Kue Khas Betawi yang Mudah Dibuat
Local Experiences

Cara Buat 5 Kue Khas Betawi Ini Mudah, Bisa Jadi Jalan Ninja Kalau Ada Acara di Rumah

Jadi tuan rumah acara untuk membuat kue khas Betawi memang sebuah kehormatan.

Jadi tuan rumah acara untuk membuat kue khas Betawi memang sebuah kehormatan. Akan banyak orang  menyambangi kediaman kita. Jadi, agar  lebih mengesankan, tentunya harus ada hidangan untuk mereka yang datang. Nah, memasak sendiri makanan yang disajikan juga punya keistimewaan. Pilih jalan ninja, bikin saja kue khas Betawi yang mudah dibuat. Proses menyiapkan hidangan jadi lebih gampang dan menyenangkan. Tamu pun jadi puas dan acara sukses terselenggara.

Keistimewaan Memasak Sendiri untuk Acara di Rumah

Sekarang memang banyak dan mudah bagi kita membeli makanan dari luar rumah. Namun, tak ada salahnya menyisihkan waktu bermain di dapur, penuh rasa senang memasak beragam sajian untuk disajikan pada semua tamu yang datang.

Memasak sendiri untuk acara di rumah memiliki sejumlah manfaat. Di antaranya:

  1. Kualitas KontrolKawanjo bisa memiliki kontrol penuh atas bahan-bahan yang digunakan. Sehingga masakan yang tersaji pun bisa berkualitas tinggi, baik dari kualitas rasa maupun gizinya.
  2. Kebersihan dan KesehatanKawanjo dapat memastikan bahwa makanan disiapkan dengan kebersihan yang baik, menghindari resiko kontaminasi dan alergen yang tidak diinginkan. Kawanjo juga bisa mengontrol jumlah gula, garam, dan lemak dalam hidangan, menjadikannya pilihan yang lebih sehat.
  3. KreativitasManfaat hobi memasak sendiri bisa dilakukan dengan untuk mencoba resep baru atau mengadaptasi hidangan sesuai dengan kesukaan Kawanjo atau para tamu. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mengeksplorasi kreativitas kuliner. Menghadirkan makanan Nusantara seperti kue khas Betawi yang mudah dibuat, bisa jadi salah satu contohnya.
  4. Menghemat Biaya
    Bagaimanapun, cara berhemat dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah dengan memasak sendiri. Sebab, hal ini dapat lebih ekonomis. Apalagi bila tamu yang datang cukup banyak, akan lebih murah bila menyiapkan makanan sendiri daripada memesan makanan atau catering.
  5. Ide Acara SeruTak ada salahnya memasukkan cooking time saat tamu telah datang. Mereka jadi lebih merasa terlibat dan terhubung dengan acara. Keseruan tercipta saat memasak bisa menghubungkan tuan rumah dengan tamunya. Selain itu, memasak juga bisa menjadi peluang saling belajar dan pengembangan keterampilan kuliner yang berharga.

Meskipun memasak sendiri bisa memakan waktu dan usaha lebih banyak, manfaatnya bisa jauh lebih besar daripada kerugiannya. Terutama jika Kawanjo menikmati proses memasak dan ingin memberikan pengalaman istimewa kepada tamu Anda.

Baca juga: Ulik Fakta Es Campur Betawi yang Legendaris

Kue Khas Betawi yang Mudah Dibuat

Kue Khas Betawi yang Mudah Dibuat
Kue Khas Betawi yang Mudah Dibuat

Menyajikan masakan dalam setiap pertemuan di rumah sudah jadi hal lumrah di Indonesia. Suasana hangat jadi makin mudah tercipta. Ditambah lagi bila sajian yang ada merupakan menu khas Nusantara dan dimasak sendiri oleh tuan rumah.

Selain menu utama, ada juga makanan pendamping yang perannya tak kalah penting dalam sebuah jamuan. Baik itu cemilan, kue, atau dessert. Di sisi lain, negeri Indonesia punya segudang macam makanan ringan tersebut. Suku Betawi salah satunya.

Masyarakat Betawi kebanyakan berdiam di ibukota Jakarta. Di tengah gempuran budaya modern, mereka tetap bisa mempertahankan kebudayaan luhur yang diturunkan para pendahulu. Salah satu buktinya adalah keberadaan kuliner khas Betawi yang mudah didapat hingga kini. Termasuk di dalamnya adalah berbagai jenis kue tradisional Betawi.

Baca juga: Open Trip Pulau Weh, Sarana Intip Surga Dunia di Ujung Indonesia

Daripada membeli, coba yuk membuat beberapa jenis kue khas betawi yang mudah dibuat di rumah. Sehingga bisa disajikan untuk keluarga dan tamu yang datang. Di antaranya:

 

  1. Kue Cucur
    Kue Khas Betawi Kue Cucur
    Kue Khas Betawi Kue Cucur

    Kue khas Betawi dari tepung beras ini juga dicampur dengan gula pasir, jawa atau aren. Terkadang bisa dikreasikan dengan menambahkan pewarna makanan. Adonan ini kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan di bawahnya. Sehingga menciptakan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Karena bagian tengahnya menggelembung tebal sedangkan pinggirannya menipis.

  2.  Kue Talam
    Kue Khas Betawi Kue talam
    Kue Khas Betawi Kue talam

    Kue Khas Betawi yang mudah dibuat selanjutnya adalah Kue Talam. Salah satu macam kue basah khas Betawi ini ternyata dulunya hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan. Namun kini Kawanjo pun bisa membuatnya di rumah untuk disuguhkan pada keluarga atau tamu dalam acara. Bahannya dari santan, gula, dan tepung beras. Ternyata, kue ini memiliki macam-macam rasa sesuai bahan yang ditambahkan. Seperti Kue Talam Durian, Kue Talam Ubi, Kue Talam Pandan, Kue Talam Tape, Kue Talam Pisang, atau Kue Talam Bulan khas Betawi.

  3. Kue Kerak Telor
    Kue Khas Betawi Kue Kerak Telor
    Kue Khas Betawi Kue Kerak Telor

    Kue Betawi Jadul ini banyak dijumpai di sekitar Kota Lama, Jakarta Utara. Namun, alih-alih membeli, Kawanjo bisa mencoba untuk membuatnya di rumah. Kerak Telor akan mampu memuaskan selera makan para peserta acara. Sebab, makanan ini memang istimewa.
    Kawanjo bisa membuatnya dari  beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng. Kemudian, tambahkan bumbu yang dihaluskan, yaitu kelapa sangrai, kencur, jahe, cabai merah, merica butiran, garam dan gula pasir. Kue ini lalu dipanggang hingga berkerak dan disajikan dengan serundeng.

  4. Putu Mayang
    Kue Khas Betawi Putu Mayang
    Kue Khas Betawi Putu Mayang

    Kue ini adalah bagian dari seni kuliner Betawi. Bahan yang digunakan adalah tepung beras dan tepung kanji yang dibentuk menyerupai gumpalan mie. Putu Mayang kue khas Betawi yang mudah dibuat ini bisa disajikan dengan beberapa cara, yakni dengan pilihan siraman atau topping santan, kinca, atau parutan kelapa.

  5. Kue Ape
    Kue Khas Betawi Kue Ape
    Kue Khas Betawi Kue Ape

    Kue khas Betawi dari tepung terigu ini juga menggunakan tepung beras, baking powder, gula, dan garam. Dicampur jadi satu lalu diberi air daun suji. Gunakan wajan kecil untuk memanggang. Rasanya manis dan crispy. Disebut juga serabi Jakarta, kue ape sering dijumpai sebagai jajanan anak sekolah. Harganya murah dan dijual di pinggir jalan. Jika Kawanjo membuatnya di rumah, kebersihan dan kandungan gizi bisa lebih terjaga.

Baca juga: 6 Warung Soto Betawi Paling Top di Jakarta

Kue khas Betawi yang mudah dibuat bisa jadi cara tepat untuk menjamu tamu. Makanan yang menarik dan unik di atas, juga menjadi bagian dalam kesuksesan acara di rumah sendiri. Bahkan ternyata ada banyak manfaat yang ada bila Kawanjo menyiapkan sendiri sajian yang dihidangkan.

0 comments on “Cara Buat 5 Kue Khas Betawi Ini Mudah, Bisa Jadi Jalan Ninja Kalau Ada Acara di Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.