manfaat minum susu low fat sebelum tidur
Health

Cara Buat dan Manfaat Minum Susu Low Fat Sebelum Tidur!

Orang yang peduli dengan pola makan sehat tentu akrab dengan susu rendah lemak. Susu tersebut tidak hanya menguntungkan bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan, tetapi juga memberikan sejumlah khasiat yang penting bagi tubuh. Termasuk manfaat minum susu low fat sebelum tidur bagi yang mengkonsumsi. 

Orang yang peduli dengan pola makan sehat tentu akrab dengan susu rendah lemak. Susu tersebut tidak hanya menguntungkan bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan, tetapi juga memberikan sejumlah khasiat yang penting bagi tubuh. Termasuk manfaat minum susu low fat sebelum tidur bagi yang mengkonsumsi.

Susu Low Fat adalah

Susu rendah lemak adalah produk susu yang memiliki kandungan lemak lebih rendah daripada susu biasa. Biasanya, susu rendah lemak memiliki kurang dari 1% lemak, dibandingkan dengan susu biasa yang dapat memiliki kandungan lemak sekitar 3-4%. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi yang ingin mengurangi asupan lemak dalam diet mereka.

Ada lagi jenis susu skim yang memiliki kandungan lemak minimal atau bahkan tidak ada sama sekali. Biasanya, susu skim dihasilkan dengan cara memisahkan kandungan lemak dari susu segar, sehingga meninggalkan susu dengan kandungan lemak yang sangat rendah atau tanpa lemak sama sekali. Ini membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang ingin mengurangi asupan lemak dalam diet. Atau bisa juga bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, karena susu skim juga memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah.

Baca Juga: 7 Manfaat Anggur Hijau Shine Muscat, Buah Nikmat Kaya Manfaat

Manfaat Susu Low Fat

Manfaat Susu Low Fat
Manfaat Susu Low Fat

Selama ini susu Low Fat identik dengan program diet penurunan berat badan. Terbukti secara medis, ternyata khasiat susu rendah lemak lebih dari itu. Ada banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan tubuh bila mengkonsumsi minuman jenis ini. Diantaranya:

  1. Mendukung kesehatan jantungKonsumsi susu rendah lemak dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Karena susu Low Fat mengandung lebih sedikit lemak jenuh, yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.
  2. Membantu pertumbuhan ototSusu rendah lemak kaya akan protein, yang penting untuk memperbaiki dan membangun otot. Ini dapat bermanfaat bagi orang yang berolahraga secara teratur atau yang ingin mempertahankan massa ototnya.
  3. Sumber kalsiumSusu rendah lemak adalah sumber kalsium yang baik. Satu cangkir susu Low Fat mengandung 299 miligram kalsium dan mampu mencukupi 30% kebutuhan harian tubuh. Karena rendah lemak, penyerapan kalsium bisa optimal. Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang kuat.
  4. Memiliki VitaminSusu rendah lemak juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting. Seperti vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan fosfor, yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh yang penting.
    Satu lagi manfaat minum susu Low Fat yang jarang orang tahu. Ternyata rutinitas minum susu mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Apalagi yang dipilih adalah jenis rendah kalori.

Manfaat Minum Susu Low Fat Sebelum Tidur

Manfaat Minum Susu Low Fat Sebelum Tidur
Manfaat Minum Susu Low Fat Sebelum Tidur

Sejak dahulu, minum susu sebelum tidur jadi keharusan bagi anak-anak maupun para remaja atau orang dewasa. Mereka percaya bahwa hal ini bisa membuat tidur jadi makin berkualitas. Benarkah?

Selain kandungan yang disebut di atas, susu Low Fat juga mengandung triptofan, asam amino yang penting untuk pembentukan serotonin dan melatonin dalam tubuh. Serotonin membantu menenangkan pikiran dan melatonin membantu mengatur siklus tidur-bangun tubuh. Minum susu rendah lemak sebelum tidur dapat meningkatkan produksi serotonin dan melatonin, membantu mempersiapkan tubuh untuk tidur yang lebih nyenyak. Selain itu, susu juga dapat memberikan rasa kenyang yang membuat tidur lebih nyaman.

Baca Juga: Kue Khas Palembang Bolu Kojo dan Khasiat Daun Pandan Bahan Utamanya

Cara Membuat Susu Low Fat

Cara Membuat Susu Low Fat
Cara Membuat Susu Low Fat

Nyatanya memang banyak manfaat mengkonsumsi susu Low Fat. Termasuk jika diminum sebelum tidur. Sayangnya, susu rendah lemak  masih belum beredar merata di Indonesia. Jika Kawanjo kesulitan mendapatkan susu Low Fat di sekitar tempat tinggal, membuat sendiri adalah solusi. Berikut ini adalah caranya:

  1. Cold SkimIni adalah cara termudah untuk membuat susu rendah lemak. Cukup tuangkan susu ke dalam wadah, tutup rapat, dan biarkan selama beberapa jam sampai krimnya terapung di atas. Kemudian, perlahan-lahan hilangkan krim yang mengapung menggunakan sendok.  Untuk mempercepat proses ini, Kawanjo bisa memasukkan wadah susu ke dalam lemari es dan biarkan beberapa jam. Jika perlu, proses ini dapat diulang beberapa kali untuk menghilangkan lebih banyak lemak dari susu.
  2. Hot SkimIni adalah cara lain untuk mendapatkan susu rendah lemak. Pertama, siapkan panci dan kompor. Tuang susu ke dalam panci lalu panaskan dengan api kecil. Setelah  mulai mendidih, angkat panci dari kompor dan biarkan susu mendingin sebentar. Ketika susu sudah cukup dingin, krim akan naik ke permukaan. Angkat krim dengan hati-hati menggunakan sendok. Proses ini bisa diulang beberapa kali jika ingin menghasilkan susu yang benar-benar bebas lemak.

Susu rendah lemak penting untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah manfaat minum susu low fat sebelum tidur. Kawanjo bisa membuatnya sendiri bila ternyata susah untuk mendapatkan di sekitar.

 

0 comments on “Cara Buat dan Manfaat Minum Susu Low Fat Sebelum Tidur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.