5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia
Local Experiences

5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia

Indonesia memiliki banyak cerita, terutama destinasi wisata yang indah dan juga perjalanan menuju lokasi yang memiliki sejuta cerita

Setiap jalan tentunya memiliki keunikan keloknya sendiri, namun ada beberapa jalan di dunia yang terkenal dengan reputasi mengerikan. Kategori mengerikan yang di maksud adalah jalan-jalan dengan kelok berbahaya yang membutuhkan kewaspadaan tinggi saat melintasinya karena tingginya risiko kecelakaan di jalan-jalan tersebut. Baik karena kondisi topografi alam ataupun faktor-faktor lainnya yang tidak dapat dijelaskan.

Bagaikan ‘jalan neraka’, begitulah kira-kira julukan yang dapat menggambarkan betapa mengerikan dan berbahayanya beberapa ruas jalan yang ada di Indonesia ini. Berikut adalah 5 kelok jalan paling mengerikan yang memiliki tingkat kecelakaan tertinggi di Indonesia.

  1. Tanjakan Sitinjau Lauik, Padang
5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia
Perlu Tingkat Kewaspadaan Ekstra Saat Melalui Tanjakan Sitinjau Laut, Padang

Jalan yang satu ini mungkin sudah sangat terkenal di Indonesia. Banyak penggendara yang ciut nyalinya ketika harus melewati kelok satu ini, terutama buat mereka yang gak terbiasa melahap jalur pendakian. Kelok Sitinjau Lauik sendiri menghubungkan Kota Padang dengan Solok di Sumatera Barat.

Dikenal juga dengan nama Kelok Panorama, jalur dengan tanjakan panjang dan berkelok ini memiliki tingkat kemiringan hingga 45 derajat, gak heran kalo jalur ini jadi salah satu jalan paling mengerikan di Indonesia. Apa lagi jalur ini banyak diisi oleh kendaraan-kendaraan besar dengan tonase yang berat. Bus atau truk bermuatan berat mogok saat pendakian jadi pemandangan sehari-hari di jalur Sitinjau Lauik.

2. Kelok 44, Sumatera barat

5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia
Pemandangan Indah Mengelilingi Area Kelok 44

Masih dari daerah Sumatera Barat, kelok satu ini menyerupai Jalan Stillwell yang berada di Tiongkok yang juga dikenal sebagai salah satu jalur paling berbahaya di dunia. Kelok 44 di Sumatera Barat mempunyai reputasi mengerikan karena memiliki tikungan tajam yang berbahaya.

Baca juga: Kangen Liburan di Tengah Pandemi? Cobain 5 Curug dekat Jakarta ini

Berada di kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kelok 44 menghubungkan Bukit tinggi dengan Maninjau. Meski dijuluki sebagai jalur tengkorak, pemandangan di sekitar Kelok 44 ternyata sangat mengagumkan. Para pengendara bakal disuguhi keindahan panorama Danau Maninjau yang terlihat jelas dari ketinggian.

3. Kelok Tanjakan Limbangan

5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia
Tanjakan Limbangan Jadi Salah Satu Jalur Dengan TIngkat Kecelakaan Tertinggi

Jalur berbahaya berikutnya datang dari Jawa Barat, tepatnya Garut. Tanjakan Limbangan termasuk jalan paling mengerikan karena kondisi jalurnya yang curam serta berliku. Tanjakan Limbangan berada di topografi tanjakan panjang yang cukup ekstrem serta kondisi jalurnya yang berliku membuat jarak pandang pengendara saat menyalip sangatlah pendek, hal tersebut menjadi salah satu pemicu tingginya angka kecelakaan di salah satu jalan paling mengerikan di Indonesia ini.

4. Jalur Cadas Pangeran

5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia
Selalu Waspada Saat Melalui Jalur Cadas Pangeran, Jawa Barat

Jalur mengerikan satu ini menghubungkan antara Bandung dan Sumedang. Berada di kawasan pegunungan Jalur Cadas Pangeran memiliki rute yang berkelok. Kalo kamu berencana untuk  melalui jalur ini, kamu haru benar-benar fokus saat mengemudi pasalnya akan ada banyak tikungan tajam yang akan kamu lalui.

Baca juga: Mau Road Trip? Jangan Lupa Bawa 4 Perlengkapan Ini

Selain disuguhi tikungan ekstrim kawasan ini juga kerap mengalami longsor. Perhatikan juga kecepatan kendaraanmu saat melalui jalur mengerikan ini, ada banyak kasus kendaraan masuk ke jurang karena kelalaian pengemudi yang memacu kendaraan terlalu cepat sehingga sulit dikendalikan dan harus berakhir dengan kecelakaan.

5. Jalur Lintas Tarutung

5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia
Siapkan Kantong Plastik Sebelum Melalui Jalur Lintas Tarutung

Kalo kamu ingin menuju Sibolga dari arah kota Medan, pasti pernah melewati jalur lintas Tarutung. Jalur ini tergolong cukup ekstrem karena memiliki banyak kelok alias tikungan. Bukan hanya jalurnya yang berliku, ruas jalan di Jalur Lintas Tarutung juga cenderung sempit. Jarak tiap-tiap kelokan pun bisa dibilang pendek, kalau kamu belum terbiasa mengemudi atau melintasi jalur seperti ini, siapkan kantong plastik untuk jaga-jaga kalau kamu mual dan muntah saat melaluinya.

Itu tadi daftar jalan paling mengerikan di Indonesia. Buat kamu yang suka berpetualang mungkin jalur-jalur berkelok di atas bisa kamu jadiin destinasi road trip kamu berikutnya. Tapi ingat sebelum berkendara ke jalur-jalur ekstrem, pastikan kondisi kendaraan dan fisikmu dalam keadaan prima. Selamat berpetualang!

Buat kamu yang lagi cari destinasi petualangan coba cek paket-paket wisata dari Pigijo di sini.

Baca Juga : Nusa Tenggara Barat Siap Masukan 5 Destinasi Wisata ke Zona Hijau

0 comments on “5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.