Koleksi Air Terjun Wisata Mojokerto
Local Experiences

Koleksi Air Terjun Wisata Mojokerto

Wisata Mojokerto didominasi oleh air terjun. Wisata alam ini tersebar di beberapa wilayah Mojokerto. Kesemuanya memiliki potensi keindahan alam dan kejernihan air. Dengan berada di sana, kebahagiaan akan didapatkan.

Siapa sangka, Mojokerto memiliki banyak air terjun sebagai tempat wisata tujuan liburan. Kota di dekat Surabaya ini memiliki destinasi wisata air alami  yang tersebar di beberapa wilayahnya. Sebagian di antaranya masuk ke daftar wisata Mojokerto terbaru. 

Ketika berada di lokasi wisata ini, suara derasnya air yang turun dari ketinggian seolah terdengar seperti orkestra alam. Udara segar menyentuh kulit, menyadarkan supaya segera hirup dengan organ pernafasan. Agar terbawa ke dalam aliran darah menuju otak. Maka, seketika tenanglah hati dan pikiran. Kemudian, saatnya indera penglihatan ikut mengedarkan sasaran. Alam yang terpampang seolah menarik dua simpul bibir di wajah. Senyum terkembang, tanda sedih hilang tergantikan rasa senang yang datang.  

Maka, hanya bagi Kawanjo yang ingin makin bahagia, mengunjungi wisata air terjun Mojokerto adalah pilihan tepat. 

Beberapa air terjun di Mojokerto terletak di Pacet. Di sana sebenarnya juga terdapat beberapa spot wisata viral di Mojokerto. Untuk kali ini, kita telusuri satu persatu wisata air terjun Pacet Mojokerto. Yaitu:

1. Air Terjun Coban Canggu-Pacet

Koleksi Air Terjun Wisata Mojokerto
Air Terjun Coban Canggu

Dengan tinggi 80 km dari permukaan  laut, air terjun ini sungguh memesona. Apalagi dengan suguhan penampilan panorama yang menyedapkan mata. Tebing yang mengapit aliran airnya pun nampak kokoh dengan beragam tumbuhan yang menyelimuti.

Sebagai catatan, di Coban Canggu ini titik pusat terjunnya air tidak bisa digunakan berenang. Karena pusarannya sangat kuat. Namun jangan khawatir, ada pagar sebagai batas aman. Area kolam di luar pagar yang lainpun masih bisa digunakan berenang, bermain air, atau sekedar berendam.

Tahu tidak. Wisata Mojokerto Pacet ini memiliki mitos menarik. Yaitu bagi siapa yang berendam di kolam air terjun Coban Canggu akan awet muda. Bagi yang belum menikah, juga akan segera mendapatkan jodoh. 

Baca juga : Destinasi Wisata Ranu Manduro, Mojokerto

Percaya tidak percaya, yang jelas, berwisata di sini memang membuat tubuh lebih bugar. Dengan menaiki 200 anak tangga untuk menuju air terjun, raga kita akan terlatih. Peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga kulit nampak lebih segar. Ditambah dengan pemandangan alam dan perumahan penduduk di sekitar, akan mampu memunculkan kebahagiaan tersendiri. Nah, dengan merasa bahagia, penampilan pun akan semakin cemerlang.

Pemandian Air Panas Padusan

Di dekat air terjun Coban Canggu, juga terdapat kolam air panas Padusan. Dengan ‘view’ hutan pinus yang eksotik, berendam di sana mampu menghilangkan lelah dalam fisik juga pikiran. 

Kandungan belerang dan sulfur dalam sumber mata air juga dipercaya mampu menyehatkan badan. 

2. Air Terjun Watu Lumpang-Pacet

Air Terjun Watu Lumpang
Air Terjun Watu Lumpang

Masih di daerah Pacet Mojokerto, ada air terjun unik. Air terjun ini memiliki dua aliran untuk sampai ke bawah dan menyatu lagi. Setiap aliran membentuk kelokan-kelokan karena harus melewati tebing batu yang cadas.

Wisata Mojokerto Pacet hits 2022 ini terletak dalam wilayah Taman Hutan Rakyat (Tahura).  Letaknya di dekat bawah lereng gunung Welirang. Karena itu udaranya segar dan pemandangan sekitarnya asri. Membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

3. Air Terjun Surodadu-Pacet

Air Terjun Surodadu
Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu menambah satu lagi tujuan wisata Mojokerto Pacet. Keunikan tempat wisata alam ini adalah adanya dua air terjun yang berdekatan. Sebutlah air terjun besar dan kecil.

Air terjun besar yang memiliki ketinggian 15 meter ini terletak di tengah hutan bambu dusun Mligi, Pacet. Airnya bersumber dari gunung Welirang. Sehingga selalu terjaga kejernihan airnya. 

Sedangkan keberadaan air terjun mini lebih mirip pada sebuah taman. Ketinggiannya hanya 3 meter dan membentuk kolam yang setinggi hanya selutut orang dewasa. Di dekatnya terdapat gazebo yang tak hanya berfungsi untuk tempat istirahat pengunjung, namun juga sebagai penambah estetika.

Air terjun ini juga merupakan tempat wisata favorit bagi penduduk sekitar dan wisatawan dari luar daerah. Sebab untuk menuju ke lokasi, tidak perlu berjalan jauh. Hanya 100 meter dari tempat parkir untuk menjangkau air terjun mini. Sedangkan jarak dari air terjun mini ke air terjun besar hanya 50 meter masuk ke dalam.

4. Air Terjun Grenjengan-Pacet

Air Terjun Grejegan
Air Terjun Grenjengan

Masih tentang wisata Mojokerto Pacet, ada air terjun yang diberi nama Grenjengan. Airnya juga bersumber dari gunung Welirang. Sehingga sama- sama punya keunggulan berupa air yang jernih. 

Selain menikmati air terjun setinggi 40 meter, pengunjung juga bisa ‘healing’ dengan melihat pemandangan sekitar yang cantik. 

Baca juga : the real healing tempat wisata di nusa penida Bali

Salah satunya adalah kebun bunga dengan gazebo-gazebo yang menarik. Pas untuk melakukan swa foto di sana. Anak-anak pun akan senang dengan adanya rusa yang berjalan bebas di sekitar kebun. Bahkan mereka bisa memberi makan hewan ini. 

Selain itu, di dekat air terjun juga tersedia lahan untuk berkemah, outbond, juga paintball. Paintball adalah permainan perang dengan senjata pistol berpelurunya berupa cairan cat yang aman.   

5. Air Terjun Kembar Watu Ondo-Pacet 

Air Terjun Kembar Watu Ondo
Air Terjun Kembar Watu Ondo

Merupakan dua air terjun yang berdekatan. Keduanya memiliki tebing tempat aliran air yang bertingkat-tingkat seperti anak tangga. Dengan tinggi 15 meter dan 69 meter, dua air terjun ini dapat dinikmati di tengah hutan rakyat  Raden Soerjo. 

Di sana juga menyediakan fasilitas camping, outbond, dan panjat tebing. Pun ada beberapa spot swa foto yang instragammable. Seperti taman berbentuk hati atau berfoto bersama monyet yang bebas berkeliaran di hutan.

Baca juga : Wisata Bantul Yogyakarta yang hist dan instagrammable

 Letak air terjun kembar Watu Ondo ini di pinggir jalan, sehingga mudah diakses. Lebih tepatnya di Sumber Brantas, Bumiaji, Pacet. Dekat dengan perbatasan Batu dan Mojokerto. Juga pemandian air panas Cangar.

6. Air Terjun buatan di Ubalan Water Park-Pacet

Koleksi Air Terjun Wisata Mojokerto
Air Terjun Buatan di Ubalan Water Park

Tak hanya yang asli, di Pacet juga ada air terjun buatan yang menarik minat wisatawan. Tepatnya di Ubalan Water Park Pacet. Dengan panorama sekeliling yang mengagumkan, tempat ini cocok untuk refreshing.

Selain itu, wisata terkini Mojokerto Pacet ini sangat memanjakan pengunjungnya, terutama yang gemar berenang dan berendam. Karena ada beberapa pilihan kolam renang dengan fasilitas masing-masing. 

Ada wahana dengan bak air tumpah, atau kolam busa dengan seluncuran dan roda putar. Ada pula kolam relaksasi untuk pengunjung dewasa.

Atau ingin mengelilingi kolam dengan bebek kayuh? Tenang, ada kok!

Nah setelah puas bermain air, Ubalan Water Park juga menyediakan spot foto yang instagramable. Seperti kapal dan rumah Hobbit, kelinci lucu di film Lord of The Ring.

7. Air Terjun Dlundung-Trawas

Air Terjun Dlundung
Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung ini terletak di daerah lereng gunung Welirang. Tepatnya di Desa Kemloko Kecamatan Trawas Mojokerto.

Sebab itu, air terjun ini memiliki air yang jernih dan pemandangan sekitar yang menenangkan.

Selain berwisata air, di sini juga digunakan sebagai bumi perkemahan. Biasanya dipakai untuk camping seru bersama keluarga.

Baca juga : Tidur di bawah gemerlap bintang di Jamun Sunrise Spot Poncokusumo Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Lokasi Air Terjun Dlundung juga digunakan sebagai bumi perkemahan. Biasanya lebih sering dipakai untuk menikmati camping ceria bersama keluarga. 

8. Air Terjun Duyung Hills- Trawas

Air Terjun Duyung Hills
Air Terjun Duyung Hills

Puas menikmati air terjun, area wistaa Mojokerto Trawas ini juga memiliki banyak spot instragamable. Seperti di frame love, ayunan gardu pandang, payung warna-warni, papan nama bertuliskan “Duyung Trawas Hill”, dan sky bike.

Baca juga : 4 air terjun terindah di Indonesia

Di dalam wisata kekinian Mojokerto ini juga ada kolam renang, arena outbond, dan taman bermain anak. Di sekitar sini pula, banyak penginapan yang ditawarkan.  

Nah, ternyata kota kecil seperti Mojokerto Jawa timur ini memiliki banyak potensi alam. Terutama air terjun untuk wisata kekinian. Kawanjo tinggal pilih hendak ke mana saja. Untuk sampai di kota yang terkenal memiliki banyak bukti keagungan kerajaan Majapahit ini, butuh waktu 3 jam jika berangkat dari kota Surabaya.

1 comment on “Koleksi Air Terjun Wisata Mojokerto

  1. Ini keren sekali. Ga nyangka ada di Mojokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.