Dua Desa di Flores Berhasil Raih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021
PigiNews

Dua Desa di Flores Berhasil Raih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Indah, sarat nilai budaya, dan punya potensi yang baik dalam meningkatkan pariwisata Indonesia

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 7 Desember 2021, dua desa wisata di Flores yaitu Desa Wisata Detusoko Barat dan Wae Rebo, berhasil meraih penghargaan dari ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 atau ADWI 2021 yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: Sandiaga Uno Kena Curhat Mamak-Mamak Pengrajin Noken Desa Arborek Raja Ampat

Di sini, Desa Wisata Detusoko Barat yang ada di Kabupaten Ende berhasil meraih juara keempat untuk kategori Desa Wisata Berkembang dan Wae Rebo yang berlokasi di Kabupaten Manggarai merebut juara pertama untuk kategori Desa Wisata Daya Tarik Wisata. Kemenangan ini pun disambut positif oleh Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina.

wae-rebo
Wae Rebo yang keindahannya tak perlu lagi diragukan

Selain menjadi tempat yang ramah bagi wisatawan, desa wisata hasil kerja keras masyarakat setempat ini pun dikatakan akan terus mengembangkan potensi mereka terutama yang berhubungan dengan sisi pariwisata berkelanjutan. Perbaikan akan terus dilakukan di mana salah satunya ialah mempersiapkan Flores sebagai salah satu destinasi unggulan bagi para delegasi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Di Condet, Sandiaga Uno Luncurkan Pedoman Pengembangan Desa Kreatif

Tak cuma itu, sesuai dengan arahan Sandiaga Uno, Bupati Manggarai dan juga masyarakat Wae Rebo, akan dilakukan pula program pendampingan peningkatan kualitas berwisata yang termasuk cara tata kelola wisatawan, penyiapan produk wisata, pemahaman mengenai konsep branding, hingga cara mempromosikan desa wisata sesuai dengan segmen pasar yang dituju.

Desa Wisata Detusoko Barat
Desa Wisata Detusoko Barat yang manis dan wajib dilestarikan

Last but not least, pemerintah bersama masyarakat setempat juga akan mengaplikasikan program penguatan kapasitas tata kelola yang diharapkan mampu meningkatkan daya saing Wae Rebo sebagai destinasi yang menjalankan empat dimensi pariwisata berkelanjutan yang mencakup urusan lingkungan, ekonomi, masyarakat, dan kebudayaan. Mantap!

Baca Juga : Di Condet, Sandiaga Uno Luncurkan Pedoman Pengembangan Desa Kreatif

0 comments on “Dua Desa di Flores Berhasil Raih Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.