Karisma Event Nusantara Oktober 2023
Local Experiences

Masih ada Karisma Event Nusantara Oktober 2023 Hingga Akhir Bulan, Yuk Jadwalkan!

Menyaksikan acara budaya Karisma Event Nusantara menjadi pilihan nge-trip yang all in untuk mengunjungi sebuah daerah

Menyaksikan acara budaya Karisma Event Nusantara menjadi pilihan nge-trip yang all in untuk mengunjungi sebuah daerah. Selain menjelajahi tempat-tempat menarik nan indah, Kawanjo bisa menyaksikan penampilan kreasi budaya yang meriah. Untuk itulah tak ada salahnya datang pada Karisma Event Nusantara Oktober 2023 yang masih ada hingga akhir bulan. Lalu, ciptakan pengalaman menarik yang sulit terlupa sepanjang hayat di badan.

Sudah banyak yang tahu, Karisma Event Nusantara atau KEN, adalah  langkah kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dengan Pemerintah Daerah. Juga bersama seluruh stakeholder pariwisata di daerah pelaksana. Tujuannya tiada lain adalah untuk menaikkan pamor pariwisata Indonesia serta dan sebagai penggerak kebangkitan sektor ekonomi kreatif masyarakat.

Baca juga: 4 Hari di Pulau Rote Cuma 4 Jutaan? Sikat Paketnya!

Karisma Event Nusantara 2023

Karisma Event Nusantara 2023
Karisma Event Nusantara 2023

Tahun ini Karisma Event Nusantara sekali lagi menentukan 110 unggulan event budaya di Indonesia. Jumlah tersebut didapatkan dari jumlah awal 291 acara yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi dari Sabang sampai Merauke. Kemudian dilaksanakan kurasi dalam tiga tahapan yakni seleksi administrasi, konsep, dan wawancara selama bulan November dan Desember.

Setiap pelaksanaan Festival KEN 2023 selalu mendatangkan kemeriahan. Berbagai acara diadakan guna menunjukkan kekayaan potensi daerah. Sekaligus melestarikan budaya dan mengenalkannya pada dunia yang lebih luas. Di setiap pelaksanaan di masing-masing daerah, terdapat agenda khas yang dikemas dalam sajian seni, karnaval, lomba-lomba, bazar UMKM, dan lainnya.

Setiap bulan sepanjang tahun, jangan khawatir kekurangan cara untuk healing, deh! Karena ada acara Karisma Event Nusantara yang bisa diikuti. Di sisi lain, dengan terlibat di dalam setiap event, itu artinya Kawanjo mendukung upaya pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja dan menyerap pelaku seni atau event, pekerja, dan komunitas. Tentunya juga untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang di dalam kota penyelenggaranya.

Baca juga: Cari Jodoh di Festival Kande Kandea 2023, Kenapa Tidak?

Karisma Event Nusantara Oktober 2023

Sejak diumumkan pada bulan, berbagai acara budaya sukses dilaksanakan dan menyedot perhatian dari segala penjuru. Hingga sekarang, Karisma Event Nusantara Oktober 2023 bisa jadi rekomendasi untuk liburan yang lebih mengesankan. Di pertengahan hingga akhir Oktober nanti, segera jadwalkan untuk main dan seru-seruan di setiap acara yang ada. Yakni:

  1. Festival Pesona Meti Kei, Maluku Tenggara Maluku
    Festival Pesona Meti Kei, Maluku Tenggara Maluku
    Festival Pesona Meti Kei, Maluku Tenggara Maluku

    Festival ini adalah ajang promosi dan mengenalkan Kepulauan Kei di Maluku Tenggara. Dilaksanakan pada 8-26 Oktober 2023, Festival Pesona Meti Kei 2023 sudah memasuki tahun kedelapan. Acara ini menggambarkan tradisi penangkapan ikan khas masyarakat Kei. Sebagaimana diketahui, kepulauan Kei adalah tempat yang mempesona di Timur Indonesia. Daerah ini mengalami fenomena pasang surut air laut terluas setiap akhir bulan yang disebut meti.

  2. Indonesian Contemporary Art and Design, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
    Indonesian Contemporary Art and Design
    Indonesian Contemporary Art and Design

    Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) merupakan pameran bergengsi tahunan yang mengkolaborasikan industri desain, seni, hiburan, teknologi, perhotelan baik di dalam maupun luar negeri.  Dilaksanakan di 13 Oktober – 26 November 2023, ICAD mengambil tema Feel Good Lab. Dengan maksud bahwa Karisma Event Nusantara Oktober 2023 ini bisaeniasi  laboratorium eksperimental sekaligus sarana untik mengungkapkan pemikiran kritis seputar keadaan. Juga sebagai ruang yang dapat digunakan para seniman, desainer, dan publik untuk mengeksplorasi, mengaktifkan, serta mengolah kembali sebuah perasaan yang muncul.

  3. Festival Gendang Melayu Lubuklinggau, Sumatera Selatan
    Festival Gendang Melayu Lubuklinggau
    Festival Gendang Melayu Lubuklinggau

    Festival Gendang Melayu adalah cara untuk mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan. Baik itu di bidang pariwisata maupun seni dan budaya. Termasuk juga untuk meningkatkan perekonomian daerah serta mempererat hubungan masyarakat  suku Melayu. Festival Gendang Melayu bisa dinikmati pada 17-22 Oktober 2023.

  4. Balikpapan Festival, Balikpapan, Kalimantan Timur
    Balikpapan Festival
    Balikpapan Festival

    Karisma Event Nusantara Oktober 2023 selanjutnya adalah Balikpapan Fest 2023. Sebuah event tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Pariwisata Dunia. Setiap tahun Balikpapan Fest selalu memiliki tema yang berbeda. di tahun keempat sekarang ini, temanya adalah World Cultural Diversity in Nusantara. Yakni menunjukkan keberagaman budaya di Indonesia yang mengglobal.

    Balikpapan Fest dilaksanakan oleh pelaku industri lokal yang bekerja secara profesional serta memiliki ide futuristik. Event ini selalu meriah dan  mengangkat potensi daerah dan keluhuran di baliknya. Menghadirkan Ziva Magnolia sebagai bintang tamu, terdapat beberapa agenda. Seperti kegiatan di bidang Fashion, Art,  Culture, dan kuliner. Yuk kosongkan jadwal dan datang pada 20-22 Oktober 2023.

  5. Festival Pesona Bahari Raja Ampat, Raja Ampat, Papua Barat Daya
    Festival Pesona Bahari Raja Ampat
    Festival Pesona Bahari Raja Ampat

    Pagelaran Festival Pesona Bahari Raja Ampat dilaksanakan kembali setelah absen karena pandemi. Tepatnya pada tanggal 18 hingga 21 Oktober 2023. Di dalamnya terdapat rangkaian acara berupa Festival Bahari, Festival Gemarikan, dan Festival Suling Tambur.

    Termasuk menjadi bagian adalah aneka   perlombaan, seperti lomba suling tambur, lomba yosim pancar (yospan), lomba senam kreasi, lomba kuliner wisata. Juga aktivitas menarik lainnya seperti pameran stand dan cinderamata khas Raja Ampat. Kemeriahan yang tercipta bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Raja Ampat dan sekitarnya

    Baca juga: 4 Festival Khas Riau Ini Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

  6. Festival Tanjung Waka Kepulauan Sula, Maluku Utara
    Festival Tanjung Waka Kepulauan Sula
    Festival Tanjung Waka Kepulauan Sula

    Disebabkan masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara, Pemerintah Kota Maluku Utara berkomitmen meningkatkan kualitas pelaksanaan Festival Tanjung Waka. Tahun ini pelaksanaanya sejak tanggal 21 hingga 24 Oktober 2023.

    Dengan tema “Pemberdayaan Komunitas Lokal Dalam Peningkatan Wisata Sula Berbasis Eco-Edu Concept Menuju Pariwisata Sula yang Berkelanjutan”, tahun ini terdapat beragam agenda yang mamas menarik banyak perhatian. Baik wisatawan dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah acara yang mengangkat kearifan lokal. Yakni 100 Kapal arumbai, 20 kapal nelayan, dan 100 Perahu Semang dari 80 Desa di Kepulauan Sula. Juga penampilan tarian Kolosal Anak Nelayan dan Petani Sula

  7. Likupang Tourism Festival Minahasa Utara, Sulawesi Utara
    Likupang Tourism Festival Minahasa Utara
    Likupang Tourism Festival Minahasa Utara

    Likupang dengan panorama bawah lautnya yang indah telah menjadi Daerah Destinasi Super Prioritas. Hal inilah yang menjadi motivasi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk melaksanakan Likupang Tourism Festival Minahasa Utara dengan baik. Tepatnya pada tanggal 26 hingga 28 Oktober 2023.

    Diharapkan dengan adanya salah satu Karisma Event Nusantara Oktober 2023 ini,  bisa membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal. Juga untuk menyebarluaskan potensi wisata bahari dengan taman laut dan budaya lokal yang unik milik Likupang. Melalui berbagai lomba seperti Batobo, bakar ikan, masamper dan lainnya.

Segera kosongkan jadwal untuk menghadiri satu persatu Karisma Event Nusantara Oktober 2023 akhir. Dijamin liburan tahun ini menjadi lebih mengesankan dengan berbagai sajian budaya, juga kesempatan eksplorasi lebih luas tentang keindahan destinasi wisata tiap kota yang melaksanakan. Cuzzz berangkat!

0 comments on “Masih ada Karisma Event Nusantara Oktober 2023 Hingga Akhir Bulan, Yuk Jadwalkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.