Wisata di Gunung Galunggung
Local Experiences

Wisata Gunung Galunggung, Sensasi Naik 620 Anak Tangga

Nikmati kesegaran alam Tasikmalaya lewat wisata Gunung Galunggung. Pemandangannya dijamin kece!

Gunung Galunggung berdiri megah di kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Gunung api dengan ketinggian 2.168 mdpl ini terletak kurang lebih 17 km dari pusat kota. Menjelajahi gunung ini akan memberi pengalaman menarik, yang bisa jadi kebanggaan tersendiri. Wisata Gunung Galunggung ini jelas bisa masuk ke dalam wishlist yang bisa dituju untuk liburan mendatang.

Menaklukkan Gunung Galunggung memang butuh effort. Sebagaimana dengan gunung api lainnya bila ingin sampai di puncaknya. Namun semua lelah akan terbayar dengan beragam daya tarik di bagian gunung tersendiri.

Ragam wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Wisata Gunung Galunggung
Ragam wisata di Gunung Galunggung

Gunung api ini masih aktif. Letusan terakhir adalah pada tahun 1982. Meski begitu, pesona gunung ini masih mampu menarik kedatangan wisatawan.

Baca Juga : Wisata di Rute Mesastila 100 2022, Lari Lintas 5 Gunung yang Ngeri-ngeri Sedap

Melihat posisi geografis yang cukup strategis, memiliki kekhasan dari kondisi alamnya, wisata di Gunung Galunggung harus dicoba!

Berikut adalah daftar wisata yang ada di atas Gunung Galunggung:

  1. Tangga eksotik
Wisata Gunung Galunggung
Tangga eksotik

Untuk mencapai puncak Galunggung, terdapat sebuah tangga yang eksotik. Kawanjo tinggal menyusuri tangga dengan melintasi 620 anak tangga berwarna kuning atau 500 anak tangga biru.

Baca Juga : Penuh Pesona, 2 Spot Utama Wisata di Pulau Kabaena Sulawesi Tenggara

Bila capek tak ada salahnya untuk beristirahat. Berhenti sebentar sambil menikmati pemandangan perbukitan hijau yang terbentang mampu menghapus lelah yang ada. Saat siang memang pemandangan khas pegunungan bisa nampak jelas. Sedangkan bila Kawanjo melintas di malam hari, view kerlap – kerlip lampu yang berpadu dengan langit gelap adalah panorama yang tak kalah eksotik.

  1. Danau kawah
Wisata Gunung Galunggung
danau kawah

Setelah sampai di puncak, segala lelah akan terbayar oleh keindahan alam yang tersaji. Sebagaimana diketahui, gunung Galunggung memiliki dua puncak. Yaitu puncak Dinding Ari dan Puncak Beuticanar. Keduanya dapat dicapai dengan cara mendaki melalui jalur yang tersedia.

Baca Juga : Sukses Benerin Feeling di 3 Wisata Danau di Batanghari Jambi

 Seketika sampai di puncak, Kawanjo akan dibuat takjub dengan keindahan kawah gunung. Kabut yang menyelimuti menambah daya tarik tersendiri. Di sini Kawanjo bisa menikmati pemandangan dengan duduk santai. Tak ada salahnya untuk mengambil beberapa gambar guna mengabadikan momen.

Di bibir kawah, banyak pengunjung yang mendirikan tenda dan berkemah di sini. Bila Kawanjo ingin tinggal lebih lama, bisa bergabung bersama mereka.

  1. Pemandian air panas
Wisata Gunung Galunggung
Pemandian air panas, wisata Gunung Galunggung

Objek wisata Gunung Galunggung selanjutnya adalah pemandian air panas yang biasa disebut dengan Cipanas Galunggung. Di sini terdapat beberapa kolam untuk berendam.

Baca Juga : Koleksi Air Terjun Wisata Mojokerto

Kolam air panas di gunung biasanya mengandung beberapa zat khusus. Semisal belerang yang bisa digunakan untuk terapi kesehatan.

  1. Curug Agung Galunggung
Wisata Gunung Galunggung
Curug Agung Galunggung

Wisata Gunung Galunggung memiliki setidaknya tujuh Curug atau air terjun. Salah satunya adalah Curug Agung Galunggung. Dengan tinggi 80 meter, air terjun ini sangat indah dinikmati. Menjadikannya background foto pun jadi ide menarik.

Baca Juga : Koleksi Cerita Seru Lewat Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Saat malam hari, lampu LED dipasang di sekitar air terjun. Sehingga pemandangan jadi unik dan menarik.

  1. Viewdeck Galunggung
Wisata Gunung Galunggung
Viewdeck Galunggung

Untuk lebih memanjakan pengunjung, pengelola wisata Gunung Galunggung memperbarui viewdeck di bibir kawah. Supaya lebih aman dan nyaman saat menikmati keindahan alam, Kawanjo bisa naik ke sini.

Baca Juga : Sudahi Sedihmu, Yuk Ngetrip ke Gunung Prau!

Dari atas viewdeck, Kawanjo bisa melihat pemandangan kota Tasikmalaya dari ketinggian. Lampu – lampu rumah di desa akan menghiasi bila malam tiba. Saat siang pun sama indahnya. Bentang alam hijau dan asri pun bisa dinikmati.

Jangan lupa ambil foto dengan membelakangi lukisan alam gunung Galunggung dan kota Tasikmalaya dari viewdeck kayu ini, ya!

Wisata Gunung Galunggung ternyata memberi kepuasan tersendiri. Tak perlu keahlian hiking khusus, cukup menaiki tangga yang eksotik. Bila lelah itu pasti, ketika sampai di puncak, Kawanjo tak perlu gelisah. Karena seketika akan disuguhi panorama yang memikat hati.

0 comments on “Wisata Gunung Galunggung, Sensasi Naik 620 Anak Tangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.