Makanan Khas Palembang selain Pempek Pindang patin
Local Experiences

Inilah 7 Makanan Khas Palembang Selain Pempek, Awas Bikin Lupa Diet!

Pada review kali ini akan membahas makanan khas palembang selain pempek simak yuk Kawanjo.

Banyak orang tahu, makanan khas Palembang yang terkenal adalah pempek. Setiap bertemu dengan makanan ini selalu ingat dengan ibukota provinsi Sumatera Selatan ini. Makanan khas Palembang dari ikan ini memang sudah tersebar di mana-mana. Padahal sebenarnya produk kuliner khas Palembang bukan hanya pempek. Pada review kali ini akan membahas makanan khas Palembang selain pempek simak yuk Kawanjo.

Makanan khas Palembang selain pempek terenak

Sama-sama bikin ketagihan, inilah daftar makanan makanan khas Palembang selain pempek:

  1. Tekwan
Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Tekwan
Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Tekwan

Sama-sama makanan khas Palembang dari ikan dan tepung sagu, tekwan berbeda dengan pempek. Terutama di ukurannya. Tekwan berbentuk kecil seperti baso. 

Baca juga: Rekomendasi Wisata sungai Musi Palembang Terbaru 2022

Selain itu, bila pempek disajikan dengan kuah cuko, tekwan disantap bersama kuah dengan kaldu udang. Juga dilengkapi dengan soun dan jamur kuping. 

  1. Mie Celor
rekomendasi Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Mie Celor
rekomendasi Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Mie Celor

Berasal dari kata celor yang berarti dicelup-celup, sebagaimana pembuatan makanan khas Palembang yang satu ini. Ya, mie kuning yang sudah dicelup kemudian diguyur dengan kuah dari kaldu udang atau ebi yang dicampur dengan santan, susu, tepung terigu, dan bumbu. 

Penduduk Palembang biasanya menyantap mie celor saat sarapan. Namun olahan dengan kandungan karbohidrat ini juga cocok disantap saat hujan atau waktu lainnya.

  1. Burgo dan Lakso
daftar Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Burgo dan Lakso
daftar Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Burgo dan Lakso

Keduanya sama-sama dibuat dari tepung sagu dan tepung beras yang dicampur bumbu. Kemudian bila sudah jadi akan disajikan dengan kuah santan.

Baca juga : 9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!

Perbedaan pertama, burgo berbentuk lembaran yang digulung kemudian dipotong-potong. Sedangkan lakso berbentuk seperti mie keriting. Perbedaan kedua adalah pada warna kuah. Bila burgo berwarna putih, lakso memiliki kuah kuning karena mendapat tambahan kunir. 

Meski berbeda, keduanya sedap disantap saat sarapan.

Makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan

  1. Pindang patin
Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Pindang patin
Pindang patin

Satu lagi makanan khas Palembang dari daging ikan. Tepatnya ikan patin yang dimasak dengan kuah kaya rempah. Seperti jahe, lengkuas, dan kunir.

Agar lebih segar dan istimewa, ditambahkanlah pula irisan buah nanas dan cabe sesuai selera. Bila disantap dengan nasi hangat dipiring, makanan ini mampu menggagalkan diet. 

  1. Pindang Tulang
Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Pindang Tulang
Pindang Tulang

Mirip dengan pindang patin, makanan khas Palembang yang lezat ini sama-sama memiliki bumbu pedas. Namun bahan dasar yang digunakan adalah tulang sapi yang di dalamnya ada sumsum dan terdapat daging yang menempel sedikit. 

Baca juga : Paket wisata di Sumatera 2022

Seperti halnya pindang patin, menyantap pindang tulang bisa menghabiskan nasi!

  1. Malbi
Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Malbi
Malbi.

Bila Padang punya rendang, Palembang memiliki malbi. Sebenarnya keduanya memiliki ciri khas yang hampir sama. Sama-sama berbahan dasar daging dan bumbu khas rempah Indonesia.

Hanya saja, bila rendang identik dengan pedas, maka rasa masakan malbi cenderung manis. Untuk memasak malbi, butuh waktu lama supaya bumbunya meresap sempurna ke dalam daging. Nah, malbi ini menjadi makanan khas yang tersaji saat perayaan idul Fitri dan idul adha.

  1. Tempoyak
Makanan Khas Palembang selain Pempek yaitu Tempoyak
Makanan Khas Palembang, Tempoyak.

Bagi penggemar durian harus mencoba makanan yang satu ini. Yap, berbahan dasar daging durian yang telah difermentasi, makanan ini memberi sensasi berbeda. 

Baca juga : Trip ke Jambi, Wajib Coba Kuliner legendaris ini

Makanan khas Palembang yang terkenal adalah tempoyak ini. Daging durian tadi kemudian ditumis dengan bumbu cabai dan bawang. Bisa pula ditambahkan daging ayam atau ikan. Hasil akhirnya akan seperti saus untuk pelengkap masakan lainnya.   

Memang makanan khas Palembang yang terkenal adalah pempek. Namun ternyata masih banyak makanan lain yang sama-sama lezat dan membuat ketagihan. Menjelajahi ragam kuliner saat berwisata di Palembang harus siap berkompromi dengan jarum timbangan, ya!

0 comments on “Inilah 7 Makanan Khas Palembang Selain Pempek, Awas Bikin Lupa Diet!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.