Ragam Potensi Wellness Tourism di Indonesia Bikin Bijak Berwisata
Local Experiences Health Lifestyle

Ragam Potensi Wellness Tourism di Indonesia Bikin Bijak Berwisata

Potensi wellness tourism di Indonesia mampu mengubah mindset tentang pariwisata. Sehingga berwisata juga bermanfaat untuk kesehatan dan masa mendatang.

Adakah Kawanjo yang pulang ngetrip justru malah merasa capek dan pegal-pegal badannya? Atau setelah datang dari jelajah kuliner, justru makin susah bergerak karena kolesterol melonjak? Bahkan lebih parahnya, Kawanjo jadi bad mood karena kondisi tempat wisata yang jauh dari ekspektasi? Nah, hal-hal inilah yang kemudian diminimalisir dengan potensi wellness tourism di Indonesia. 

Pengertian Wellness Tourism 

Pengertian Wellness Tourism di Solo

Pandemi membawa banyak perubahan pada pola pemikiran penduduk Indonesia. Khususnya di segi kesehatan. Bahwa untuk sehat bukan dengan diobati, menunggu sakit baru disembuhkan. Namun lebih pada usaha pencegahan. Sehat dengan mencegah bisa jadi upaya bijak untuk tetap prima dalam menjalani kehidupan. Pariwisata sebagai bagian dari usaha preventif ini, kemudian mengembangkan potensi wellness tourism di Indonesia.

Wellness tourism adalah wisata kebugaran yang mempertimbangkan segi health, hygiene, safety, dan security bagi pengunjungnya. Kesemuanya untuk memaksimalkan pencapaian kesehatan jiwa raga setelah berwisata. Sehingga bukannya malah menimbulkan masalah, namun sebaliknya wisata bisa memberi solusi untuk aset penting dalam diri manusia, yaitu kesehatan.

Baca juga: Wisata Sambil Olahraga di Batam

Wellness tourism bisa pula diartikan lebih mudah, bahwa kegiatan wisata oleh orang sehat dengan tujuan agar bisa meningkatkan kondisi kesehatannya sekarang dan esok nanti.   

Potensi Wellness Tourism di Indonesia

International Wellness Tourism Conference & Festival 2022

Menteri Pariwisata dan Perekonomian kreatif Sandiaga Uno menyampaikan hal penting dalam International Wellness Tourism Conference and Festival 2022 di Solo pada 5-7 Agustus 2022 bulan lalu. Bahwa wellness tourism di Indonesia telah me-reset dunia pariwisata. Konsep inilah yang menjadi kunci pemulihan sektor pariwisata baik di Indonesia maupun dunia internasional. 

Benar kata bapak menteri. Seperti yang diketahui, pariwisata adalah bagian yang terkena imbas buruk pandemi global covid 19. Sekarang setelah mereda, seiring dengan upaya pemerintah memulihkan potensi pariwisata, ada mindset baru pada masyarakat. Sekarang para calon pelancong juga mempertimbangkan kesehatan fisik, mental, emosional, spiritual, bahkan sosial pada sebuah destinasi wisata

Indonesia dengan kekayaan alam, kearifan budaya, dan kreativitas penduduknya memiliki potensi untuk mengembangkan wellness tourism. Indonesia dengan lautnya yang menenangkan, hutan belantara yang menantang, gunung berapi dengan sumber air panas untuk berendamnya bisa dikembangkan untuk konsep wisata ini. 

Baca juga: Pemandian air panas Ciater dan wisata Subang lainnya

Begitu pula dengan beragam hasil alam yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa untuk kepentingan kesehatan terutama secara preventif. Seperti jamu dan kuliner tradisional. Tak kalah penting adalah budaya dan ritual keagamaan yang dijunjung tinggi terbukti mampu menarik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi nusantara. 

Alasan – alasan di atas menjadi cocok dengan apa yang bapak menteri katakan, “Wellness tourism ini menciptakan 1,3 juta lapangan kerja baru dan berkualitas”.

Contoh Wellness Tourism di Indonesia 

Contoh Wellness Tourism di Indonesia

Kementerian pariwisata dan perekonomian kreatif menetapkan 3 kota sebagai rekomendasi utama wellness tourism. Yaitu Solo, Yogyakarta, dan Bali. Ketiga daerah ini telah memiliki destinasi wisata yang menawarkan kebutuhan akan kesehatan fisik, mental, emosional, spiritual, bahkan sosial. 

Baca juga: Paket Wisata Solo One Day Tour

Kota Solo pun pada tahun 2021 menjadi proyek percontohan sebagai Wellness city. Hingga puncaknya pada awal bulan Agustus 2022 ini diadakanlah  International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022. Dalam acara ini Solo pun mampu membuktikan pentingnya konsep wisata ini, sekaligus menunjukkan bahwa wellness tourism mampu meraih kesuksesan bila diaplikasikan dengan tepat.

3 Kota Percontohan Wellness Tourism

Dari gelaran IWTCF 2022 ini, Solo mampu menunjukkan bahwa di daerahnya saja ada banyak contoh penerapan wellness tourism di Indonesia. Mulai dari jamu herbal, lulur rempah, beberapa kuliner tradisional, aromaterapi bunga-bunga hingga sebuah olahraga sejenis yoga yang asli dari tanah Jawa. Beksan namanya. 

Begitu juga dengan daerah lainnya. Di Bali ada banyak pemandangan alam yang menenangkan jiwa serta ritual keagamaan yang membawa hikmah kebaikan. Ada juga Yogyakarta yang menonjolkan kuliner, seni tarian, dan pijat tradisional. Pun sebenarnya begitu juga dengan daerah di luar 3 kota proyek percontohan wellness tourism seperti disebutkan di atas.

Baca juga: Tanaman Hias yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Harapannya, dengan penerapan wellness tourism mampu meningkatkan awareness tentang pentingnya kesehatan dan hidup berkelanjutan di alam Indonesia. Baik itu dari pelaku pariwisata maupun penikmatnya. Baik itu oleh pemerintah maupun masyarakat pada umumnya. Bangsa yang memiliki kesehatan secara holistik atau menyeluruh akan mudah meraih kemajuan. 

Siap berwisata untuk kesehatan yang lebih optimal? Pastikan cek ke sini dulu, ya! Dapatkan informasi lengkap tentang beragam destinasi wisata di Indonesia.

0 comments on “Ragam Potensi Wellness Tourism di Indonesia Bikin Bijak Berwisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.