Pulau Simping di Singkawang
Local Experiences

Wisata Pulau Simping Singkawang, Biar Kecil Tapi Pesonanya Kondang

Banyak yang tersihir pesona Pulau Simping. Seperti apa? Yuk buktikan dengan wisata ke Pulau Simping Singkawang, pulau terkecil di Indonesia.

Satu lagi nih, prestasi untuk Indonesia. Dan kita harus berbangga dong. Ya, situs AZ Animals melansir 10 pulau terkecil di dunia berdasarkan luasnya. Urutan kedua ditempati oleh pulau Simping di Singkawang dengan luas 0,0019 – 0,005 km². Tepat di bawah peringkat pertama yang diperoleh oleh pulau Just Room Enough di Amerika Serikat, dengan luas 0,0001 – 0,00026 km².  Sekeren apa sih wisata Pulau Simping di Singkawang? Simak yuk!

Sejarah Pulau Simping di Singkawang

Sejarah Pulau Simping di Singkawang
Sejarah Pulau Simping di Singkawang

Pulau ini ditemukan secara tidak sengaja oleh perangkat desa. Saat itu dalam proses pendataan pulau-pulau kecil di wilayah kecamatan Singkawang. Ternyata angka luas terkecil dimiliki pulau Simping. Pemerintah desa pun membangun jembatan ke arah sana.

Baca juga : 7 pulau terindah di indonesia

Kemudian ditancapkan lah papan yang menerangkan bahwa Simping ini merupakan pulau terkecil sedunia versi PBB. Usut punya usut, papan ini hanya sebagai bahan promosi semata. Untuk menarik minat supaya banyak yang berkunjung ke pulau ini. 

Lalu keluarlah fakta sebenarnya bahwa pulau Simping ternyata ada di urutan kedua pulau terkecil di dunia versi situs AZ Animals. Nah, jika terkecil di Indonesia, gelar ini memang tepat diberikan pada pulau Simping.

Meski luasnya hanya sekitar setengah hektar, Simping memiliki pesona yang menarik. Karena itulah Kawanjo bisa berkunjung ke sana untuk berwisata. Dulunya, pulau ini berpenghuni. Namun, karena abrasi terus menerus, akhirnya para penduduk berpindah domisili. Pulau yang dulunya bernama Kelapa Dua ini kemudian menjadi pulau yang  berfungsi sebagai destinasi wisata. 

Satu lagi, selain untuk berwisata, pulau Simping juga berfungsi untuk tempat peribadatan umat Konghucu. Sebab di sana ada tempat semacam klenteng. 

Fasilitas Wisata Pulau Simping Singkawang

Fasilitas Wisata Pulau Simping di Singkawang
Fasilitas Wisata Pulau Simping Singkawang

Setiap hari pulau ini tak pernah sepi pengunjung. Baik itu untuk berwisata maupun umat Konghucu yang hendak beribadah. Atas sebab itulah, pulau Simping harusnya ada fasilitas yang mempermudah pengunjung. 

Baca juga : Paket Wisata Sekaligus Menginap di Pulo Cinta, Maldives-nya Indonesia

Namun karena tak berpenghuni, fasilitas di dalam area pulau belum ada. Jadi untuk keperluan di toilet dan untuk makan, Kawanjo bisa menuju ke tempat wisata terdekat. Yaitu pantai Teluk Mak Jantu yang lebih lengkap fasilitas umumnya. Hanya butuh beberapa menit, dengan jarak 350 meter untuk numpang di pantai tersebut. 

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Simping di Singkawang

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Simping di Singkawang
Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Simping di Singkawang

Telah disebutkan sebelumnya, pulau Simping memiliki pengunjung yang selalu ramai setiap harinya. Bukan tanpa alasan, pulau ini memang asyik untuk dieksplorasi dengan aktivitas seru. Diantaranya :

Menikmati panorama Pulau Simping di Singkawang
Menikmati panorama Pulau Simping di Singkawang
  1. Menikmati panorama

Sekilas nampak dari kejauhan, pulau Simping hanyalah gundukan pasir dengan semak belukar di atasnya. Namun ketika kaki telah menjejak di sini, sekejap mata terpuaskan. Maka jiwa pun terasa semakin tenang.

Baca juga : Aturan adat suku Dayak

Dari pulau Simping akan nampak pemandangan perbukitan di belakangnya. Indah dan mempesona. Bias kecantikan pantai Teluk Mak Jantu juga terasa sampai di sini. Sehingga cuci mata dan mencari ketenangan jiwa akan terlunaskan di pulau Simping.

  1. Bermain Air

Jika ingin sedikit lebih bergerak, Kawanjo bisa mendekat ke air laut. Gerakkan kaki dan biarkan riak ombak menyertai setiap langkah yang bersentuhan dengan pasir lembut. 

Kawanjo juga bisa berenang di sini, sebab ombak lautnya relatif tenang sehingga aman. 

  1. Menyimak Sunset 

Bila berkesempatan berada di sini hingga menjelang sore, menetaplah sebentar lagi. Ada kreasi alam yang indah nampak dari daratan pulau Simping. Semburat warna jingga yang menyertai awan temaram nampak eksotik di langit. 

Pemandangan yang tak terhalang di laut lepas pulau Simping membuat siluet senja semakin kentara. Sungguh menentramkan melihat matahari tenggelam / senja di pulau simping.

  1. Berfoto

Abadikan setiap momen di pulau Simping dan kabarkan pada dunia tentang indahnya pemandangan. Juga tentramnya hati saat berada di sini.

Baca juga : 10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?

Lukisan alam yang tersaji bisa jadi latar belakang pembingkaian memori. Jembatan panjang yang membentang sebagai akses ke pulau ini juga menarik untuk diabadikan. Berdirilah di sana dan larutlah dalam perburuan angle kamera terbaik.

Lokasi Pulau Simping Singkawang

Lokasi Pulau Simping di Singkawang
Lokasi Pulau Simping di Singkawang

Menarik memang jika ternyata pulau terkecil di Indonesia adalah bagian dari pulau terbesar kedua di negeri kita ini. Ya, pulau Simping menjadi bagian dari provinsi Kalimantan Barat di pulau Kalimantan. 

Tepatnya ada di Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat. Masuk di kawasan wisata pantai Sinka, untuk sampai di pulau Simping perlu waktu 15 menit dari Singkawang. Bila berangkat dari kota Pontianak, Kawanjo akan melakukan perjalanan selama 2-3 jam. Cari saja tujuan ke pantai Burung Batu yang berjarak 1 km ke pulau Simping.

Baca juga : Wisata di Singkawang 2022

Saat hendak menuju pulau Simping, Kawanjo tak perlu menyeberang di perairan dangkal. Sebab jembatan yang telah ada bisa digunakan untuk mencapai pulau terkecil di Indonesia ini.

Sekali lagi, meski terkecil di Indonesia, pulau Simping memiliki pesona wisata alam yang bagus dan indah. Buktinya banyak pengunjung yang datang bergantian setiap hari. Mereka melakukan banyak hal di sini untuk berwisata.

0 comments on “Wisata Pulau Simping Singkawang, Biar Kecil Tapi Pesonanya Kondang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.