10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Local Experiences

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?

Gua angker jadi tantangan tersendiri sekaligus memicu adernalin saat berwisata

Indonesia dikenal memiliki berbagai destinasi wisata alam yang eksotis bahkan destinasi wisata alam yang dikenal angker atau penuh cerita misteri. Destinasi wisata mistis memang jadi area yang menarik untuk dikunjungi bagi kawanjo yang ingin memenuhi hasrat bertualang. Salah satu destinasi wisata alam yang bisa kawanjo kunjungi adalah gua.

Gua yang terbentuk karena fenomena alam menyimpan beragam keindahan luar biasa yang akan membuat mata takjub. Dibalik keindahan itu, setiap gua memiliki cerita misteri tersendiri bahkan sering juga disebut angker karena adanya aktivitas mahluk kasat mata. Kalau kawanjo punya nyali mengunjungi gua-gua angker ini, berikut 11 gua angker yang bisa kawanjo kunjungi:

1. Gua Kembar (Langkat, Sumatra Utara)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Gua Kembar dengan pahatan berbentuk patung

Jika kawanjo ngetrip ke Sumatra Utara, ada salah satu gua yang penuh misteri di pinggiran hutan Dusun Tambak Tajoh, Desa Adin Tengah, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara atau sekitar 80 kilometer dari Medan. Gua ini disebut Gua Kembar karena ada dua gua dengan pintu masuk yang mirip satu sama lain. Gua ini konon penuh misteri karena tidak diketahui dimana ujungnya, selain itu ada 10 pahatan berbentuk patung di dinding pintu masuk gua.

Sementara warga setempat menyebut gua ini dengan sebutan Gua Umang yang berarti gua hantu, kadang beberapa warga melakukan ritual di area pintu masuk gua, dengan membakar rokok. Lantaran warga percaya ada banyak cerita mistis yang tersimpan di gua ini. Salah satunya adalah gua ini dianggap mistis karena disebut tembus hingga ke wilayah Kabupaten Karo.

2. Gua Jepang (Bukittinggi, Sumatra Barat)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Gua angker yang memiliki kedalaman 49 meter di bawah permukaan tanah

Gua Jepang yang disebut oleh warga setempat dengan Lubang Jepang ini konon memiliki aura yang sangat menyeramkan bahkan bisa membuat bulu kuduk merinding. Menurut beberapa kesaksian, di lokasi ini sering terdengar suara-suara teriakan yang bersumber dari area ruang dapur yang diyakini area paling angker.

Di dalam lokasi gua ini memang ada ruangan mirip dapur tapi bukan dapur untuk masak pada umumnya. Ruangan ini menjadi tempat untuk penyiksaan atau memutilasi tubuh para buruh paksa yang sakit atau tawanan perang, lalu mayatnya dibuang ke Ngarai Sianok. Sedangkan tepat diatas meja beton terdapat sebuah kursi berbahan besi yang kosong tanpa alas duduk, konon di kursi ini sering terlihat seorang kakek sedang duduk, iiiih serem!

3. Gua Jepang, (Bandung, Jawa Barat)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Ada suara misterius dari gua yang berada di tengah Hutan Raya Djuanda

Gua Jepang yang satu ini berada di Taman Hutan Raya Djuanda, Dago Pakar, Bandung Utara. Konon gua Jepang ini dianggap angker. Banyak orang menyebutkan bahwa di area sekitar gua maupun di dalam gua terdapat arwah-arwah tentara Jepang maupun warga yang dulu disiksa dan dibunuh. Hingga pengunjung atau warga sering terlihat penampakan menyerupai tentara Jepang, diiringi suara misterius

Selain itu terdapat juga mitos, saat kawanjo berkunjung ke tempat ini dilarang menyebutkan kata “lada” (dalam bahasa Indonesia berarti pedas). Konon jika kawanjo mengatakan kata tersebut, maka akan terjadi sesuatu seperti kesurupan hingga ditampakkan sosok yang menyeramkan.

4. Gua Jepang (Kaliurang, Yogyakarta)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Suara tangis dan teriakan sering terdengar di gua ini

Gua Jepang ini terdapat di kompleks wisata Nirmolo Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya berada diantara tebing curam Lereng Gunung Merapi. Gua ini pernah jadi lokasi penyiksaan bangsa Indonesia oleh tentara Jepang. Seramnya, pengunjung kerap mendengarkan suara tawa, tangis, hingga teriakan yang tak diketahui sumbernya di gua tersebut. Bahkan pernah beredar cerita tentang keberadaan hantu pocong di gua ini.

Baca juga: Tips Jitu Hemat Budget Saat Ngetrip Bersama Teman

5. Gua Surocolo (Bantul, Yogyakarta)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Gua yang dipercaya sebagai istana gaib yang megah

Gua ini terletak di di pedukuhan Ngreco, Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di sekitar gua terdapat beberapa arca yang konon belum pernah diteliti sama sekali. Wujud arca yang menyerupai naga tersebut dipercaya masih berkaitan dengan mahluk halus yang menghuni Gua Surocolo. Bahkan banyak yang orang percaya jika gua ini merupakan istana gaib yang begitu megah.

Tak hanya itu, sejak tahun 1990-an banyak pengunjung dari luar Yogyakarta yang mendatangi gua ini untuk melakukan ritual pesugihan guna memelihara tuyul. Namun ada juga yang datang hanya untuk mencari berkah kekayaan dari penunggu gua Surocolo yang konon memiliki wujud seperti seekor naga yang memiliki mahkota.

6. Gua Terawang (Blora, Jawa Tengah)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Gua yang dipercaya menjadi tempat bertapa para Raja

Gua Terawang berada di tengah belantara hutan jati di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora ini memiliki pemandangan yang indah sekaligus merupakan gua vertikal yang memiliki lubang di bagian atasnya. Sejak zaman raja-raja Jawa dahulu gua ini sudah dikenal sebagai tempat bertapa guna memperoleh kekuatan mistis atau untuk mendapatkan wangsit.

7. Gua Maharani (Lamongan, Jawa Timur)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Gua yang memiliki keindahan namun sering muncul sosok Roro Ayu Mantili

Gua yang disebut juga sebagai gua Istana Maharani ini berada di kedalaman 25 meter dari permukaan tanah dengan rongga gua seluas 2500 meter persegi. Ada beberapa mitos yang dipercaya warga setempat, salah satunya adalah munculnya sosok Roro Ayu Mantili, putri dari kerajaan Madangkara, yang sering menampakkan diri di dalam gua. Kalau kawanjo berkunjung ke gua ini harus menjaga sopan santun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Gua Gong (Pacitan, Jawa Timur)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Di gua ini Kawanjo bisa mendengar suara gema tabuhan gamelan

Gua Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 256 meter yang menawarkan keindahan stalaktit dan stalakmit yang sudah berusia hingga ratusan tahun. Namun dibalik keindahan tersebut terdapat cerita seram tentang Gua Gong ini. Menurut warga setempat, dari dalam gua sering terdengar suara gema tabuhan gamelan maupun suara seperti suara gong.

9. Gua Jepang, (Klungkung, Bali)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Penampakan sosok dengan luka parah kerap dilihat warga

Gua ini berada di Dusun Koripan, Desa Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Atmosfer dingin dan getir akan terasa saat kawanjo memasuki gua ini, lantaran gua ini dibangun warga Bali secara paksa (romusha) kala itu.

Banyak pekerja romusha yang mengalami penyiksaan oleh tentara Jepang atau mengalami sakit parah yang berujung pada kematian. Menurut warga sekitar, di area gua sering terlihat ada penampakan orang-orang dengan kondisi tubuh terluka parah.

10. Gua Sugapa, (Sugapa, Papua)

10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?
Wanita cantik penunggu Gua Sugapa siap menggoda para pria

Sugapa adalah ibu kota Kabupaten Intan Jaya, Papua, yang berada di pegunungan tengah Papua, pada ketinggian sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut. Di area hutan Sugapa terdapat gua yang dikenal cukup angker dengan nama Gua Sugapa. Untuk memasuki gua ini warga harus merangkak karena Gua Sugapa memiliki pintu masuk berukuran kecil.

Gua ini bagi warga sekitar sering dijadikan tempat beristirahat setelah melakukan perjalanan atau berburu. Konon bagi kaum pria yang beristirahat di gua ini bakal diganggu wanita cantik yang bisa berubah-ubah wujudnya. Ketika sang pria tergoda, maka malapetaka akan menanti hingga berujung kematian.

Nah, itulah 10 gua yang dikenal cukup angker pas buat menguji adrenalin kawanjo. Percaya atau tidak dengan adanya mitos maupun cerita angker di suatu tempat, semuanya kembali lagi pada diri kawanjo masing-masing. Jangan lupa juga, cek juga berbagai paket wisata menarik bersama Pigijo di sini

Baca juga: 6 Kuliner Lezat Bali Khas Perayaan Nyepi

0 comments on “10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?

Leave a Reply

Your email address will not be published.