Hidden Gems
Local Experiences

Hidden Gems di Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Lembah, hutan, pantai, pulau jadi tempat hidden gems di Sumatera Barat.

Sumatera Barat memiliki pesona yang sangat indah. Nggak cuma punya pantai, provinsi ini juga memiliki beragam wisata pegunungan. Susah untuk mengungkapkan di mana saja tempat wisata di provinsi ini yang masih jarang diketahui. Soalnya, keindahan Sumatera Barat bahkan sudah mendunia.

BACA JUGA: Mulai Dari Sruput Kopi di Kaki Gunung Gede Pangrango Sampai Lanskap Pantai Sukabumi

Namun, ada beberapa tempat wisata yang tersembunyi, yang disebut sebagai hidden gems Sumatera Barat. Beberapa di antaranya mungkin sudah pernah Kawanjo dengar, tapi pastinya belum familiar. Lokasinya ada yang berada di dalam hutan, di lembah, atau jauh dari perkotaan.

Untuk mencapainya lokasi wisata itu juga tak jarang sulit. Tapi, semua itu akan terbayar dengan keindahannya yang luar biasa. Di mana saja ya lokasinya? Ini dia hidden gems Sumatera Barat yang sudah dirangkum Pigijo. Disimak di sini ya!

  1. Air Terjun Nyarai
Hidden Gems di Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi
Air Terjun Nyarai disebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Salah satu hidden gems tapi terkenal hingga mendunia adalah Air Terjun Nyarai. Wisata alam tersembunyi di Sumatera Barat ini keindahannya membuat wisatawan mancanegara ingin balik lagi. Saking indahnya pemandangan yang ditawarkan, Air Terjun Nyarai disebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Berlokasi di Hutan Gamaran, Kecamatan lubuk Alung, Kabupaten Pariaman, Air Terjun Nyarai cukup sulit dijangkau. Karena kita harus menembus hutan terlebih dahulu. Namun, setelah itu keindahan air terjun setinggi 8 meter akan menghapus rasa lelah kita.

Air Terjun Nyarai “ditemukan” oleh Ritno Kurniawan yang hobi bertualang. Temuannya ini seakan mengubah pola pikir masyarakat setempat yang sebelumnya mendapat penghasilan dari menebang pohon di hutan, kini mengelola objek wisata Air Terjun Nyarai. Hingga akhirnya, pada April 2013 Air Terjun Nyarai mulai dikelola sebagai objek wisata andalan Kabupaten Padang.

  1. Lembah Harau
Hidden Gems di Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi
Lembah Harau Minangkabau yang menewan

Alih-alih dikatakan sebagai Yosemite-nya Indonesia, Lembah Harau di Sumatera Barat seringkali disebut-sebut sebagai lembah paling indah yang ada di Indonesia. Untuk mencapai Lembah Harau, kamu akan harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam ke arah barat dari Bukit Tinggi di Sumatera Barat.

Tentunya, perjalanan kamu tidak akan sia-sia karena kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah dan tidak akan mudah terlupakan, yaitu suasana alam pegunungan yang dihiasi jejeran air terjun indah setinggi sekitar 100 meter. Ditambah lagi empat buah sungai jernih yang melalui lokasi wisata alam yang menakjubkan ini.

Lembah Harau adalah lembah yang subur, yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Selain keindahan alam yang sudah disebutkan tadi, tempat ini juga dikelilingi oleh batu granit terjal yang berwarna-warni dengan ketinggian 100 hingga 500 meter. Tidak heran kan, kalau lembah ini dikatakan sebagai lembah paling indah di Indonesia? Benar-benar sebuah hidden paradise

  1. Pemandian Alam Sako Tapan
Hidden Gems di Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi
Surga tersembunyi di Sumatera Barat selanjutnya adalah Pemandian Alam Sako Tapan.

Masih tentang air, surga tersembunyi di Sumatera Barat selanjutnya adalah Pemandian Alam Sako Tapan. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, bebatuan yang berjajar rapi di pinggir kolam dan udara yang sejuk memberikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan.

Selain terdiri dari bebatuan dan pemandangan alam yang indah, kebersihan Pemandian Alam Sako Tapan masih sangat terjaga. Sehingga akan membuat wisatawan merasa sangat nyaman. Satu yang menarik, Pemandian Alam Sako Tapan masih menjunjung tinggi tradisi dan budaya turun-menurun. Sebab di sini kita masih bisa menikmati tradisi Balimau yang dilakukan setiap bulan Ramadan.

Upacara Balimau di Pemandian Alam Sako Tapan dilakukan dengan cara mandi menggunakan air jeruk nipis. Konon, kegiatan mandi dengan air jeruk nipis ini dapat melindungi badan dan hati menyambut bulan Ramadan agar seluruh jiwa benar-benar bersih.

  1. Pantai Pagang
Hidden Gems di Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi
Pantai Pagang wajib Kawanjo kunjungi

Kalau kawanjo travelling karena menginginkan ketenangan dan mendamaikan diri, maka Pantai Pagang lah yang harus kamu kunjungi. Berbeda dengan Pantai Pamutusan yang dikenal para wisatawan sebagai tempat bermain dan bersenang – senang, Pantai Pagang sangat cocok dikunjungi para wisatawan yang ingin beristirahat dan terbebas dari kepenatan perkotaan.

Keindahan pantai ini pun tak kalah dengan pantai – pantai lainnya. Bahkan disini juga Kawanjo akan mendapati beberapa resort sederhana yang bisa digunakan para pengunjung untuk beristirahat.

  1. Lubuak Rantiang
Hidden Gems di Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi
Air berwarna hijau di Lubuak Rantiang

Terletak di daerah Sungai Bangek, Lubuak Rantiang merupakan wisata alam Sumatera Barat yang menjadi “harta karun” di dalam hutan. Uniknya, disebut lubuak karena air terjunnya memiliki kolam di aliran sungainya.

Meskipun hanya setinggi 6 meter, namun air terjun yang dikenal dengan Lubuak Ngalauan, atau Sarasah Lubuak Rantiang ini menyuguhkan panorama indah. Belum lagi dilengkapi dengan air berwarna kehijauan bening yang sangat menyegarkan untuk berenang. Jika tertarik, Lubuak Rantiang bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat untuk menenangkan diri di Sumatera Barat.

Itu dia lima hidden paradise yang tersembunyi di Sumatera Barat. Kawanjo pernah pergi ke sana? Atau pernah mendengarnya?

Jangan lupa ya untuk cek website Pigijo karena menawarkan berbagai penawaran menarik hanya untuk Kawanjo. Yuk liburan ke Sumatera Barat!

BACA JUGA: Terinfeksi Omicron Segera Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

0 comments on “Hidden Gems di Sumatra Barat yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.