9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Lifestyle Local Experiences

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!

Padang terkenal dengan kulinernya. Salah satu buktinya, rumah makan Padangyang tersebar di mana-mana. Ternyata, tak hanya makanan utamanya saja, jajanannya juga kondang.

Kue khas Padang menjadi bagian dari kuliner Padang yang terkenal di mana-mana. Baik itu di dalam maupun luar negeri. Kekayaan ragam kuliner tanah Minang ini memang memiliki keunggulan tersendiri. Yaitu rasanya yang pedas dan selalu menggunakan santan kental dengan bumbu rempah melimpah. 

Sebut saja gulai, rendang, sate Padang, dan lainnya. Pasti dengan mudah dijumpai di rumah makan masakan Minang terdekat. Di mana rumah makan ini sudah tersebar di mana-mana. 

Ternyata, selain makanan berat, kota ini juga memiliki kue khas Padang enak. Tenang saja, cita rasa dan keunikannya tetap unggul. Pas sekali jajanan khas ini disantap bersama keluarga atau dibeli untuk oleh oleh sekalipun.

Baca juga: Rekomendasi wisata di Padang dan sekitarnya

Berikut adalah daftar kue khas kota Padang yang membuat ketagihan: 

1. Lompong Sagu

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Lompong sagu (sumber: Wikipedia)

Berwisata di kota Padang juga mengasyikkan. Karena keindahan alamnya yang terlukis di sana membuat banyak orang penasaran. Sembari berwisata, berburu kuliner khas seperti jajanan khas Padang yang satu ini bisa menambah keseruan dan kebahagiaan. Apalagi saat Ramadhan dan Lebaran, kue lompong sagu ini memang terkenal dan banyak dijumpai. Berbeda dengan hari-hari biasa, di mana kue yang terbuat dari tepung bercampur pisang dan santan ini cukup sulit didapatkan.

Teksturnya kenyal dengan gula aren sebagai isian. Jika bungkus daun pisangnya dibuka, terlihat warna kue yang kecoklatan seperti dodol. Aroma pisang bakar pun semerbak, menggoda selera untuk segera menyantapnya.

2. Mangkuak Sayak

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Mangluak Sayak
(sumber: www.langgam.id )

Penampilannya saja sudah mencuri perhatian. Apalagi jika sudah saatnya menyantap. Kue legendaris jajanan khas kota Padang ini memang lezat rasanya dan unik cara menikmatinya.

Mangkuak sayak adalah kue yang diwadahi sayak atau tempurung kelapa. Terdiri dari dua bagian warna. Yaitu putih dan merah kecoklatan di tengah. 

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kue yang mulai langka ini adalah tepung beras, santan kelapa, gula merah, gula putih, dan rempah-rempah. Bagian putih dari kue pastilah dibuat tanpa gula merah. Sedangkan bagian tengah menjadi berwarna merah kecoklatan karena mengandung gula merah.

Jika dirasakan, bagian berwarna putih terasa lebih gurih dan lumer jika dibanding bagian tengah yang terasa agak keras namun manis. Pilihan paling tepat adalah ketika melahap keduanya berbarengan dan langsung disendok dari tempurung. Aroma khas tempurung kelapa yang menguar akan menambah kelezatan kue ini.

3. Galamai

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Galamai (sumber: Wikipedia )

Jajanan khas Padang ini terbuat dari tepung beras ketan dan kacang tanah yang dicampur dengan santan serta gula aren. Semua bahan ini kemudian dicampur menjadi adonan lalu dimasukkan ke dalam kuali besar. Selanjutnya, proses memasaknya butuh waktu sekitar tiga jam dan harus diaduk terus supaya teksturnya bagus. Mirip seperti dodol, kan?

4. Ketupek Katan Santan

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Ketupek Katan Santan
(sumber: www.detik.com)

Ketupat dari beras ketan dan santan ini adalah sejenis jajanan, bukan makanan utama. Karena bentuknya tidak sebesar ketupat pada umumnya dan lebih kecil dari lontong untuk sayur biasanya. Untuk membuatnya adalah dengan memasukkan beras ketan ke dalam selongsong ketupat. Kemudian direbus dalam santan yang sudah dibumbui.

Baca juga: Nikmati pesona Padang lengkap

5. Bareh Randang

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Bareh Randang
(sumber: idntimes.com)

Awas jangan salah. Karena ini bukan rendang. Melainkan salah satu jajanan khas Padang. Bukan dari daging, melainkan tepung beras yang dicampur dengan cairan gula dan santan. Kemudian disangrai lalu dibentuk kotak-kotak.

Baca juga: Ragam Kuliner khas Palangka Raya yang unik nan lezat

6. Lamang Tapai

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Lamang Tapai (sumber: Wikipedia )

Cita rasa khas terbentuk dari bambu yang digunakan untuk memasak lamang tapai. Caranya adalah dengan memasak ketan hitam di dalam bambu. Setelah matang, lamang yang berasal dari Bukittinggi ini akan diguyur dengan tape hasil fermentasi. Cocok sekali disantap sambil menikmati pemandangan di kala siang hari di Kota Padang.

7. Pinyaram

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Pinyaram (sumber: Wikipedia)

Jika kue kucur ada di Jawa, di Padang dan wilayah Sumatera barat lainnya punya pinyaram. Bahannya hampir sama. Yaitu tepung beras ketan putih atau hitam, santan, dan gula aren. Terkadang dicampur dengan pisang atau durian sebagai tambahan rasa. 

Bentuk kue pinyaram pun mirip dengan kue kucur, karena sama-sama dibakar menggunakan wajan yang sekaligus berfungsi sebagai cetakan. Masyarakat Padang membuat kue pinyaram biasanya untuk menyambut Lebaran atau peringatan hari istimewa lainnya.

8. Sala Lauak

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Sala Lauak (sumber: Wikipedia )

Selesai menyantap yang manis-manis, jajanan ini wajib dimakan sebagai penyeimbang. Terbuat dari campuran tepung dan ikan, bahan sala lauak tersebut digoreng kemudian disajikan bersama saus.

9. Sate Lokan

9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!
Sate Lokan (sumber: Wikipedia)

Selain kue-kue tadi, ada satu panganan yang tak boleh terlewatkan dari jajanan khas Padang, yakni Sate Lokan. Sate satu ini adalah favorit penggemar seafood. Karena bahan dasarnya adalah kerang hijau. Kerang ini kemudian dimasak kemudian disajikan dengan cara ditusuk seperti sate pada umumnya. Ajaib, karena daging kerang ya berubah warna menjadi jingga kemerahan. Jangan lupa sebelum menyantap, untuk mengguyur sate lokan dengan kuah kental yang disediakan.

Suka merasa belum kenyang padahal sudah makan? Menyantap jajanan bisa jadi pilihan. Apalagi jajanan khas Padang. Barangkali habis menerima buah tangan. Jika tidak memungkinkan, membuat sendiri di rumah juga mengasyikkan. Tinggal klik, buka saja laman peramban.

Namun akan lebih asyik jika bepergian ke Sumatera barat. Misalnya jika ingin traveling ke pulau imut ikon baru pariwisata provinsi Sumatera Barat. Dijamin akan lebih nikmat menyantap makanan asli daerah.

0 comments on “9 Kue Khas Padang Enak, Hati-hati Ketagihan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.