Daftar Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah
PigiNews

Indonesia Peringkat Ke-2 Dalam Daftar Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah 2024

Selama lebih dari sepuluh tahun, Indonesia secara konsisten muncul dalam Daftar Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah di dunia.

Selama lebih dari sepuluh tahun, Indonesia secara konsisten muncul dalam Daftar Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah di dunia. Berdasarkan hasil survei terbaru oleh InterNations, Indonesia berhasil meraih posisi kedua dalam kategori keramahan warga lokal, hanya kalah dari Costa Rica.

Informasi dari Instagram @pesona.indonesia mengungkapkan bahwa Indonesia juga termasuk dalam lima besar untuk kategori budaya & sambutan serta menemukan teman baru. Di kedua kategori ini, Indonesia menempati posisi keempat di tingkat global.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia berharap hasil survei yang mengukur keramahan penduduk lokal ini dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara untuk mengunjungi negara ini.

Konsisten Berada Di Peringkat Atas untuk Keramahan Lokal

Konsisten Berada Di Peringkat Atas untuk Keramahan Lokal
Konsisten Berada Di Peringkat Atas untuk Keramahan Lokal

Dalam survei 2024, Indonesia menempati posisi kedua dari 53 negara dalam subkategori keramahan lokal. Selain Indonesia, terdapat dua negara Asia Tenggara lainnya yang masuk dalam lima besar. Yaitu Filipina dan Vietnam di urutan keempat dan kelima.

Indonesia hanya kalah dari Kosta Rika dalam survei ini. Penilaian dilakukan berdasarkan beberapa indikator seperti sejauh mana keramahan masyarakat lokal berinteraksi dengan orang asing dan tingkat kepuasan mereka terhadap negara tersebut.

“Subkategori Keramahan Lokal menilai keramahan penduduk baik secara umum maupun terhadap pengunjung asing.” Jelas InterNations di situs web mereka.

Baca Juga : Bepergian Tanpa Gangguan, Ini 5 Cara Mengatasi Jet Lag Saat Traveling 

Daftar Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah 2024

Daftar Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah 2024
Daftar Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah 2024

Berikut adalah sepuluh negara dengan warga lokal paling ramah versi InterNations pada tahun 2024:

  1. Kosta Rica
  2. Indonesia
  3. Brasil
  4. Filipina
  5. Vietnam
  6. Meksiko
  7. Kolombia
  8. Oman
  9. Thailand
  10. Mesir

Keuntungan Untuk Indonesia Menjadi Peringkat Teratas

Keuntungan Menjadi Peringkat Teratas Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah
Keuntungan Menjadi Peringkat Teratas Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah

Peringkat Indonesia sebagai negara kedua teratas dalam hal keramahan menunjukkan peningkatan yang signifikan dari survei sebelumnya, di mana pada tahun 2023, Indonesia berada di posisi ketujuh.

Keramahan penduduk lokal telah menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata yang sangat disukai oleh turis internasional.

Indonesia dikenal karena keragamannya dalam suku, budaya, agama, ras, dan kelompok etnis. Keberagaman ini memberikan karakter unik pada negara ini. Perbedaan tersebut kadang menimbulkan konflik, namun juga menjadi kekuatan utama Indonesia.

Baca Juga: Peluang dan Tantangan Pengembangan Wisata Halal di Indonesia, Siap Jadi yang Utama!

Budaya Sopan Santun di Indonesia

Di tengah keberagaman yang ada, masyarakat Indonesia memiliki nilai bersama, terutama dalam hal sopan santun. Nilai ini tidak hanya merupakan ciri khas bangsa, tetapi juga diwariskan turun-temurun dan menjadi bagian penting dari kehidupan sosial.

Kesantunan di Indonesia berperan penting dalam mencegah konflik dengan menghindari perilaku yang bisa menyinggung orang lain. Setiap suku di Indonesia memiliki cara masing-masing dalam mengajarkan tata krama yang baik.

Menurut artikel oleh Eraskha Paskhalia dan Chontina Siahaan dalam Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial (Juli 2022), kesantunan terdiri dari dua jenis. Pertama, kesantunan tingkat pertama yang mengacu pada kepatuhan terhadap norma perilaku dalam masyarakat. Kedua, kesantunan dalam penggunaan bahasa untuk menjaga hubungan interpersonal, termasuk pemahaman pesan yang disampaikan dan cara berbahasa.

Diharapkan dengan adanya hasil survei ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia lebih dalam.

0 comments on “Indonesia Peringkat Ke-2 Dalam Daftar Negara dengan Warga Lokal Paling Ramah 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.