Destinasi wisata sejarah
Local Experiences

Destinasi Wisata Sejarah yang Jadi Saksi Perjuangan Kemerdekaan RI

17 Agustus 2021 Indonesia merayakan hari Kemerdekaannya yang ke-76. Mari nostalgia destinasi wisata yang jadi sejarah perjuangan.

Tujuh belas Agustus tahun empat lima. Itulah hari kemerdekaan kita. Hari merdeka nusa dan bangsa. Hari lahirnya bangsa Indonesia, Merdeka.

Itulah bait lirik lagu yang senantiasa kita nyanyikan saat merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tepat di tahun 2021, Indonesia merayakan hari Kemerdekaan RI yang ke-76. Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan kuat. Untuk merayakannya, mari kita ingat kembali perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah lewat beberapa destinasi wisata ini. Dijamin, rasa nasionalisme kawanjo akan bangkit dan tetap ada!

Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta & Karawang

  • Gedung Joang ‘45’ Jakarta
Destinasi Wisata Sejarah
Gedung Joang ’45’ juga seru jadi pilihan liburan untuk membangkitkan kembali jiwa nasionalis

Anak Jakarta khususnya daerah Jakarta Pusat pasti sering melihat gedung bersejarah ini. Ini adalah Gedung Joang ‘45’ Jakarta. Wisata sejarah ini berada di Jalan Menteng Raya No.13, Jakarta Pusat. Saat Jepang menyerbu Indonesia, gedung yang dulunya adalah sebuah hotel in, menjadi tempat diskusi pemuda untuk bertukar pikiran. Mulai dari Achmad Soebardjo, Sayuti Melik, Sukarni, Adam Malik dan lainnya.

Kalau kamu ngetrip ke Gedung Joang ‘45’, kamu akan melihat lukisan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya itu saja, bahkan kamu juga bisa menonton dokumenter dan juga film perjuangan di bioskop Joang ‘45’.

Baca Juga : 4 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Perayaan Hari Kemerdekaan RI

  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Destinasi Wisata Sejarah
Museum Proklamasi ini kerap jadi pilihan liburan singkat mengenang perjuangan bangsa Indonesia

Dulunya ini adalah kediaman Laksamana Maeda. Di sini juga menjadi saksi perumusan proklamasi naskah pada 17 Agustus 1945 silam. Lokasinya berada di Jalan Imam Bonjol No.1 Menteng. Gedung ini diubah jadi museum demi mengenang proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Pokoknya jika kamu ngetrip ke sini, kamu akan menemukan ruangan penuh benda bersejarah yang digunakan para tokoh pahlawan saat merumuskan naskah proklamasi. 

  • Rumah Rengasdengklok, Karawang
Destinasi Wisata Sejarah
Rumah Rengasdengklok yang jadi saksi perjuangan

Jika mendengar nama Rengasdengklok, Karawang pasti langsung tahu cerita tempat tersebut. Rengasdengklok dikenal sebagai wilayah dalam peristiwa penculikan Bung Karno dan Bung Hatta oleh para pemuda kelompok Menteng 31, yaitu Soekarni, Wikana, Ahmad Soebardjo, Jusuf Kunto dan lainnya. Rumah ini ada di Kalijaya, Karawang. Jika kamu ngetrip ke sini, kamu akan menemukan dipan atau tempat tidur asli yang digunakan oleh Bung Hatta, 

Selain di Jakarta dan di Karawang, banyak juga destinasi wisata sejarah yang jadi saksi perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti halnya di Yogyakarta terdapat Benteng Vredeburg. Benteng ini dibangun Belanda untuk mengawasi pergerakan masyarakat Yogyakarta. Di Surabaya ada Hotel Majapahit. Hotel yang dulunya bernama hotel Yamato ini jadi saksi perjuangan bangsa Indonesia saat terjadi aksi perobekan bendera sekaligus lokasi pengibaran bendera merah putih. 

Kamu sendiri suka nggak sih ngetrip ke destinasi wisata yang ada nilai sejarahnya, baik jelang Kemerdekaan RI atau di hari biasa? Sepertinya seru buat dicoba untuk kembali menguatkan jiwa nasionalis kita kawanjo. Cek paket wisata serunya di sini

Baca Juga : 7 Lagu Kemerdekaan yang Paling Jarang Diputar Hingga Rentan Terlupakan

0 comments on “Destinasi Wisata Sejarah yang Jadi Saksi Perjuangan Kemerdekaan RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.