Mengenal Air Nira, Bahan Baku Khas Kampung Lahang
Local Experiences

Mengenal Air Nira, Bahan Baku Khas Kampung Lahang

Mulai dari menghilangkan dahaga hingga membuat badan kebal virus, cek berbagai manfaat Air Nira di sini!

Air Nira adalah cairan yang berasal dari Pohon Kawung. Manis dan menyegarkan, dua kata tersebut sangat pantas untuk menggambarkan rasa air nira. Kalau Kawanjo campur dengan es batu pada saat cuaca panas, air nira bisa menjadi opsi penghilang dahagamu. Tidak hanya itu, olahan dari air nira ini juga banyak lho! Contohnya seperti gula aren, gula bubuk, peueut, tuak, dan masih banyak lagi. 

Air nira kerap disebut ‘air lahang’ oleh masyarakat Sunda, khususnya yang berada di Kampung Lahang, Sukabumi. Air yang mengandung gula, vitamin, protein, mineral, karbohidrat, fosfor, kalsium, saponin, dan sukrosa ini cocok untuk kalian yang ingin mengembalikan tenaga dan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Jadi, tak hanya menyegarkan, air nira juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti meredakan sakit perut, demam dan sembelit. Kandungan nutrisi dan serat dari air nira itulah yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, sehingga membuat kondisi badan terasa lebih bugar dan kebal terhadap virus. Tapi, air nira hanya dapat bertahan selama dua jam, lebih dari itu rasanya yang semula manis akan berubah menjadi seperti cuka dan tuak.

air nira, aren, pohon kawung, suku sunda, air lahang, kampung lahang, sukabumi, kawanjo, paket wisata, gula aren,
Air nira juga sangat segar dikonsumsi sebagai minuman. sumber: liputan6.com

Untuk mengumpulkan satu lodong air nira bisa memakan waktu sekitar 7-8 jam, maka dari itu, air nira biasa dipanen dua kali sehari: pagi dan sore. Jumlah hasil panen lahang tergantung pada tingkat kesuburan tanah dan perawatannya. Sebatang pohon kawung mampu bertahan selama puluhan tahun. Paling sedikit satu pohon kawung memiliki puluhan tangkai, tiap tangkainya mengeluarkan air nira tanpa henti selama tiga bulan hingga satu tahun. Tanda dari air nira yang siap panen terlihat dari bunga kawung yang mulai terlihat ungu kehitaman dan selanjutnya tangkai akan dipukul menggunakan alat pukul semacam palu yang terbuat dari kayu untuk mengeluarkan airnya.

air nira, aren, pohon kawung, suku sunda, air lahang, kampung lahang, sukabumi, kawanjo, paket wisata, gula aren,
Memanen air nira. sumber: riausky.com

Nah, itu dia beberapa informasi untuk Kawanjo tentang air nira atau yang biasa juga disebut air lahang. Kalau kamu penasaran dan pengen ngerasain langsung rasa manis dari Air Nira, itu tandanya kamu harus datang ke Kampung Lahang di Sukabumi. Jangan bingung, Pigijo punya paket wisatanya! Langsung aja cek di sini ya Kawanjo.

0 comments on “Mengenal Air Nira, Bahan Baku Khas Kampung Lahang

Leave a Reply

Your email address will not be published.