Instagram
Lifestyle Technology

Instagram Mulai Uji Coba Hilangkan Like, Setuju atau Tidak?

Instagram akan berencana hilangkan like. Facebook bakal menyusul?

Zaman sekarang, kelompok besar warga di Indonesia atau bahkan dunia pasti memiliki akun instagram. Lihat postingan feed atau Ig story bahkan telah menjadi santapan sehari-sehari. Instagram juga telah menjadi ladang mencari pundi-pundi uang bagi beberapa orang yang dikenal dengan sebutan influencer atau selebgram.

Mereka mendapat uang dengan memposting story atau feed. Semakin banyak stori itu dilihat atau mendapat like dari follower atau bukan follower, semakin tinggi popularitas yang akan didapat seseorang influencer atau selebgram tersebut. Jika popularitas makin luas maka tidak heran bila banyak selebgram banjir endorse.

Instagram
user instagram di masa depan mungkin tidak bisa like postingan

Tapi, Kawanjo mesti tahu ada informasi besar yang disampaikan Instagram pada Rabu (14/4/2021). Instagram meluncurkan suatu tes kecil skala global. Mereka ingin menguji apakah menghilangkan like di postingan feed instagram efektif atau tidak. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh pihak Facebook.

BACA JUGA: Industri Pariwisata Gunakan 4 Teknologi Ini Agar Tetap Eksis di Masa Pandemi

Facebook melalui juru bicaranya menyebut, tes kecil berupa pilihan kepada user apakah mereka akan menyembunyikan like pada akun pribadi atau tidak. User juga diberi pilihan untuk menghilangkan like pada postingan user lainnya yang ada di feed mereka atau explore. Meski demikian, facebook yang merupakan pemilik instagram tidak membeberkan ke siapa saja tes itu berlaku dan beberapa user yang berkesempatan diuji.

Facebook hanya menyebut, tes terakhir ini dilakukan usai mereka menerima tanggapan beragam soal rencana menghapus like pada postingan feed. Facebook mengakui tanggapan beragam itu muncul ada user yang beranggapan like adalah ukuran popularitas. Tapi, tidak sedikit yang berpandangan like itu tak penting.

Instagram
Apakah like penting?

“Pada 2019, kami sudah mulai mencoba menghilangkan like di kelompok kecil user demi memahami apakah ini dapat menghilangkan tekanan untuk memposting sesuatu di Instagram,” ujar juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari kantor berita Reuters.

“Beberapa memang beranggapan ini bermanfaat, tapi masih ada beberapa lainnya yang ingin melihat jumlah like sehingga mereka bisa tahu apa yang sedang populer,” sambung Facebook.

Bulan lalu Instagram mengakui, sebenarnya secara tidak sengaja mereka menyembunyikan like kepada sejumlah besar pengguna pada 2019. Tes kecil itu dimaksudkan demi mengukur reaksi user jika di masa depan like benar-benar hilang.

BACA JUGA: 5 Smartphone Murah Ini Siap Jadi Teman Traveling Kamu!

Laporan Reuters, tes kecil yang diakui Instragram sebagai bentuk ketidaksengajaan itu menurut beberapa user sangat baik. Sebab, menghilangkan like diyakini sebagai langkah penting menjaga kesehatan mental user. Sebab, ada user yang ingin posting instagram untuk banjir like. Bila keinginan tak tercapai maka kekecewaan mendalam datang.

Pendapat bertentangan disampaikan user-user lain. Menghilangkan like sama saja bencana bagi user yang punya kemitraan dengan suatu brand. Sebab, Ikon hati adalah tolak ukur seberapa populer user dan seberapa sukses campaign dilaksanakan.

Instagram
Instagram hapus like

Meski masih mengundang polemik luas biasa, Jubir tersebut mengatakan rencana besar ke sosial media raksasa lain bakal dilakukan. Ke depannya uji coba menghilangkan like tidak hanya akan dilakukan di Instagram. Sosial media Facebook sedang menjajakinya. Rencananya uji coba itu akan dilakukan dalam beberapa pekan mendatang. Belum pula ada penjelasan uji coba Facebook apakah serupa dengan instagram atau tidak.

Jubir itu menambahkan, keinginan Facebook menyembunyikan like adalah respons dari permintaan sejumlah pengguna mereka. User Facebook sempat menyerukan agar platform itu lebih bisa mengontrol bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten. Salah satu cara yang bisa dipakai adalah menghilangkan Like. Sebelum uji coba skala kecil dimulai, Facebook sudah mencoba menyembunyikan like di beberapa pengguna di Australia.

Kalau Kawanjo bagaimana? setuju like dihapus atau tetap ada? Kalau sudah menimbang-nimbang ada di tim setuju atau tim tolak, Kawanjo tengok cek paket wisata seru di sini, ya. Yuk kita ngetrip. Dan, pastinya tetap posting keseruan Kawanjo ngetrip di Instagram meski like tetap ada atau tidak.

BACA JUGA: 5 Lokasi Prewedding Menawan, Bonus Jalan-Jalan

0 comments on “Instagram Mulai Uji Coba Hilangkan Like, Setuju atau Tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.