Puncak Becici
Local Experiences

6 Aktivitas di Puncak Becici Yogyakarta, Favorit Presiden Obama

Puncak Becici Yogyakarta adalah tempat ideal untuk menikmati keindahan senja yang berpulang.

Dari ketinggian pun, Yogyakarta tetap mengagumkan. Memandang ke arah bawah, kerlip lampu akan nampak mempesona. Mendongak ke langit, bintang gemintang seolah makin dekat menyapa. Maka benar saja, Puncak Becici Yogyakarta semakin ramai dikunjungi orang. Apalagi sekarang wisata alam di Yogyakarta ini buka sampai malam.

Lokasi Puncak Becici Yogyakarta

Puncak Becici Yogyakarta, Lokasi Puncak Becici
Lokasi Puncak Becici Yogyakarta.

Puncak Pinus Becici merupakan hamparan perbukitan yang banyak ditumbuhi pohon pinus. Objek wisata Puncak Becici terletak di wilayah di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya  berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Yogyakarta. Bila Kawanjo berangkat dari Malioboro, jarak Malioboro ke Puncak Becici hanya berjarak 23 km dengan waktu tempuh 44 menit.

Baca Juga : 6 Alasan ke Puncak Sosok Bantul Yogyakarta 

Jalan Menuju Puncak Becici Yogyakarta

Puncak Becici Yogyakarta, Jalan Menuju Puncak Becici
Jalan Menuju Puncak Becici Yogyakarta.

Untuk sampai ke objek wisata di Bantul ini rute yang paling mudah dari Yogyakarta adalah lewat jalur Jalan Imogiri timur. Perjalanan dimulai dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Dari perempatan terminal, lurus ke arah selatan menuju ke arah pemakaman raja Imogiri. 

Dari makam tersebut, lanjutkan perjalanan untuk naik dan melewati hutan pinus Mangunan, lurus saja. Temukan petunjuk menuju ke Puncak Becici yang ada di pinggir jalan. 

Sejarah Puncak Becici Yogyakarta

Puncak Becici Yogyakarta, Sejarah Puncak Becici
Sejarah Puncak Becici Yogyakarta.

Dengan luas 4,4 hektar dan tinggi 380 mdpl, wisata Puncak Becici Bantul masih termasuk dalam kawasan hutan pinus yang dikelola RPH Mangunan. Awalnya hutan pinus ini dikelola untuk menghasilkan getah sebagai bahan pembuatan terpentin dan gondorukem.

Seiring waktu, sekelompok masyarakat bertekad untuk menata sebaik mungkin hutan pinus di sekitar tempat tinggal mereka ini. Berbagai ornamen penunjang dipasang untuk mendukung hutan pinus di puncak ini menjadi sebuah destinasi wisata. Tak disangka, perjuangan mereka membuahkan hasil. Pengunjung berdatangan untuk menikmati keindahan wisata alam Puncak Becici. Bahkan yang paling spektakuler, wisata Bantul instagramable ini pernah dikunjungi Presiden Amerika ke-44, Barack Obama pada tahun 2017.

Penamaan Becici kabarnya diambil dari kata ambeg yang berarti diam dan kata suci. Berdasarkan legenda yang beredar, ada seseorang yang bertapa di puncak bukit sebelah barat hutan pinus. Di sini, orang sakti tersebut mendapatkan ketenangan dan kedamaian. Sehingga beliau berpesan agar dimakamkan di tempat tersebut bila kelak meninggal dunia. 

Dipercaya, orang sakti inilah pendiri desa Munthuk, Bantul, Yogyakarta. Dan di kawasan puncak Bukit Becici memang ada petilasan yang dipercaya merupakan makam sang pendiri. 

Baca Juga : Yang Istimewa dari Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta 2023

Aktivitas Menarik di Puncak Becici Yogyakarta

Puncak Becici Yogyakarta, Aktivitas Menarik di Puncak Becici
Aktivitas Menarik di Puncak Becici

Puncak Becici adalah tempat ideal untuk menikmati keindahan senja yang berpulang. Langit terang yang perlahan menjadi gelap, membawa suasana syahdu nan romantis. Apa yang disaksikan wisatawan dari Puncak Becici bisa didapat bila naik ke gardu pandang. Ornamen yang eksotik ini menempel di pohon-pohon pinus. Kawanjo juga bisa melihat dari pinggir pagar pengaman, gazebo, atau tempat duduk yang tersedia.

Bila langit cerah, Candi Prambanan dan Gunung Merapi akan nampak dari kejauhan. Dengan angin sepoi-sepoi beraroma daun pinus, suasana akan sangat nyaman dan menyenangkan.

Selain menikmati pemandangan, di Puncak Becici Kawanjo juga bisa:

  1. Trekking atau Hiking
Puncak Becici Yogyakarta, Trekking atau Hiking Puncak Becici
Trekking atau Hiking Puncak Becici

Karena berada di ketinggian, Kawanjo harus mendaki ke puncaknya. Sembari berolahraga, Kawanjo bisa melihat pemandangan sekitar yang akan memompa semangat dan menghapus putus asa.

Rasa capek dan lelah kemudian akan hilang setelah sampai di tujuan utama, yaitu puncak Becici. 

  1. Hunting foto

Selesai mengedarkan pandangan untuk mendulang kebahagiaan, jangan lupakan membingkai kenangan. Kawanjo bisa memotret pemandangan yang tersaji ataupun berswa foto sepuasnya. Sebab di Puncak Becici terdapat ornamen selfie yang bikin tertarik. 

Adapun spot foto yang ada di Puncak Becici seperti Gardu Pandang, Rumah Jamur, Rumah Marsupilami, Taman Cinta,  hammock di antara pohon pinus, dan lainnya. Semua bisa digunakan Kawanjo untuk berfoto tanpa biaya.

  1. Camping
Puncak Becici Yogyakarta, Camping Puncak Becici
Camping Puncak Becici

Bila ingin menikmati keadaan alam di Puncak Becici Yogyakarta lebih lama, Kawanjo bisa memutuskan untuk menginap di tenda alias camping.  Pengelola menyediakan tenda-tenda untuk disewa dan melengkapi fasilitas menginap. Seperti toilet, warung, dan mushola.

  1. Outbound

Ingin sedikit mengasah adrenalin? Coba outbound di Puncak Becici. Pengelola menyediakan beberapa paket dengan jenis permainan dan harga yang berbeda. 

Rasa gentar mencoba permainan akan terkikis dengan hawa segar hutan pinus. Juga keelokan pemandangan sekitar. 

  1. Jeep Tour

Selain dengan berjalan kaki, Kawanjo juga bisa mengelilingi Puncak Becici sambil naik Jeep. Ada komunitas Jeep lokal yang akan mengantarkan sesuai pilihan rute. Besarnya biaya tambahan yang dibayarkan tergantung panjang rute. Yaitu short, medium, atau long trip.

  1. Family Gathering

Banyak pengunjung Puncak Becici yang datang bersama keluarga. Mereka membawa makanan dan minuman untuk dimakan bersama di alam terbuka. Piknik jadi mengasyikkan dengan udara yang segar dan panorama yang menyejukkan mata. 

Bila Kawanjo menghendaki kegiatan bersama seperti acara kantor ataupun family gathering di dalam ruangan, tenang saja. Pengelola Puncak Becici menyediakan ruangan khusus. Lengkap dengan live music performance, acara Kawanjo akan lebih berkesan.

Baca Juga : 3 Hidden Gem di Yogyakarta: Indah, Damai, dan Tenteram!

Tiket Masuk Puncak Becici
Puncak Becici Yogyakarta, Tiket Masuk Puncak Becici
Tiket Masuk Puncak Becici

Ternyata, segala pesona alam Puncak Hutan Pinus Becici bisa dinikmati dengan harga yang sangat ramah di kantong. Kawanjo hanya harus membayar Rp. 5000 untuk masuk kawasan hutan. 

Yogyakarta memang selalu menyuguhkan wisata alam yang menakjubkan. Banyak daerah yang memiliki pemandangan nan elok. Salah satunya adalah Puncak Becici di Bantul. Recommended untuk para pemburu senja, pendamba kehangatan keluarga, ataupun hunting foto untuk Instagram. 

0 comments on “6 Aktivitas di Puncak Becici Yogyakarta, Favorit Presiden Obama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.