Kue Khas Palembang Bolu Kojo
Health

Kue Khas Palembang Bolu Kojo dan Khasiat Daun Pandan Bahan Utamanya

Wangi semerbak pandan Kue Khas Palembang tak hanya menambah selera makan

Wangi semerbak pandan Kue Khas Palembang tak hanya menambah selera makan. Aromanya juga mampu menenangkan hati yang gelisah. Sifat pewarnanya tak kalah bermanfaat, membuat penampilan jajanan jadi lebih hijau fresh. Termasuk di dalamnya adalah kue khas Palembang bolu kojo. Kudapan manis dengan warna khas daun pandan hijau dan bau wangi yang semerbak menggoda.

 

Bolu Kojo Kue Khas Palembang

Bolu Kojo Khas Palembang
Bolu Kojo Khas Palembang

Meskipun banyak dijumpai di Palembang, kue khas Sumatera Barat ini juga ada di Jambi, Riau, dan Bengkulu. Biasanya kue khas Palembang bolu kojo ini dihidangkan dalam acara-acara adat ataupun saat hari besar keagamaan.

 

Kojo artinya kemojo atau bunga kamboja. Sebab bentuk asli dari kue ini menyerupai bunga kamboja. Namun kini bolu kojo khas Palembang banyak dijumpai dengan bentuk lain. Sesuai dengan cetakan yang digunakan.

 

Yang menjadi ciri khas tersendiri dari bolu kojo Palembang adalah rasa dan aroma pandannya yang kuat. Penggunaan daun ini jadi bahan utama diantara bahan-bahan lain.

Baca Juga : Ngetrip ke Pulau Pramuka Dijamin Seru, Bayarnya Nggak Sampai 400 Ribu

Bahan Kue Khas Palembang Bolu Kojo

Bahan Kue Khas Palembang Bolu Kojo
Bahan Kue Khas Palembang Bolu Kojo

Sebagaimana sudah disebutkan, bolu kojo Palembang tidak hanya ada di kota Pempek. Di beberapa tempat juga ada, meskipun memiliki nama yang sama. Di Bengkulu bolu kojo disebut dengan bolu koja. Sedangkan di Riau, kue ini dikenal dengan nama kemojo. Walaupun berbeda nama, namun rasanya tetaplah sama. Manis legit teksturnya lembut dan beraroma daun pandan.

 

Ada banyak resep bolu kojo yang enak dan lembut. Namun sebenarnya memiliki bahan utama yang sama. Yakni tepung terigu, telur, mentega, susu, dan daun pandan. Pembuatannya ada yang dipanggang ataupun dikukus.

Baca Juga : Wisata Sungai Musi, Cara Asyik Traveling di Palembang

Manfaat Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan kue bolu kojo
Manfaat Daun Pandan kue bolu kojo

Ciri khas bolu kojo khas Palembang adalah aroma pandannya. Nah, ternyata bahan ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun pandan mengandung kalsium, fosfor, protein, zat besi, tiamin, vitamin C, dan tinggi beta-karoten. Beta-karoten adalah  vitamin A yang belum aktif. Namun bila dikonsumsi dan masuk ke tubuh, otomatis akan berubah menjadi vitamin A. Manfaatnya adalah untuk antioksidan yang dapat mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh.

 

Selain untuk bahan makanan, pandan bisa diolah sebagai minuman dengan cara direbus. Yuk simak lebih lanjut apa saja khasiat daun pandan:

 

  1.  Mendetoksifikasi TubuhAir rebusan pandan mengandung antioksidan seperti flavonoid dan tannin. Sehingga dengan mengkonsumsinya, bisa membantu mengeluarkan racun-racun juga radikal bebas yang ada di dalam tubuh.
  2. Meredakan stressAroma daun pandan memiliki efek menenangkan dan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.
    Minum air rebusan pandan hangat saat malam hari bisa mengatasi insomnia. Karena membuat tubuh lebih rileks, sehingga dapat mudah terlelap.
  3. Anti-inflamasiBeberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pandan memiliki potensi sifat anti-inflamasi. Ini dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Coba juga dengan membuat ramuan tradisional berupa daun pandan yang dimasukkan ke rebusan minyak kelapa. Setelah dingin oleskan pada bagian yang sakit.
  4. Menghambat Penuaan Dini
    Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun pandan juga bisa digunakan untuk menangkal penuaan dini. Manfaatkan daun hijau berbentuk panjang ini menjadi masker wajah alami.
  5. Membantu terapi anti kankerPenelitian yang dilakukan oleh Journal of Traditional and Complementary Medicine tahun 2014 memaparkan bahwa kandungan ekstrak daun pandan memiliki efek antibiotik, antiproliferative, dan apoptosis. Zat ini bisa digunakan dalam terapi antikanker.

Baca Juga : Inilah 7 Makanan Khas Palembang Selain Pempek, Awas Bikin Lupa Diet!

Perlu diingat bahwa manfaat kesehatan dari daun pandan masih menjadi subjek penelitian lebih lanjut, dan efeknya dapat bervariasi tergantung pada bagaimana dan seberapa sering daun pandan dikonsumsi. Selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggunakan daun pandan sebagai pengobatan alternatif atau tambahan untuk masalah kesehatan tertentu.

 

Kue khas Palembang bolu kojo memiliki cita rasa yang nikmat. Sebagai bagian kuliner Nusantara, makanan ini memiliki aroma dan rasa yang identik dengan daun pandan. Ternyata, tumbuhan daun panjang berwarna hijau ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

 

0 comments on “Kue Khas Palembang Bolu Kojo dan Khasiat Daun Pandan Bahan Utamanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.