Makanan Khas Madura Lorjuk
Local Experiences

Lorjuk, Makanan Khas Madura yang Bergizi Tinggi

Siapa sangka, ada kerang kecil yang hanya bisa hidup di perairan laut Pulau Madura. Lorjuk namanya yang menjadi kekayaan pulau garam, karena ternyata mengandung banyak nutrisi penting. Masyarakat pun banyak mengolahnya menjadi makanan khas Madura Lorjuk dan mengenalkannya sampai ke luar daerah.

Siapa sangka, ada kerang kecil yang hanya bisa hidup di perairan laut Pulau Madura. Lorjuk, yang menjadi kekayaan pulau garam, karena ternyata mengandung banyak nutrisi penting. Masyarakat pun banyak mengolahnya menjadi makanan khas Madura dan mengenalkannya sampai ke luar daerah.

Dalam film berjudul “Aruna dan Lidahnya” yang tayang pada tahun 2018, salah satu makanan yang disantap tokoh cerita adalah campur Lorjuk, yakni makanan khas Madura yang lezat dan bernutrisi tinggi. Hal ini dikarenakan menggunakan Lorjuk salah satu bahannya.

Keajaiban dari Dasar Laut, Apa Itu Lorjuk?

Lorjuk, invertebrata imut yang menjadi primadona kuliner Madura. Dikenal karena cita rasa istimewanya, Lorjuk memiliki daya tarik unik yang membedakannya dari makanan laut lainnya.

Tak mudah mendapatkan Lorjuk atau kerang bambu ini. Sebab ia hidup di dasar laut dan hanya bisa ditangkap bila mereka dengan sendirinya naik ke permukaan. Biasanya kondisi ini terjadi ketika suhu dasar laut meninggi. Bisa juga dikarenakan mereka menemukan sumber makanan yang berlimpah di atas. Sehingga mereka berbondong- bondong naik ke permukaan.

Selain itu, pada umumnya kawanan Lorjuk akan naik bila air laut surut. Sebab, daerah hidupnya sedang terpapar cahaya dan udara. Pada hampir setiap malam, banyak sekali penduduk yang berburu Lorjuk. Mereka menangkap kerang bambu yang naik ke permukaan di pesisir Pantai Talang Siring, Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan serta daerah lainnya. Kondisi laut yang surut biasanya hanya berlangsung antara dua hingga tiga jam. Selama waktu tersebut, bisa diperoleh dua hingga tiga mangkuk lorjuk.

Baca juga: Sama-sama Hidangan Paling Lezat di Dunia, Ini 4 Perbedaan Sate Padang dan Sate Madura

Kaya Gizi dari Lautan, Kandungan Makanan Khas Madura Lorjuk yang Luar Biasa

Kandungan Makanan Khas Madura Lorjuk
Kandungan Makanan Khas Madura Lorjuk

Melimpah dengan nutrisi, Lorjuk menjadi sajian istimewa yang tidak hanya lezat tapi juga bergizi. Makanan yang rendah kalori tersebut membawa keajaiban kesehatan langsung dari dasar laut, yakni berupa kandungan omega 3, protein, serta mineral berupa yodium dan zat besi. Inilah yang membuatnya begitu istimewa.

Manfaat Tersembunyi Bagi Kesehatan dari Makanan Khas Madura Lorjuk

Selain kenikmatan rasanya, lorjuk juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Dengan kandungan omega-3 yang tinggi, makanan laut ini mendukung kesehatan jantung dan otak. Selain itu, dengan mengonsumsi lorjuk bisa mencegah menurunkan kadar trigliserida, menurunkan resiko penyakit jantung, mengontrol kadar kolesterol, membantu tubuh memproduksi sel darah merah, mengendalikan tekanan darah, serta manfaat lainnya.

Baca juga: Kaldu Kokot Khas Madura Tak Hanya Bikin Perut Kenyang Semata

Seni Mengolah Makanan Khas Madura Lorjuk yang Menggoda

Seketika ditangkap, Lorjuk harus segera diolah. Sebab Lorjuk bisa mengeluarkan cairan yang berbau kurang sedap jika dibiarkan terlalu lama. Dalam pengolahannya, pertama Lorjuk harus dibersihkan lalu direbus tanpa air. Ketika direbus, Lorjuk mengeluarkan cairan seperti kaldu dengan rasa khas. Cairan tersebut biasanya diolah menjadi petis.

Setelah matang, Lorjuk harus dijemur di bawah sinar matahari. Ketika kering cangkang Lorjuk akan mengelupas sendiri. Lorjuk yang telah dikupas lalu dijemur kembali selama dua hari.

Proses yang lumayan panjang ini menjadi cara pengawetan alami sebelum Lorjuk diolah menjadi berbagai makanan. Mulai dari goreng, tumis, pepes, rebus hingga kukus, Lorjuk bisa diolah dalam berbagai cara yang menggoda lidah.

Aneka Olahan Makanan Khas Madura Lorjuk yang Lezat

Aneka Olahan Makanan Khas Madura Lorjuk
Aneka Olahan Makanan Khas Madura Lorjuk

Demi memperoleh manfaat dari kandungan nutrisinya, Lorjuk kemudian dimasak menjadi beraneka makanan yang bisa disantap. Di antaranya:

  1. Campur Lorjuk
    Makanan Khas Madura Lorjuk
    Makanan Khas Madura Lorjuk

    Makanan khas Madura Lorjuk inilah yang disantap Aruna dan kawan-kawannya dalam film besutan sutradara Erwin. Sekilas bentuk masakan ini seperti soto. Namun bedanya kuah campur Lorjuk diberi campuran petis. Sedangkan isi dari masakan berkuah ini adalah daging Lorjuk, lontong, soun, kacang, petek, dan kecambah.

  2. Rengginang
    Rengginang Makanan Khas Madura Lorjuk
    Rengginang Makanan Khas Madura Lorjuk

    Tak kalah terkenal, oleh-oleh khas Madura yang satu ini memiliki banyak penggemar. Camilan renyah dengan rasa khas yang gurih menjadikan rengginang sebagai buah tangan yang banyak dipilih untuk dibawa pulang dari bepergian di Pulau Madura.

  3. Aneka Lauk Sehari-Hari

    Selain diolah menjadi campur dan rengginang Lorjuk, masyarakat Madura juga membuat lauk dari bahan kerang bambu ini, yakni dibuat pepes, ditumis, dicampur dalam masakan lain, atau sekedar dibumbui lalu digoreng sampai renyah. Santap makan jadi semakin menyenangkan!

Baca juga: Budget Cuma 3 Juta Tapi Pengen Jelajah Sumba? Bareng Pigijo Aja!

Makanan Khas Madura Lorjuk ternyata ada banyak macamnya. Dari kerang kecil yang tidak bisa tumbuh di sembarang tempat ini, selain kelezatannya juga bisa diambil manfaatnya untuk kesehatan.

0 comments on “Lorjuk, Makanan Khas Madura yang Bergizi Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.