Ini Dia 6 Wisata Bantul Yogyakarta yang Hits dan 'Instagrammable'!
Local Experiences

Ini Dia 6 Wisata Bantul Yogyakarta yang Hits dan ‘Instagrammable’!

Butuh liburan untuk menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk kota? Maka wisata terbaru di Bantul Yogyakarta ini bisa menjadi destinasi menarik yang hits dan instagrammable

Aktivitas pekerjaan terutama di perkotaan membuat orang jadi rawan stres bahkan burn out. Sehingga sekarang banyak agenda healing untuk mengusir kepenatan. Nah,  liburan menjadi pilihan  menyegarkan jiwa raga dari hiruk pikuk kota. Jangan khawatir, ada banyak tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah wisata Bantul Yogyakarta.  

Seperti yang kita tahu, wisata di Yogyakarta sangat beragam dan Kota Bantul salah satunya. Kota yang memiliki semboyan pembangunan Projotamansari, singkatan dari Produktif, Profesional, Ijo royo royo, Tertib, Aman, Sehat, dan Asri ini, memiliki berbagai wisata alam. Karena memang pesona lukisan Tuhan di sana banyak yang mengundang decak kagum. Tak pelak jika destinasi wisata di Bantul banyak dikunjungi wisatawan lokal dan internasional . 

Baca juga: Serunya melukis kerajinan kayu di Krebet Bantul dalam rangkaian paket wisata Fajar Senja Pigijo

Pantai Parangtritis di Bantul Yogyakarta adalah salah satu obyek wisata terkenal sampai di dunia internasional sejak dulu. Sehingga sudah banyak yang mengunjungi pantai dengan panorama senja menawan ini. Namun seiring perkembangan jaman, muncul berbagai macam tempat wisata hits di Bantul. Lengkap dengan spot foto yang instagrammable. Apa sajakah itu? Simak rekomendasi Minjo, ya! 

  1. Pantai Pandansari

Berbicara mengenai pantai memang tidak ada habisnya. Karena Yogyakarta memiliki sejumlah pantai yang sangat unik dan memesona. 

Salah satu tempat wisata pantai terbaru di Bantul adalah Pantai Pandansari. Pantai ini sangat istimewa karena  satu-satunya yang memiliki mercusuar cukup tinggi.  Untuk naik ke puncak, Kawanjo bisa menaiki anak tangga. Lelah yang terasa akan terbayar dengan hamparan pemandangan yang bisa dilihat dari ketinggian. Yaitu deretan pantai yang juga menjadi tujuan wisata, bernama Pantai Samas, Pantai Kuwaru, Pantai  Gua Cemara, dan Pantai Pandansimo.

Banyaknya pohon cemara di pantai ini juga bisa menjadi spot foto menarik.  Dengan paduan pasir berwarna hitam dan air laut berwarna biru, Kawanjo akan mendapatkan hasil foto yang super keren dan instagrammable.

Pantai Pandansari terletak di desa Wonoroto, kecamatan Gadingsari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Butuh waktu sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. 

  1.  Hutan Pinus Pengger

Hutan pinus Pengger di Bantul Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri. Yang pertama, wisata Bantul Yogyakarta ini  menyuguhkan panorama khas hutan pinus yang menakjubkan. Beberapa jenis dari ratusan pohon tumbuh menjulang di sini. Aroma khas pinus yang terombang-ambing angin menjadi semacam aromatherapy. Membuat pengunjung menjadi semakin rileks, sembari mengedarkan pandang ke arah  perbukitan dan barisan pepohonan.

Daya tarik hutan Pinus Pengger selanjutnya adalah pada fasilitas berfoto. Ada banyak ragam spot untuk mengabadikan kenangan selain pemandangan asli alam di sana. 

Ya, berkat kreativitas pengelola dan masyarakat sekitar, obyek wisata di kawasan hutan Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta ini sekarang memiliki berbagai spot foto yang kekinian dan instagrammable. Mulai dari hammock yang bertumpuk, jembatan kayu, hingga tangan raksasa. Tangan raksasa yang dimaksud adalah replika tangan manusia, dibuat dari ranting pohon pinus yang diikat rapi.

Ada juga rumah pohon dan bingkai raksasa berbagai bentuk. Dimana Kawanjo tinggal berpose maksimal di sana. Ohya, jika ingin menggunakan jasa fotografer profesional, Kawanjo tinggal membayar sewa dan hasil fotonya. 

Baca juga: Pilihan lain tempat Wisata Yogyakarta yang Cocok untuk Selfie

  1. Curug Pulosari

Untuk menuju Curug Pulosari harus menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit dari pusat kota Yogyakarta. Lokasinya sendiri terletak di Krebet, Sendangsari, Bantul. Tempatnya yang cukup terpencil membuat wisata Bantul Yogyakarta ini masih sedikit yang mengunjungi. Namun karena hal inilah, keaslian  alamnya masih terjaga. Sangat pas menjadikannya sebagai obyek foto panorama ataupun human interest.

Curug atau air terjun kecil ini terletak di tengah hutan. Menampilkan air terjun sebening kristal yang dikelilingi pepohonan rindang dan udara segar untuk bernafas, tempat satu ini memastikan pengunjung untuk melepas penat dan mendengarkan suara gemericik air juga kicauan burung.

  1. Celosia Rejowinangun Garden

Mengunjungi wisata Bantul tidak lengkap bila belum singgah ke taman bunga. Ya, wisata Bantul Yogyakarta ini memiliki destinasi taman bunga bernama Celosia Rejowinangun Garden. Taman ini menyuguhkan aneka warna cantik bunga Celosia. Di sana juga terdapat jenis bunga lain seperti bunga matahari.

Berada di kawasan Srigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta, wisata hits ini sangat populer dengan spot fotonya yang instagrammable. Baik itu dengan warna-warni bunga Celosianya maupun dengan beberapa properti yang sengaja disediakan. Seperti ayunan, sepeda hias, becak hias, dan bangku di tengah kebun.

Baca juga: Tempat Wisata untuk Berburu Sunset di Yogyakarta

  1. Goa Jepang

Jangan salah, berwisata ke tempat-tempat bersejarah di Indonesia sangatlah penting. Contohnya adalah dengan berkunjung ke Gua Jepang yang memiliki sejarah panjang. 

Gua yang terletak di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul Yogyakarta ini dulunya merupakan tempat persembunyian tentara Jepang. Mereka juga menyimpan persenjataan juga akomodasi di sini. Dari satu gua, di dalamnya dibangun cabang-cabang yang membentuk lorong. Setiap lorong dihubungkan dengan jalan berparit.

Sebagai tempat wisata, kini gua Jepang menyuguhkan suasana alam yang unik. Gua di tengah gunung ini bisa menjadi spot foto yang eksotis sekaligus tempat melepas pandangan ke arah lautan Samudera Hindia. 

  1. Bukit Panguk Kediwung

Wisata Bantul Yogyakarta selanjutnya adalah Bukit Panguk Kediwung. Dengan latar belakang pemandangan pegunungan, hutan dan perbukitan, kenangan berwisata ke tempat ini akan semakin lengkap bahkan sulit terlupakan.

Bukit Panguk Kediwung yang terletak  di Dusun Kediwung, sangat dekat dengan wisata kebun buah Mangunan ini menyuguhkan panorama matahari terbit yang mempesona.  Apalagi dengan adanya kabut yang menyelimuti area bukit.

Karena keindahan alam di sini inilah, banyak orang yang berburu foto. Beberapa spot foto bahkan menimbulkan antrian. Adapun spot foto yang disajikan sebagian besar menghadap ke tebing dan berhadapan langsung dengan hutan.

Sayangnya beberapa spot foto yang dihadirkan oleh wisata Bantul ini berbayar, jadi Kawanjo harus menyiapkan budget khusus untuk mengabadikan momen tersebut.

Ya, di atas adalah enam wisata Bantul Yogyakarta terbaru yang bisa Kawanjo kunjungi. Setiap tempat memiliki keunikan tersendiri, yang memberikan pengalaman berkesan dalam liburan Kawanjo sekalian. Selamat berlibur!

Berkelana dengan kata-kata || Menebar guna lewat hamparan frasa

0 comments on “Ini Dia 6 Wisata Bantul Yogyakarta yang Hits dan ‘Instagrammable’!

Leave a Reply

Your email address will not be published.