Sedang Perang, Ukraina Padahal Punya 5 Destinasi Wisata Cantik Favorit Wisatawan
Local Experiences

Sedang Perang, Ukraina Padahal Punya 5 Destinasi Wisata Cantik Favorit Wisatawan

Negara cantik yang tengah berkonflik ini menyimpan keindahan yang sungguh memesona

Sejak kemarin, seluruh media cetak maupun digital tengah dipenuhi oleh berita mengenai perang yang sedang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Tentu dalam artikel kali ini Pigijo takkan membahas mengenai peperangan di Ukraina tersebut melainkan destinasi wisata indah yang dulunya selalu jadi incaran wisatawan saat berkunjung ke negara yang berada di Eropa Timur ini.

Karena sesungguhnya, Ukraina punya banyak bangunan cantik di kota-kota mereka dan juga keindahan alam yang menyenangkan untuk dinikmati. Jadi, sebelum lanjut ke pembahasan mengenai destinasi wisata yang ada di Ukraina, kita doakan sama-sama dulu, ya. Semoga peperangan yang terjadi tak berlarut-larut dan tak banyak pula memakan korban jiwa.

So, berikut 5 destinasi terbaik di Ukraina yang layak kawanjo ketahui:

  1. Kiev
kiev
Ibukota cantik yang punya banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur Soviet

Destinasi pertama tentu merupakan ibukota Ukraina sendiri yaitu Kiev. Di sini pernah menjadi tuan rumah Euro tahun 2012. Kota ini dipenuhi dengan bangunan lama berhiaskan arsitektur Soviet, biara-biara tua yang indah, hingga sekumpulan gereja berkubah emas, jelas Kiev kerap jadi salah satu destinasi paling populer untuk melihat bagaimana cantiknya kota yang boleh dibilang cukup underrated ini.

Kalau kawanjo jalan-jalan di sini, kawanjo akan dapat melihat sejumlah bar, kafe-kafe manis di samping trotoar, bahkan museum sejarah yang layak untuk diketahui. Salah satunya ialah Museum of Folk Architecture and Ethnography yang merupakan salah satu museum terbuka (open-air museum) terbesar di Eropa.

Tapi, tempat paling populer di Kiev jelas adalah Kiev Pechersk Lavra, salah satu biara tertua dan paling penting di Ukraina. Dominasi warna putih dan atap emas pada bangunan luarnya serta bagian dalam biara yang dipenuhi dengan ornamen berwarna gold, membuat tempat ini jadi sangat indah untuk dilihat.

Ada pun kawanjo tak boleh melewatkan momen jalan-jalan di Andriyivskyy Descent yang dipenuhi dengan deretan rumah bergaya Art Nouveau lengkap dengan patung gargoyles yang menghiasi beberapa bagian dinding. Tak cuma itu, Kiev pun terkenal dengan pertunjukan teater, opera, dan musikal yang menawan. Sungguh sebuah kota indah meski tak banyak yang mengetahuinya

2. Kamianets-Podilskyi Fortress

Kamianets
Benteng yang tampak seperti istana pangeran

Next, ada benteng pertahanan yang vibe nya malah mirip seperti istana pangeran di negeri dongeng. Yup, Kamianets-Podilskyi Fortress yang berada di Ukraina bagian barat ini terbangun begitu indah dan dreamy di pinggir sungai Smotrych dan juga di antara tebing-tebing batu. Manis sekali hingga masuk dalam daftar salah satu benteng paling picturesque di Eropa Timur.

Namun sayangnya, kawanjo hanya bisa menikmati keindahan benteng ini dari kejauhan saja karena masyarakat umum tak diperbolehkan masuk. Oleh sebab itu, baiknya arahkan langsung tujuan kawanjo ke Medieval Old Town yang ada di dekatnya. Kenapa? Karena kota ini penuh dengan rumah berwarna pastel yang menggemaskan serta street-art yang berkisah mengenai sejarah kota tersebut.

Bahkan, sama seperti di Turki, di sini juga tersedia balon udara yang bisa kawanjo naiki untuk berkeliling sejenak melihat pemandangan Ukraina dari ketinggian. Dalam satu kali perjalanan, kawanjo akan dibawa melihat air terjun, Smotrichsky Canyon, dan pemandangan lain yang tentu saja breathtaking dan mungkin takkan kawanjo sangka sebelumnya bisa dilihat di Ukraina. Ssst, saat musim semi, ada festival balon udara juga, lho!

Baca juga: Satu Bulan di Desa Wisata Jawa Barat, Peserta Magang Merdeka Pigijo Kini Fokus Bungkus Produk Paket Wisata

3. Bukovel

Bukovel
Ski resort dengan pemandangan super indah dikelilingi tiga gunung

Ketiga, destinasi ini merupakan favorit wisatawan saat sedang musim dingin. Karena Ukraina merupakan negara 4 musim, maka salju pun turun di negara ini. Salah satu yang volume saljunya paling banyak adalah di Bukovel. Karena letaknya ada di dataran tinggi, maka tempat ini digunakan untuk bermain ski dan merupakan salah satu destinasi olahraga ski yang paling digemari.

Menariknya lagi, destinasi ini juga merupakan tempat main ski terbesar di Eropa Timur! Dikelilingi oleh tiga gunung di mana salah satunya adalah puncak tertinggi Gunung Carpathians, maka pemandangan yang akan kawanjo saksikan saat sedang bermain ski dari Bukovel jelas amat sangat indah.

Terletak tinggi di lereng Ukraina Barat, Bukovel nyatanya berhasil menawarkan banyak aktivitas dan hiburan untuk segala usia. Kalau ke sini, biasanya pengunjung disarankan untuk datang bulan Desember hingga April karena volume salju sedang tinggi-tingginya. Namun jika ingin merasakan salju yang paling tebal, bulan Januari adalah bulan terbaik untuk main ski di sini.

4. Uman

Uman
Romantis sekali yaaa kalau bisa naik perahu di sini

Bergerak ke pusat Ukraina, ada sebuah kota yang berada di tepi Sungai Umanka yang menawarkan pemandangan manis antara kota Odesa dan Kiev. Uman namanya. Menawarkan suasana yang rileks dan tourist friendly, kawanjo bahkan bisa menikmati keindahan kota ini dengan berperahu santai di danau yang ada di Sofiyivka Park.

Di kota yang tenang ini, kawanjo bisa strolling around sambil melihat makam Rabbi Nachman, melihat obelisk di pusat kota, menikmati pertunjukan air mancur Pearl of Love, atau mampir ke pasar tradisional yang menjual berbagai kebutuhan dan pernak-pernik khas Ukraina yang bisa kawanjo jadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan.

Kalau suka sejarah, datanglah ke bangunan tertua di kota ini yaitu Basilian Monastery yang dibangun pada tahun 1764. So, kalau kawanjo suka dengan pemandangan hijau, pepohonan, dan bunga-bunga, maka kawanjo pasti jatuh hati dengan kota ini. Uman pun punya deret bangunan warna-warni yang indah, museum, monumen WWII, dan sejumlah gereja berwarna pastel. Auto betah!

5. Chernivtsi

Sedang Perang, Ukraina Padahal Punya 5 Destinasi Wisata Cantik Favorit Wisatawan
Wow… Seperti di Hogwarts!

Terakhir, ada lagi kota indah yang terletak di kaki Gunung Carpathian, Ukraina Barat. Yes, Chernivtsi namanya. Kerap dijuluki sebagai “Little Vienna” saking indahnya, kota ini punya sejumlah bangunan yang arsitekturnya sama persis dengan kota-kota di Austria. Kok bisa? Ya, karena dulunya Chernivtsi termasuk dalam bagian kekuasaan kerajaan Austro-Hungarian.

Saat jalan-jalan di sini, kawanjo akan dimanja dengan peandangan jalan berbatu yang manis lengkap dengan sejumlah kafe untuk bersantai, bangunan-bangunan bergaya arsitektur Baroque, deret toko buku lokal, dan juga taman-taman kota yang begitu asri. Last but not least, di sini juga terdapat National University yang merupakan kampus terbesar di Ukraina dengan bangunan mirip istana. Keren minta ampun!

Cek paket wisata dan Open Trip menariknya di sini.

Baca juga: Menurut Google Trend, Tahun 2021 Minat Pariwisata Indonesia Masih Tinggi

0 comments on “Sedang Perang, Ukraina Padahal Punya 5 Destinasi Wisata Cantik Favorit Wisatawan

Leave a Reply

Your email address will not be published.