Manfaat Daun Bawang dan Seledri
Health

5 Manfaat Daun Bawang dan Seledri Apakah Hanya Penyedap Makanan? 

Manfaat daun bawang dan seledri apakah hanya untuk menyedapkan makanan?

Keduanya berpadu dalam beberapa jenis makanan. Misalnya aneka sup yang segar dikala hangat termasuk soto dan bakso. Namun terkadang mereka bertemu di wajan dan jadilah nasi goreng, olahan mie, tumisan, bahkan kudapan lumpia. Manfaat daun bawang dan seledri apakah hanya untuk menyedapkan makanan?

Perpaduan daun bawang dan seledri memang memikat indera perasa. Keduanya mampu memberikan kompleksitas kesedapan pada masakan, dengan cita rasa aromatik yang khas. Seledri memberi nuansa segar dan mampu menghilangkan rasa amis. Begitu pula daun bawang, menyegarkan dengan sedikit rasa pedas melengkapi kelezatan sebuah masakan.

Manfaat Daun Bawang dan Seledri

Manfaat Daun Bawang dan Seledri
Manfaat Daun Bawang dan Seledri

Selain sama-sama bermanfaat untuk melezatkan masakan, keduanya memiliki manfaat lain. Terutama bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung keduanya memang juga mengantarkan manfaat mereka berdua. Namun mengolah langsung keduanya tanpa bahan lain justru memberikan manfaat maksimal. Semisal minum air rebusan keduanya berkhasiat menangkal penyakit.

Baca Juga: 6 Tanaman Hias dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat Daun Bawang

Manfaat Daun Bawang
Manfaat Daun Bawang

Daun bawang adalah jenis sayuran yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Paling mudah menerapkan sayuran ini adalah dengan mencincang dan dicampur ke kocokan telur. Jadilah omelet yang lezat.

Daun bawang sebenarnya merupakan istilah umum dari keluarga bawang-bawangan yang  terdiri dari beberapa spesies berbeda. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun Allium fistulosum terkadang bawang prei atau Allium ampeloprasum juga disebut sebagai daun bawang.

Daun bawang sebenarnya memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan bawang prei. Bawang prei memiliki batang yang lebih tebal, panjang, dan lunak. Begitupun rasanya, bawang prei mirip bawang bombay tapi lebih lembut rasanya. Memberi cita rasa creamy dan sedikit manis. Sedangkan daun bawang cenderung lebih tajam dan sedikit pedas. Daun bawang prei menjadi bahan penting dalam masakan Perancis eperti vichyssoise (sup kentang). Juga pada sup dalam masakan Skotlandia seperti bubur Scottish dan cock-a-leekie.

Adapun khasiat daun bawang bagi kesehatan adalah:

  1. Mengatur Tekanan DarahDaun bawang mengandung phytonutrients. Kandungan ini bisa membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.
  2. Memperkuat Daya Tahan TubuhDaun bawang menjadi salah satu sumber vitamin C. Dimana kandungan ini mampu memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C juga baik bagi untuk pertumbuhan dan perbaikan. Selain itu, vitamin C penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi.
  3. Menyehatkan Saluran PencernaanDaun bawang adalah sumber serat yang bagus dan bisa membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sehingga mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.
  4. Menjaga Kesehatan JantungDaun bawang memiliki kandungan kaempferol yang bersifat anti peradangan. Sehingga membantu menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Sedangkan kandungan tiosulfinat dan allicin di dalam daun bawang berkhasiat untuk jantung dengan cara membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan penggumpalan darah.
  5. Menurunkan Berat BadanTernyata sekitar abad 300 Sebelum Masehi, masyarakat Mesir Kuno telah menggunakan daun bawang sebagai salah satu makanan untuk membantu mengurangi berat badan. Sebagaimana sayuran lain, daun bawang memang efektif digunakan dalam upaya diet penurunan berat badan. Daun bawang merupakan sumber air dan serat yang baik untuk membantu mencegah rasa lapar dan menambah rasa kenyang. Serat larut yang ada di dalamnya pun bisa membentuk gel di dalam usus yang bisa mengurangi nafsu makan secara alami.

Baca Juga: Tangkai Cabai Bisa jadi Yoghurt? Yuk, Mengolah Limbah Masakan Kuliner Khas Indonesia

Manfaat Daun Seledri

Manfaat Daun Seledri
Manfaat Daun Seledri

Seledri dengan bentuk daun yang bergerigi terkadang dengan percaya diri tampil sebagai penghias makanan atau garnish. Selain itu, dalam bentuk cacahan pun seledri juga mampu menambah estetika masakan. Seperti pada bakso, nasi goreng, dan lainnya. Dengan warnanya yang hijau segar, makanan jadi mudah menarik selera makan penikmatnya.

Seledri atau Apium graveolens ternyata tidak hanya digunakan daunnya untuk menyerahkan sup. Tangkainya pun bisa ditambahkan. Seperti umumnya orang Jepang, China, dan Korea. Bahkan di Eropa semua bagian seledri yakni daun, tangkai daun, umbi dan buahnya juga dimanfaatkan.

Tumbuhan serbaguna ini juga tidak melulu bermanfaat dalam menambah rasa dan penampilan makanan. Karena ada banyak khasiat seledri untuk kesehatan. Diantaranya:

  1. Memelihara kesehatan jantungKalium adalah salah satu kandungan di dalam seledri yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol plus menjaganya supaya tetap normal.  Sehingga tumbuhan ini bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan kalium juga penting untuk mengatur irama detak jantung. Seledri juga memiliki serat dan antioksidan yang baik, maka bisa menurunkan kadar kolesterol dan dapat mencegah terbentuknya plak atau sumbatan di pembuluh darah jantung.
  2. Mengontrol berat badanSeledri memiliki kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi sehingga bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Cobalah untuk mengkonsumsi dalam bentuk jus seledri secara rutin tiap hari, niscaya berat badan akan mengalami penurunan. Tentunya dengan diimbangi pola hidup sehat lainnya.
  3. Menurunkan tekanan darahSeledri bisa diandalkan untuk mengontrol tekanan darah. Karena kandungan antioksidan, kalium, dan senyawa phthalide  mampu mengendurkan otot-otot dinding pembuluh darah arteri. Sehingga aliran darah lebih lancar dan tekanan darah menurun.
  4. Menjaga kesehatan saluran cernaTernyata seledri juga bisa mencegah sembelit dan memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan air dan serat yang tinggi di dalamnya. Jadi, kesehatan pencernaan bisa dijaga dengan konsumsi seledri dengan rutin.
  5. Mengontrol gula darahTerutama dalam bentuk jus, seledri bisa mengontrol kadar gula darah. Hal ini disebabkan seledri memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi pankreas. Yakni organ penghasil insulin dan mendukung efektivitas kerja hormon insulin dalam mengontrol gula darah. Seledri juga jadi bagian dalam makanan dengan kadar indeks glikemik rendah. Sehingga mengkonsumsi seledri gula darah lebih mudah terkontrol.

Dapat disimpulkan, manfaat daun bawang dan seledri tidak hanya sebagai penyedap makanan. Ada banyak khasiat yang diberikan oleh kedua sayuran multiguna ini, termasuk untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi keduanya baik sebagai bumbu ataupun jus akan menyuplai nutrisi yang menguntungkan bagi badan.

 

0 comments on “5 Manfaat Daun Bawang dan Seledri Apakah Hanya Penyedap Makanan? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.