Wisata Pantai Klayar Pacitan
Local Experiences

Wisata Pantai Klayar Pacitan Tempat Menyimpan Seribu Kenangan

Pantai Klayar Pacitan Tempat Menyimpan Seribu Kenangan. Yuk, mengukir kenangan baru lagi dengan berlibur di salah satu hidden gem Kota Pacitan.

Jika kotanya dijuluki Kota Seribu Gua, maka ada satu pantai di dalamnya yang terkenal memiliki seribu kenangan. Yap, adalah Wisata Pantai Klayar Pacitan yang jadi tempat menyimpan seribu kenangan. Hal inilah yang menjadi inspirasi seorang Didi Kempot untuk menciptakan sebuah lagu. 

Birune segara Kutha Pacitan

Nyimpen janjimu seprene ra bisa ilang

Birune segara Kutha Pacitan

Pantai Klayar sing nyimpen sewu kenangan

 Ou-oo Ouoo

(Birunya laut kota Pacitan

Menyimpan janjimu sampai sekarang tak bisa jauh bisa hilang

Birunya laut kota Pacitan

Pantai Klayar yang menyimpan seribu kenangan

Ou-oo Ouoo)

–Lirik lagu pantai Klayar, Didi Kempot –

Baca juga : Keindahan pantai selatan di Pacitan Jawa Timur

Birunya laut di Kota Pacitan menjadi terkenal, indahnya Pantai Klayar yang menyimpan seribu kenangan semakin pantas menunjukkan daya tarik pesonanya. Adalah sebuah keistimewaan bisa mengunjungi tempat wisata Pantai Klayar. Mengukir kenangan baru lagi berupa berlibur di hidden gem Pacitan ini.

Wisata Pantai Klayar di Pacitan

Daya tarik Pantai Klayar Pacitan

Memang pantai ini belum setenar pantai Parangtritis di Yogyakarta atau pantai Kuta di Bali. Namun ketika banyak orang telah tahu, keindahannya akan menarik banyak pengunjung.

Adapun daya tarik untuk ikut Wisata Pantai Klayar di Pacitan adalah:

  1. Karakteristik pantai laut selatan

Ombak laut di pantai Klayar cukup tinggi. Sebagaimana ciri khas pantai selatan. Karena itu pengunjung dilarang untuk berenang. Meski begitu, karena airnya biru jernih, memandangnya dari kejauhan sudah cukup menenangkan hati.

Tak perlu gundah karena tak bisa berenang. Masih banyak hal yang bisa dilakukan di pantai. 

Baca juga : Paket Wisata pantai di Indonesia yang lagi hits dan Instagramable

Bibir pantai dipenuhi pasir berwarna putih bersih. Di sana ada deretan pohon kelapa yang berdiri bersama batu karang dan tebing batu. Berselang seling, menjadi padanan keindahan alam yang menakjubkan. Di sela-sela nya terdapat gubug dengan atap dari daun kering. Pas untuk menikmati keindahan alam di sana.

Di area karang, bisa digunakan untuk berburu hewan-hewan laut yang terbawa air pasang lalu nyangkut. Semisal bintang laut dan kerang-kerangan.

Seruling laut Pantai Klayar Pacitan

Seruling laut Pantai Klayar
  1. Seruling laut

Di pantai Klayar terdapat fenomena unik. Ada celah pada karang. Pada saat air laut pasang dengan deras, sejumlah air terperangkap dalam celah tersebut lalu menyembur ke atas permukaan. Kebetulan angin juga ikut berhembus dari dalam, sehingga saat air keluar dari lubang, terdengar pula suara seperti seruling. Sehingga banyak Orang menyebutnya dengan nama seruling laut Pantai Klayar Pacitan.

  1. Air mancur alami

Selain seruling laut, air mancur alami juga ditunggu kehadirannya oleh para pengunjung. Fenomena ini terjadi ketika ada ombak tinggi menembus karang. Airnya mengalir diantara lekukan karang. Jadilah air mancur hasil kreasi alam.

  1. Karang Sphinx
rekomendasi Tempat wisata di Pacitan Karang Sphinx

Banyaknya batu karang dan tebing batu menambah eksotisme Pantai Klayar. Namun, ada satu yang istimewa dan menjadi ikon wisata di Pantai Klayar. Yaitu batu Sphinx. Dari kejauhan memang batu besar yang tegak berdiri ini memang mirip manusia berbadan singa. Warga di sekitar menyebutnya sebagai watu lumbung. Karang sphinx Pantai Klayar jadi semacam landmark tersendiri di lokasi ini.

Tiket masuk Pantai Klayar Pacitan

Tiket masuk Pantai Klayar

Untuk mengeksplorasi berbagai daya tarik wisata pantai Klayar Pacitan, cukup merogoh kocek Rp. 10.000 untuk orang dewasa di akhir pekan dan anak-anak hanya Rp. 7000. Jika ingin lebih hemat bisa datang saat hari kerja/ weekdays Senin sampai Jumat. Karena harga tiketnya menjadi Rp. 7000 untuk dewasa dan Rp. 5000 untuk anak-anak.

Adapun biaya parkir adalah Rp. 2000 untuk sepeda dan Rp. 5000 untuk mobil.

Lokasi Wisata Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Lokasi Pantai Klayar

Letak Pantai Klayar berada di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Tempat wisata di Pacitan ini belum mudah dijangkau angkutan umum. Jadi disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja.

Baca juga :

Mengunjungi pantai Klayar memang pas untuk mencetak pengalaman baru. Akan menjadi seribu kenangan di hari esok, membuat hati bangga dan senang. Karena pesona pantainya memang benar-benar membuat betah dan enggan berpindah.

0 comments on “Wisata Pantai Klayar Pacitan Tempat Menyimpan Seribu Kenangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.