Festival Kande Kandea
Local Experiences

Cari Jodoh di Festival Kande Kandea 2023, Kenapa Tidak?

Festival Kande Kandea Tolandona masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2023. Cek yuk biar nggak penasaran.

Dengan bangga, tahun ini masyarakat Buton Tengah Sulawesi Tenggara menyelenggarakan Festival Kande Kandea Tolandona. Tepatnya pada  27-29 April 2023, beberapa hari setelah Idul Fitri 1444 Hijriyah. Tradisi ini terus dilaksanakan hingga sekarang. Pastinya dengan beberapa tujuan, termasuk di dalamnya adalah membumikan nilai-nilai luhur budaya.

Sejarah Festival Kande Kandea Tolandona

Sejarah Festival Kande Kandea Tolandona
Sejarah Festival Kande Kandea Tolandona

Dalam Bahasa Indonesia, Kande Kandea berarti makan-makan. Berdasarkan sejarahnya, dahulu acara ini merupakan penyambutan untuk para tamu negara Kesultanan Buton yang berkunjung di Tolandona. Ritual Kandea juga sebagai wujud syukur. Yaitu berupa penyambutan pada pahlawan yang membawa kemenangan saat kembali dari medan peperangan. 

Tradisi ini terus dilaksanakan setiap tahun oleh warga Desa Tolandona, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Hingga sekarangpun, dipertahankan pelaksanaannya hanya berselang beberapa hari dengan Idul Fitri. 

Dalam acara jamuan tersebut, telah disajikan puluhan nampan berisi makanan. Sajian tersebut dijaga gadis-gadis Suku Buton berpakaian adat lengkap dengan rias wajah yang cantik jelita. Mereka bertugas menyuapi para tamu yang hadir satu persatu. Bila beruntung, bisa jadi bagi mereka yang masih sendiri, akan mendapatkan jodoh dalam ajang ini.

Baca Juga : Epik, 5 Event yang Masuk KEN 2022 Sulawesi Utara!

Tujuan Festival Kande Kandea Tolandona

Tujuan Festival Kande Kandea Tolandona
Tujuan Festival Kande Kandea Tolandona

Ditilik dari sejarahnya, Kande Kandea memiliki tujuan mulia. Mulai dari penyambutan untuk para pahlawan juga wujud syukur atas nikmat yang diberikan. Selain itu, ada juga tujuan untuk menegakkan silaturahmi melalui acara yang sesuai dengan norma islami khas idul Fitri. Para perangkat kerajaan, perangkat masjid, dan masyarakat bercampur baur menjadi satu dalam event ini. Maka, bila ada gadis cantik penjaga sajian dalam Kande Kandea mendapatkan jodoh, tak heran lagi. Sebab dalam ajang silaturahmi ini semuanya berkumpul bersama.

Festival Kande Kandea Tolandona masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2023. Maka hal ini menjadi peluang besar untuk memasarkan potensi daerah Buton Tengah. Terutama pariwisatanya, karena saat acara jamuan Kandea diselenggarakan, tidak hanya masyarakat sekitar yang terlibat. Namun juga para wisatawan, baik nasional maupun internasional.

Diharapkan, dengan rangkaian acara yang ada, mampu mendongkrak minat pengunjung untuk wisata di Buton Tengah. Juga daerah Sulawesi Tenggara lainnya. Karena objek wisata di daerah ini sangatlah banyak dan tak bisa dipandang sebelah mata. Maka, berlama-lama di sini diharapkan bisa jadi pilihan.

Dunia pariwisata yang meningkat kiprahnya, pastinya bisa membawa aspek lain untuk sama-sama naik. Yaitu sektor ekonomi kreatif dan bidang-bidang pendukung dunia wisata. Dengan terus melaksanakan Kande Kandea, kearifan lokal jadi lebih terekspos. Dengan upaya menjaga nilai mulia tradisi budaya makin meningkat seiring perbaikan ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Bikin Kagum! Wakatobi Beyond 7 Wonders di Sulawesi Tenggara

Acara Festival Kande Kandea Tolandona Buton Tengah Sulawesi Tenggara 2023

Acara Festival Kande Kandea Tolandona Buton Tengah Sulawesi Tenggara 2023
Acara Festival Kande Kandea Tolandona Buton Tengah Sulawesi Tenggara 2023

Sekali lagi, dilaksanakan pada tanggal 27-29 April 2023, festival ini berlangsung meriah. Pemerintah daerah melaksanakannya di Kelurahan Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Dalam pelaksanaannya, festival Kande kandea 2023 berhasil menampilkan citra daerah sebaik-baiknya. Yaitu Buton Tengah sebagai masyarakat yang menghargai seni dan budaya. Terutama  yang berakar pada tradisi Kesultanan Buton yang kuat. Karena itu, pada hari pertama, jadwal acara dimeriahkan dengan lomba pentas seni seperti musik gambus,tari tradisional, dan kabhanti. 

Di hari kedua, ada beberapa lomba adu ketangkasan. Yaitu  lomba selam, renang, dayung, perahu katinting, lari, dan lempar. Tak lupa ada juga ajang lomba beladiri tradisional yang disebut manca. Kegiatan di hari kedua ini mengekspresikan apa yang menjadi maksud asal tradisi Kande Kandea l. Yakni sebagai ajang pembekalan masyarakat sebagai pertahanan terakhir kesultanan Buton.

Pada hari terakhir, acara rutin ini ditutup dengan persembahan berbagai tarian kolosal. Seperti tari Kande-kandea, tari La Naga diiringi Lagu Mande-mande, dan tari Mancei. 

Baca Juga : Yuk Mampir, 13 Wisata di Jalur Kereta Api Sulawesi!

Di samping itu, dalam acara ini Festival Kande Kandea terdapat juga bazar meriah. Terdapat 10 tenda yang menampilkan produk unggulan dari pelaku ekonomi kreatif Buteng dan pelaku usaha kepariwisataan jazirah Buton. Menarik, bukan?

Festival Kande kandea di Tolandona Buton Tengah Sulawesi Tenggara ternyata memiliki banyak tujuan dalam pelaksanaannya. Mulai dari ajang pencarian jodoh dalam balutan silaturahmi dan upaya mempertahankan nilai luhur budaya. Hingga menjadi upaya meningkatkan potensi wisata dan ekonomi kreatif di daerah setempat. Dengan kemasan kegiatan menarik, event ini pun berhasil menjadi magnet kunjungan wisatawan untuk datang ke Buton Tengah.

0 comments on “Cari Jodoh di Festival Kande Kandea 2023, Kenapa Tidak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.