wisata Hidden Gem di Yogyakarta
Local Experiences

3 Hidden Gem di Yogyakarta: Indah, Damai, dan Tenteram!

Wisata di Kota Pelajar gitu-gitu aja? Cobain hidden gem di Yogyakarta berikut ini

Yogyakarta  jadi tujuan wisata para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Sebab provinsi ini memiliki segudang tempat menarik untuk dikunjungi. Sebagian dari mereka telah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Sebagian lagi menjadi hidden gem di Yogyakarta. Alias surga tersembunyi yang belum banyak dikunjungi orang.

Bagi mereka yang ingin mencari ketenangan dalam berwisata, hidden gem di Yogyakarta ini bisa menjadi pilihan. Berikut adalah pilihanya:

  1. Air Terjun Luweng Sampang
Hidden Gem di Yogyakarta Air Terjun Luweng Sampang
Hidden Gem di Yogyakarta Air Terjun Luweng Sampang

Ternyata Yogyakarta juga memiliki Grand Canyon. Tepatnya bernama Air Terjun Luweng Sampang. Sama – sama memiliki pesona air terjun yang dikelilingi dengan tebing dengan relief yang cantik. Hidden gem di Yogyakarta ini berada di Desa Sampang, Gedang Sari, Gunung Kidul.

Baca Juga : Wisata Lembah Tepus, Air Terjun Bertingkat di Bogor

Sejak berada di jalan awal menuju lokasi, Kawanjo akan disuguhi bebatuan eksotis. Dengan latar belakang pemandangan desa Sampang yang hijau dan asri. Dari tempat parkir tersedia jalur trekking berupa anak tangga yang sudah rapi. Lebar dan tidak curam dengan posisinya yang menurun.

Sesampainya di area air terjun, mata akan takjub dengan pemandangan yang ada. Sebuah air yang terjun dari ketinggian diapit oleh tebing batu  berelief. Karena Luweng Sampang ini disebut sebagai air terjun musiman, derasnya air tergantung pada musim yang berlangsung. Bila musim kemarau maka debit air akan kecil dan sebaliknya akan terjadi pada musim penghujan.

Kondisi musim juga berpengaruh pada kedalaman kolam tempat penampungan air terjun. Namun sekalipun musim hujan, berendam di kolam air terjun Luweng Sampang masih aman. Airnya yang kebiruan membuat nyaman bermain air sepuasnya.

Namun bila tak ingin berbasah – basah, Kawanjo juga bisa bermain di batu – batu besar dekat kolam.  Atau bisa juga mampir di taman dekat air terjun. Taman ini dilengkapi spot foto dengan latar pemandangan yang indah. Ada juga gazebo tempat bersantai atau melepas penat.

  1. Bukit Pengilon
Hidden Gem di Yogyakarta Bukit Pengilon
Hidden Gem di Yogyakarta Bukit Pengilon

Hidden gem di Yogyakarta selanjutnya adalah bukit Pengilon. Sebuah tempat unik yang merupakan bukit dengan hamparan rumput hijau. Bukit ini terletak di kaki Gunung Purba Batur di ketinggian yang berbatasan langsung dengan pantai.

Baca Juga : ni nih, Rekomendasi Wisata Instagramable di Bukittinggi

Dari Bukit Pengilon, Kawanjo bisa menikmati keindahan pantai yang berjajar di sekelilingnya. Seperti Pantai Banyunibo, Pantai Watu Lumbung, Pantai Wediombo, dan Pantai Siung. Tak cukup hanya mengedarkan pandang sambil duduk diam. Bukit Pengilon menawarkan sensasi trekking sejauh 1,5 km untuk menggapainya. Jangan khawatir jenuh, asal tanpa keluh, pemandangan tetap jadi kawan yang setia menghapus peluh.

Berlokasi di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Kawanjo juga bisa mendirikan tenda di sini. Ya, camping di hamparan rumput yang nyaman dengan suguhan lukisan alam sungguh menyenangkan. Disarankan untuk membawa peralatan camping sendiri. Sebab di sekitar bukit Pengilon belum tersedia persewaan peralatan berkemah.

Bisa jadi karena belum banyak dijamah orang, membuat Bukit Pengilon menjadi wisata murah meriah. Cukup membayar sebesar Rp 5.000 saja ditambah biaua parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk roda empat, Kawanjo sudah bisa mengeksplorasi keindahan hidden gem di Yogyakarta ini.

  1. Watu Giring
Hidden Gem di Yogyakarta Watu Giring
Hidden Gem di Yogyakarta Watu Giring

Hidden gem adalah surga tersembunyi. Begitu juga Watu Giring yang  terletak di Jelok, Sambirejo, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Berada di sana akan membuat diri terpana dengan tatanan batu yang artistik.

Baca Juga : Wisata Gunung Galunggung, Sensasi Naik 620 Anak Tangga

Objek satu ini sebenarnya merupakan bekas galian tambang batu gamping yang sudah tidak beroperasi lagi. Entah sengaja atau tidak, penggalian meninggalkan jejak berupa batu yang bertingkat – tingkat seperti anak tangga. Dari kejauhan penampakannya mirip bangunan candi kuno. Batu – batu kecil pun membentuk ornamen anak tangga. Sehingga mirip kompleks candi yang terlihat eksotik.

Akan menjadi lebih bermakna bila apa yang dinikmati bisa dibingkai dalam potret kenangan. Siapkan pose terbaik dengan outfit keren untuk mengabadikan eksotisme Watu Giring. Keberadaan taman bunga yang diupayakan karang taruna daerah setempat juga bisa jadi tambahan inspirasi foto konten karya Kawanjo.

Pemandangan di Watu Giring lebih fantastis saat matahari terbit dan tenggelam. Suasana syahdu akan menambah ketenangan dan kehangatan. Potret keindahan langit fajar dan senja pun bisa mejeng dengan chic di media sosial.

Cukup membayar seikhlasnya ditambah biaya parkir, Kawanjo bisa menikmati segala sensasi di Watu Giring. Selain itu, akses yang mudah untuk masuk ke dalamnya pun jadi pertimbangan berulang kali berwisata ke sini.

Keindahan surga tersembunyi menjadikan sebuah tempat lebih tenang dan damai. Namun tak sembarangan, hidden gem di Yogyakarta bisa jadi pilihan yang tepat untuk wisata. Dibalik ketenangan dan belum tenarnya objek – objek di atas, ternyata pesonanya luar biasa. Pantas untuk segera dikunjungi liburan mendatang!

0 comments on “3 Hidden Gem di Yogyakarta: Indah, Damai, dan Tenteram!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.