta bisa jadi salah satunya. Pantai eksotis dengan deburan ombaknya yang tenang membuat Pantai Nglambor sangat pas buat kamu seorang INTJ.

6. ESTP

Paralayang di Batu, Malang
Bermain paralayang, melihat pemandangan yang indah pasti bisa membuatmu bersemangat.

Kepribadian ESTP sangat menyukai tantangan dalam hidupnya, karena itu liburan yang cocok untuk Kawanjo bertipe ESTP adalah liburan yang memacu adrenalin. Mencoba kegiatan paralayang di destinasi wisata Batu, Malang bisa jadi rekomendasi bagus buat kamu yang suka mengukur keberanian.

7. ESFP

Suasana Kuta,  Bali
Pemandangan Bali yang indah di kala senja bisa menjadi obat lelahmu juga.

ESFP selalu saja ingin tampil keren dan sangat menyukai suasana pesta. Untuk destinasi liburan yang cocok, kaum ESFP bisa pergi ke pantai Kuta, Bali. Suasananya yang ramai dan banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara diyakini mampu membuatmu senang dengan hiburan-hiburan yang tersedia di Pantai Kuta.

8. ENFJ

Pink Beach, Lombok
Pesona Pink Beach yang amazing emang nggak akan bisa dilupakan.

Kalau kamu seorang ENFJ, kamu sangat suka menyenangkan orang-orang di sekitarmu. Membawa teman-teman atau keluarga berlibur ke Pulau Lombok wajib banget Kawanjo coba. Mereka pasti nggak akan lupa sama kamu yang pernah mengajak liburan ke pantai dengan julukan “Pink Beach” ini.

9. ISTP

Pemandangan Tugu Jogja Malam Hari
Suasana Tugu Jogja di malam hari penuh dengan kerlap-kerlip lampu yang cantik

Sifatnya yang introvert membuat si ISTP lebih menyukai solo traveling. Pergi menjelajah Kota Yogyakarta tentu bisa jadi destinasi wisata terbaikmu. Kamu tak perlu merasa kesulitan saat menjelajah karena fasilitas untuk wisatawan di kota ini sudah sangat terpenuhi. 

10. ISFJ

Museum Fatahillah, Kota Tua
Megahnya Museum Fatahillah akan membuatmu betah untuk berkeliling..

ISFJ menyukai hal-hal yang berbau Kultural dan sejarah. Kamu bisa nih berkeliling Kota Tua memasuki museum-museum di sekelilingnya, mulai dari Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Kantor Pos, dan lainnya. Dijamin, kamu bakal ketagihan untuk datang ke Kota Tua lagi nantinya.

11. INFP

View Pangalengan, Bandung
Menikmati pemandangan yang sejuk di Pangalengan bisa menyegarkan jiwamu lho.

INFP memiliki sifat idealis namun juga empatik. Dia membutuhkan tempat yang nyaman untuk merelaksasikan dirinya. Buat kamu si INFP kamu bisa banget berlibur di daerah yang sejuk seperti Pangalengan, Bandung. Kamu bisa menikmati keindahan kebun teh, bahkan kemping langsung menyatu dengan alam.

12. ESTJ

Suasana Putih Biru menawan Santorini di Labuan Bajo
Pemandangan Santorini ala Labuan Bajo juga nggak kalah cakep dengan destinasi wisata aslinya.

Seorang ESTJ sangat menyukai kerapihan dan alur yang teratur. Berlibur ke tempat yang bersih dengan nuansa arsitektur indah adalah destinasi wisata terbaik bagi seorang ESTJ. Kawanjo bisa menginap di Santorini yang ada di Indonesia, tepatnya di Labuan Bajo. Warna putih biru menyatu dengan indahnya laut membuat kesan bersih dan rapi tentunya.

13. ISFP

Curug Leuwi Hejo
Warna air di Curug Leuwi Hejo yang cantik emang menarik banget untuk di coba

Tipe kepribadian ISFP ini biasanya akan mengalir begitu saja atau lebih ke “let it flow,” sehingga liburan yang cocok buat kamu si ISFP adalah berpergian ke curug. Salah satunya Curug Leuwi Hejo yang mana air di curug ini cukup menggoda untuk berenang. Warnanya yang hijau membuat destinasi wisata ini cukup digemari wisatawan.

14. ENFP

Pemandangan Pulau Misool
Pemandangan Pulau Misool dari atas terlihat berbentuk seperti hati.

Seseorang yang memiliki kepribadian ENFP selalu saja menjadi pribadi yang out of the box. Si ENFP ini menyukai hal-hal yang anti mainstream. Tempat wisata yang wajib kamu coba adalah tempat-tempat yang memiliki hidden gems. Salah satunya pulau Misool di Papua Barat. Pulau tersebut bagaikan surga tersembunyi yang bisa kamu Kawanjo datangi.

15. ESFJ

Cek Nih, Destinasi Wisata Berdasar Tes Kepribadian MBTI
Ranu Kumbolo adalah salah satu spot terbaik saat mendaki Gunung Semeru.

ESFJ ini diberikan julukan “ social butterfly” sifatnya yang penolong membuat orang-orang banyak menyukai ESFJ. Destinasi wisata yang pas buat kamu si penolong adalah hiking di Gunung Semeru bersama teman-teman. Pendakian ke Puncak Mahameru terbilang cukup sulit namun kamu pasti bisa menjadi andalan bagi teman-temanmu.

16. INTP

Pesona Gili Nanggu
Pemandangan Gili Nanggu dari atas dengan air laut yang jernih banget.

Untuk seseorang introvert seperti INTP, mereka menyukai liburan dengan tema “me time” yaitu menghabiskan waktu memanjakan diri. Gili Nanggu, Lombok cocok untuk kamu menghabiskan waktu luang sendiri dengan berjalan-jalan menyusuri pasir putihnya. Tak seperti pulau lainnya, di Gili Nanggu ini masih cukup sepi pengunjung, namun pemandangan alamnya bisa membuat energimu terisi kembali.

Dari 16 kepribadian dan destinasi wisatanya, Kawanjo termasuk yang mana? Boleh dibuktikan, benar atau tidak nih kalau MBTI berpengaruh dalam pemilihan destinasi wisata yang Kawanjo sukai? Untuk destinasi wisata seru lainnya, Kawanjo bisa cek di sini ya. Selamat mencoba!

Penulis : Rahma Mutiara

0 comments on “Cek Nih, Destinasi Wisata Berdasar Tes Kepribadian MBTI

Leave a Reply

Your email address will not be published.