Numbay Creative Festival 2023
PigiUpdate

Numbay Creative Festival 2023 di Taman Imbi Jayapura Sebagai Sumber Inspirasi dan Kreativitas

Numbay Creative Festival 2023 yang masuk Karisma Event Nusantara (KEN) selalu memberikan harapan pada siapapun yang terlibat.

Numbay Creative Festival 2023 yang masuk Karisma Event Nusantara (KEN) selalu memberikan harapan pada siapapun yang terlibat. Sejumlah 110 acara dari Sabang hingga Merauke hadir dengan visi meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Melalui pemulihan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif, KEN mampu menarik minat banyak pihak. Di Papua, ada Numbay Creative Festival 2023 yang dilaksanakan secara meriah di Jayapura. Tepatnya di sebuah tempat bersejarah yang kini jadi ruang kreatif bagi anak muda Papua, yakni Taman Imbi.

Dilaksanakan pada tanggal 21 sampai dengan 23 September 2023, Numbay Creative Festival 2023  mengangkat tema Connecting Creativities. Yakni mengusung harapan supaya event ini bisa menjadi sarana kolaborasi berbagai pelaku kreatif. Dimana karya-karya mereka bisa menginspirasi dan dinikmati pengunjung. Melalui kreativitas inilah semoga tercipta peningkatan kualitas perekonomian masyarakat.

Baca Juga : Budget Cuma 3 Juta Tapi Pengen Jelajah Sumba? Bareng Pigijo Aja!

Numbay Creative Festival

Numbay Creative Festival
Numbay Creative Festival

Numbay Creative Festival pertama kali diadakan di Kota Jayapura, Papua, dan sejak saat itu telah menjadi sebuah acara tahunan yang dinanti-nantikan oleh warga Papua dan pengunjung dari seluruh Indonesia. Festival ini bertujuan untuk merayakan dan mempromosikan seni dan budaya Papua yang unik. Dalam beberapa tahun terakhir, Numbay Creative Festival telah berkembang menjadi salah satu acara seni terbesar di Indonesia.

Numbay Creative Festival (NCF) merupakan sebuah acara kolaborasi yang diselenggarakan setiap tahun, mulai tahun 2021. Pelaksananya adalah Komunitas Numbay Creative Forum yang difasilitasi Pemerintah Kota Jayapura Provinsi Papua.

Numbay Creative Festival  menguatkan jejaring komunitas kreatif di Kota Jayapura dengan menampilkan potensi ekonomi kreatif lokal. Hal ini merupakan sebuah upaya untuk mendukung perkembangan dunia pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga : 4 Keseruan di Pantai Harlem Papua, Spot Sempurna Mencari Ketenangan Jiwa

Numbay Creative Festival 2023

Numbay Creative Festival 2023
Numbay Creative Festival 2023

Di tahun ini, Numbay Creative Festival 2023 dilaksanakan selama 3 hari. Di dalamnya terdapat serangkaian acara seru. Yakni talkshow, sharing komunitas kreatif, konferensi musik, pameran produk ekraf lokal, dan tentunya bazar kuliner. Maka, pantas bila acara ini masuk dalam daftar 110 Karisma Event Nusantara 2023. Selain kemeriahan juga kesan mendalam akan dirasakan oleh siapapun yang terlibat.

Taman Imbi, Tempat Pelaksanaan Numbay Creative Festival

Tempat Pelaksanaan Numbay Creative Festival
Tempat Pelaksanaan Numbay Creative Festival

Sama halnya dengan pelaksanaan di tahun sebelumnya, Numbay Creative Festival berlangsung di Titik Nol Kilometer Kota Jayapura. Atau taman Imbi, pusat kreativitas anak muda Jayapura.

Taman Imbi merupakan salah satu ikon kota Jayapura. Dikenal juga sebagai Port Numbay, tempat ini sejak awal berfungsi sebagai meeting point. Bahkan Taman Imbi merupakan tempat bersejarah yang menjadi saksi peristiwa pada 1 Mei 1963. Yakni diadakannya upacara penyerahan Papua Barat kepada Indonesia secara resmi melalui UNTEA di Jayapura. Papua Barat jadi provinsi ke 26 Indonesia dengan nama Irian Jaya.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat Patung Yos Sudarso. Seorang pahlawan yang yang terkenal berkat jasa beliau dalam Pertempuran Laut Aru pada masa kampanye Trikora.

Baca Juga : Ngetrip ke Raja Ampat Papua, Bisa Ngapain Aja Ya?

Kini, Titik Nol Kilometer Kota Jayapura Taman Imbi menjadi ruang kreatif yang kekinian bagi anak muda. Salah satu wisata di Jayapura tersebut memberikan tempat bagi para generasi muda untuk mengembangkan diri. Seperti mengasah jiwa enterpreneurship dengan berdagang. Ada banyak makanan dan minuman yang bisa dipilih oleh pengunjung taman, mulai dari makanan tradisional Papua hingga jajanan kekinian.

Dengan luas lahan 2.847,61 meter, Taman Imbi memiliki daya pikat tersendiri. Sebagai ruang publik tertua di Jayapura, kini tempat ini semarak dengan lampu taman yang menyala dengan indah di malam hari. Di sini juga menjadi langganan pelaksanaan berbagai event yang melibatkan anak muda. Seperti Papua Culinary Week, Numbay Fashion Week, dan pastinya Numbay Creative Festival.

Numbay Creative Festival 2023 menjadi event kebanggaan masyarakat Papua karena telah masuk dalam daftar 110 Karisma Event Nusantara. Dilaksanakan di Taman Imbi sebagai ruang kreatif anak muda, harapannya acara ini menjadi sumber inspirasi hal baik. Sekaligus sebagai peningkatan kualitas pariwisata di Jayapura dan mendongkrak perekonomian kreatif warga.

 

0 comments on “Numbay Creative Festival 2023 di Taman Imbi Jayapura Sebagai Sumber Inspirasi dan Kreativitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.