Berburu Sunset Sambil Ngabuburit, di Yogyakarta Aja!
Local Experiences

Berburu Sunset Sambil Ngabuburit, di Yogyakarta Aja!

Yogyakarta juga terkenal dengan tempat wisatanya. Ngabuburit sambil menikmati sunset jadi pilihan tepat yang bisa dilakukan di Yogyakarta. Pilihlah rekomendasi tempat wisata dengan pesona sunset yang indah, untuk ngabuburit selama Ramadhan

Minjo yakin. Sebagai pecinta travelling sejati, Kawanjo pasti punya target pergi ke tempat-tempat wisata di Yogyakarta. Mengunjungi tempat wisata hits di Yogyakarta memberi rasa tersendiri untuk pengalaman travelling Kawanjo.

Kota ini memang terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang istimewa di Indonesia. Yogyakarta kental dengan budaya Jawa yang luhur, kuliner tradisional yang khas, kekayaan alam yang asri, dan masyarakatnya yang ramah. Maka pantaslah jika provinsi ini memiliki label Daerah Istimewa.

Berhubung masih dalam naungan bulan Ramadhan, elok kiranya berwisata di Yogyakarta dalam rangka mengisi waktu berpuasa. Terutama guna menanti waktu berbuka, sambil memandang lukisan langit senja. Karena banyak tempat wisata di Yogyakarta yang menyuguhkan indahnya panorama matahari terbenam alias sunset. 

Momen ngabuburit dan berbuka pun menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

Lalu, Yogyakarta sebelah manakah yang bisa kita kunjungi untuk ngabuburit asyik sambil menikmati sunset di waktu senja?

Tempat Tinggi

Yogya memiliki landskap yang didominasi perbukitan dan dataran tinggi. Berkat kreativitas penduduknya, jadilah destinasi wisata yang mengunggulkan kontur ketinggian daerahnya.

Setidaknya ada enam rekomendasi tempat wisata Yogyakarta yang tinggi. Berada di sana menjadi pilihan tepat untuk menikmati sunset lebih dekat.

Yang pertama adalah Puncak Becici Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Momen paling menarik adalah pemandangan saat matahari tenggelam yang dibarengi dengan nyala lampu dari rumah-rumah penduduk di Yogyakarta. 

Kedua adalah puncak Suroloyo Bantul yang memberi sensasi berada di puncak kota. Karena memang posisinya ada di titik paling tinggi Perbukitan Menoreh. Jika cuaca cerah dan keberuntungan datang, Kawanjo bisa melihat penampakan Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Merapi dari sini.

Ada lagi namanya puncak Paralayang Watugupit atau bukit Parang Endog yang bisa melihat panorama sunset pantai Parangtritis dari atas. Kawanjo juga bisa menyewa paralayang untuk sensasi ketinggian maksimal. 

Selanjutnya adalah  puncak Kayangan Purwosari Gunung kidul yang berada di atas bukit dan langsung menghadap ke arah pantai. Di sana tersedia beragam properti unik yang menunjang swa foto. Maka, menjadikan langit senja sebagai latar belakang pose Kawanjo adalah pilihan pas. 

Sama-sama menyediakan properti foto unik, tempat untuk menikmati sunset dari ketinggian Yogyakarta selanjutnya adalah Pintoe Langit Dahromo. Letaknya di Dlingo, Kabupaten Bantul dekat dengan hutan Pinus Pengger.  Tak hanya saat menjelang malam, Kawanjo sebenarnya juga bisa mengeksplorasi gaya berfoto sepanjang hari. Cobalah mengambil momen di salah satu properti yang menjadi ikon utama, yaitu pintu dan piano. 

Berburu Sunset Sambil Ngabuburit, di Yogyakarta Aja!
Menggunakan properti pintu di ketinggian dengan latar belakang sunset

Pilihan terakhir untuk menikmati sunset dari ketinggian adalah Bukit Bintang di kawasan tempat wisata Gunung kidul Yogyakarta. Di sana Kawanjo bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta, termasuk sunset yang istimewa di senja hari. Jika berada di sini saat terang, juga mengasyikkan. Karena Kawanjo bisa menatap Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Baca juga: Alternatif selain wisata kuliner di Yogyakarta, Menunggu Sunset adalah Salah satu Kegiatan Anti Mainstream

Pantai

Ada banyak pilihan tempat wisata pantai di Yogyakarta yang memiliki pesona senja luar biasa. Namun kali ini Minjo akan menjelaskan beberapa diantaranya.

Pertama, Kawanjo tahulah pasti dengan pantai Parangtritis. Meskipun terkenal karena cerita mistis, pantai berpasir hitam ini merupakan tempat menikmati sunset terbaik di Yogyakarta. Di sana Kawanjo bisa menunggu matahari terbenam dengan menyusuri pantai. Sambil berjalan kaki atau naik motor roda empat (ATV). Kawanjo juga bisa bermain layang layang.

Satu lagi yang tak kalah menarik adalah pantai Glagah di desa Temon, Kulon Progo. Di pemecah ombaknya,  ada tulisan “Pantai Glagah Indah”. Dari sana, Kawanjo bisa menatap secara langsung, paduan indah langit senja dan laut biru.  Sangat pas untuk foto konten akun media sosial Kawanjo. 

Pantai Glagah ini juga terkenal karena pasirnya yang berwarna hitam dan didominasi pasir besi.  Di sana pengunjung bisa menyewa ATV, sampan, atau berburu foto dengan ragam background alam yang instagrammable. Nah, ketika waktu berbuka akan tiba, jangan khawatir. Ada banyak penjual makanan di sana. Kawanjo tinggal pilih sesuai selera. Mulai dari olahan seafood hingga makanan khas pantai glagah, rempeyek undur-undur laut. Hmm…. Kawanjo bisa menyantapnya bareng dengan minuman kelapa muda.

Sebenarnya ada banyak  pantai lain yang menyuguhkan sunset indah, selain Parangtritis dan Glagah. Di Yogyakarta, Kawanjo juga bisa mengunjungi pantai Indrayanti dan Pantai Sundak Timur.

HeHa Ocean View

Nah, spot menikmati sunset sambil ngabuburit terakhir adalah tempat ini. Yaitu tempat wisata hits di Yogyakarta, sebagai gabungan dari pantai dan tempat ketinggian. Karena tempat wisata terbaru di Yogyakarta ini menampilkan pemandangan sunset laut selatan dari tepi tebing. Unik bukan?

Berburu Sunset Sambil Ngabuburit, di Yogyakarta Aja!
Spot foto di HeHa Ocean View, tempat wisata hits di Yogyakarta

Heha Ocean View Yogyakarta menjadi surganya penggemar foto  dengan background sunset dan lainnya. Karena tempat yang masih satu manajemen dengan Heha Sky view ini memberikan banyak spot foto.

Baca juga: Nge-Trip ke Destinasi Wisata Yogyakarta yang Cocok untuk Selfie

Kawanjo tinggal memilih dari daftar spot yang ada. Kemudian membayar tiket masuknya. Di setiap spot foto sudah menyediakan fotografer profesional. Nah, jika Kawanjo mau menyalin file foto, tinggal membayar lima ribu lagi pada sang fotografer.

Itulah pilihan menikmati senja sambil menanti berbuka di Yogyakarta. Tepat kiranya jika nuansa istimewa ini seolah jadi hadiah untuk usaha berpuasa seharian. 

Ada juga pilihan dari Minjo untuk berada di kota ini, mulai dari fajar hingga senja. Cobalah baca di sini:

Paket Fajar dan Senja di Yogyakarta dari Pigijo selama 2 hari 1 malam

—-

Bagaikan mawar merekah merah

Indahnya langit mentari tenggelam  

Berwisata asyik di pantai Glagah

Bikin semangat puasa tak jadi padam

Berkelana dengan kata-kata || Menebar guna lewat hamparan frasa

0 comments on “Berburu Sunset Sambil Ngabuburit, di Yogyakarta Aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.