danau sentani, jayapura, papua,
Local Experiences

4 Wisata Alam di Jayapura Papua, Bagian dari Keelokan Nusantara yang Tiada Tara

Nusantara indahnya tiada tara. Bentang alam nan mempesona nampak mulai dari ujung Pulau Sumatera hingga Wisata Alam di Jayapura Papua.

Nusantara indahnya tiada tara. Bentang alam nan memesona nampak mulai dari ujung Pulau Sumatera, hingga Wisata Alam di Jayapura Papua. Wisata alam di Jayapura Papua jadi bagian keelokan Indonesia. Mulai dari bentangan bahari yang eksotis, hingga hutan rimba yang terhampar. Patut untuk dikunjungi. Daratan hingga perbukitan, serta pegunungan yang menjulang ke angkasa. Maka, tak salah kiranya bila mendaratkan pilihan liburan ke Jayapura Papua.

Belum lagi, masyarakat yang sangat ramah dan masih menjunjung tinggi kebudayaan nenek moyang. Banyaknya alternatif kegiatan wisata di Jayapura akan mengukir pengalaman yang mengesankan dan sulit terlupakan.

Baca juga: Trip Andalan, 3 Hari Eksplor Labengki-Sombori Cuma Sejutaan

Wisata Alam di Jayapura Papua

Wisata Alam di Jayapura Papua
Wisata Alam di Jayapura Papua

Jayapura sebagai ibukota provinsi memiliki ciri khas yang menjadi kekuatan. Alamnya nan indah dengan beragam topografi membuat kota ini seolah memiliki magnet. Daya tariknya bisa membuat banyak hati hendak datang dan meraup kepuasan.

Berikut beberapa tempat wisata di Jayapura yang menarik untuk dikunjungi:

 

  1. Danau Sentani
    Wisata Alam di Jayapura Papua Danau Sentani
    Wisata Alam di Jayapura Papua, Danau Sentani.

    Danau Sentani, wisata alam di Jayapura Papua satu ini wajib dikunjungi. Sebab, danau ini merupakan ikon kota yang tak bisa dilewatkan. Pemandangannya yang cantik sudah dikenal banyak orang. Dengan luas area 245 hektar, suasana alam yang menenangkan dan damai cocok untuk menghilangkan stress dari beban keseharian.

    Selain memandang lukisan Tuhan yang terhampar, ada berbagai aktivitas lain juga yang bisa Kawanjo lakukan. Di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut, hawa sejuk turut membuat nyaman aktivitas wisata. Kawanjo bisa naik perahu berkeliling danau terluas di Papua. Pun melakukan camping di pinggir danau yang mana kamu tak perlu berat membawa peralatan, sebab di sini sudah terdapat persewaan peralatan berkemah.

    Ada juga pertunjukan budaya yang bisa Kawanjo saksikan pada waktu tertentu, yakni Festival Danau Sentani yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Di dalamnya, terdapat upacara adat seperti penobatan Ondoafi, tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, dan pameran kuliner khas Papua.

    Baca juga: Ngetrip ke Raja Ampat Papua, Bisa Ngapain Aja Ya?

  2. Teluk Youtefa
    Wisata Alam di Jayapura Papua Teluk Youtefa
    Wisata Alam di Jayapura Papua Teluk Youtefa

    Teluk ini menjadi makin terkenal setelah adanya landmark Jayapura di dekatnya, yaitu jembatan merah Youtefa. Kawanjo bisa menikmati pemandangan hutan bakau yang membentang indah. Sungguh wisata alam di Jayapura Papua yang tak boleh dilewatkan.

    Tak hanya hutan bakau yang tingginya mencapai 7-15 cm. Coba pula menyapukan pandangan ke arah tanjung, teluk, dan tentu pantai. Pun dengan pulau karang yang jadi aksesoris perairan berair biru di Teluk Youtefa. Silakan  berkunjung ke lokasi yang beralamat di Enggros, Wai Mhorock, Abepura, Asano, Kota Jayapura, Papua.

  3. Pantai Hamadi
    Wisata Alam di Jayapura Papua Pantai Hamadi
    Wisata Alam di Jayapura Papua Pantai Hamadi

    Wisata alam di Jayapura Papua yang satu ini sebenarnya masih jadi bagian Teluk Youtefa, yakni sebuah pantai yang menjadi sejarah Perang Dunia II. Pantai Hamadi pernah menjadi pusat pertahanan tentara sekutu di wilayah Jayapura. Maka jangan heran, Kawanjo bisa menemukan sisa peninggalan perang seperti puing tank dan kapal.

    Di pantai, terdapat cemara yang berbaris rapi. Sehingga menciptakan pemandangan yang teduh dan hawa nan sejuk. Di sana, Kawanjo bebas berenang atau bermain air di pinggir laut. Jika tak ingin basah-basahan, boleh kok sekedar piknik dan duduk santai saja. Sambil menikmati makanan serta minuman yang dijual di pantai yang terletak di daerah Tobati, Jayapura Selatan, Papua.

  4. Air Terjun Cyclop
    Wisata Alam di Jayapura Papua Air Terjun Cyclop
    Wisata Alam di Jayapura Papua Air Terjun Cyclop

    Air terjun ini merupakan air terjun yang bersumber dari Gunung Cyclop. Wisata alam di Jayapura Papua ini sungguh memuaskan siapapun yang menyukai pemandangan indah. Pepohonan rimbun yang berpadu dengan tebing tempat terjunnya air nampak serasi di dalam indera penglihatan. Jernihnya kolam penampungan jadi seolah memanggil untuk masuk dan berendam. Namun, kehati-hatian harus tetap dipertahankan ya.

    Baca juga: Outing ke Bromo – Malang 5 Hari 4 Malam Budget 3 Jutaan!

    Terletak di Sereh, Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kawanjo harus mendaki gunung selama 20 menit dulu untuk tiba di sana. Aksesnya pun cukup terjal. Sehingga, pastikan kondisi badan dalam keadaan bugar. Tapi jangan khawatir! Capek yang Kawanjo rasakan akan terbayarkan setelah sampai di lokasi Air Terjun Cyclop.

Wisata di Jayapura sangatlah melengkapi kekayaan dan kesempurnaan alam Nusantara. Membuat siapa saja yang mengeksplorasi potensi Indonesia Timur akan puas dengan suguhan otentiknya. Destinasi wisata yang tersaji menorehkan pengalaman mengesankan  dan sulit terlupakan. Gimana, sudah muncul keinginan main ke sana?

 

1 comment on “4 Wisata Alam di Jayapura Papua, Bagian dari Keelokan Nusantara yang Tiada Tara

  1. Nabillah Hulwa

    Wisata alam jayapura saat berkunjung ke wisata ini kita akan di sambut oleh masyarakat yang sangat ramah dan masih menjunjung tinggi kebudayaan nenek moyang.
    tempat wisata alam jayapura yang menarik untuk di kunjungi seperti : Danau Sentani, Teluk Youtefa, pantai hamadi dan Air Terjun Cyclop yang dimana tempat tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri dengan kekayaan dan kesempurnaan alam Nusantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.