6 Tempat Wisata Keluarga Depok, Urutan ke-5 Punya Hewan Raksasa
Lifestyle Local Experiences

6 Tempat Wisata Keluarga Depok, Urutan ke-5 Punya Hewan Raksasa

Depok memiliki destinasi wisata keluarga yang menarik. Mulai dari yang bernilai edukasi hingga religi. Mulai dari sisir sungai sampai berburu kuliner.

Menghabiskan waktu dengan berwisata keluarga sungguh membawa banyak manfaat. Suasana makin seru dan keakraban antar anggota keluarga pun terjalin. Terdapat beberapa wisata keluarga Depok Jawa Barat yang wajib dikunjungi  selama di kota ini. 

1. D’Kandang Amazing Farm

dkandang farm
D’Kandang Amazing Farm

Tahukah kamu, di Depok ada tempat wisata yang cocok sekali untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Objek wisata ini awal mulanya merupakan sebuah peternakan, namun kini berubah menjadi tempat wisata rekreasi sekaligus edukasi D’Kandang Amazing Farm. Sangat pas untuk wisata keluarga.

Di area edukasi, pengunjung bisa terlibat langsung dalam beternak, yaitu dengan memberi makan ayam, kelinci, dan kambing.

Selain itu pengunjung juga bisa memerah susu dengan instruksi dari ahli. Susu hasil perah bisa dibawa pulang, lho! Namun sebelum meninggalkan wisata keluarga Depok ini, tak ada salahnya untuk mencoba asyiknya menunggang kerbau.

Asyik berinteraksi dengan hewan, pengunjung juga bisa merasakan sensasi bercocok tanam dan memanen beberapa macam sayuran. 

Itu tadi di zona edukasi. Di zona kreasi beda lagi. Karena di sana pengunjung akan terlibat dalam kreasi pembuatan kokedama dan boneka potty. Ada juga melukis kaos dan layangan. Serta membuat kreasi dari tanah liat dan topi caping. Seru banget!

Terakhir, wisata Depok ini juga memiliki fasilitas outbond seperti flying fox, ATV, dan memanah.

Baca juga : Rekomendasi destinasi wisata di Jawa Barat

Segera kunjungi D Kandang Family Farm yang letaknya di Wisata ini terletak di Jalan Penarikan RT 07/02, Pasir Putih, Sawangan, Depok.  

2. Masjid Kubah Emas

masjid kubah emas
Masjid Kubah Emas

Benar kiranya jika masjid peninggalan Dian Al Mahri ini masuk ke dalam kategori masjid mewah di Asia tenggara. Sebab, pusat peribadatan umat Islam yang dibangun sesuai wasiat ibu Dian Al Mahri sebelum meninggal dunia ini, memang istimewa.

Baca juga : Masjid unik di Malang yang katanya dibangun jin, benarkah?

Satu kubah utama dan empat kubah kecil masjid ini berlapis emas berkadar 24 karat. Sedangkan enam menaranya dengan tinggi 40 meter berlapis granit warna abu-abu. Sungguh nampak menakjubkan!

Di dalam masjid tak kalah mewah. Ornamen-ornamen interiornya bergaya khas masjid di Timur Tengah. Saat mendongak, akan terlihat lukisan kaligrafi yang indah, juga lampu gantung dari kuningan yang dilapisi emas. Beratnya sampai 2,7 ton. Mewah sekali!

Masjid yang terletak di daerah Meruyung, Limo, Depok ini saking luasnya, mampu menampung 20.000 jamaah. Nah, karena kelebihannya ini, masjid ini tak hanya dikunjungi orang yang ingin beribadah. Namun juga karena alasan penasaran serta berfoto untuk mengabadikan kenangan.

3. Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI
Studio Alam TVRI

Jangan bayangkan di sana berisi gedung-gedung. Karena di wisata keluarga Depok ini justru memfokuskan pada area outdoor yang menyajikan keindahan alam. Dulunya, tempat wisata ini adalah lokasi taping untuk program TVRI, yang kini disulap menjadi tempat wisata alam. 

Lokasi wisata hits Depok yang terletak di  Jalan Raden Saleh No. 90, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat ini menyuguhkan berbagai pilihan aktivitas rekreasi di luar ruangan. Seperti jogging track, menjajal sepeda air di Situ Sido Mukti, berpiknik, bahkan berkemah. Uniknya, pengunjung bisa melihat kuda dan kerbau yang dibiarkan berjalan- jalan bebas di sana.

Selain itu, di Studio Alam TVRI ini juga tersedia arena untuk outbond dan olahraga tenis. Pengunjung juga bisa melihat beberapa properti syuting yang sengaja ditaruh sebagai fasilitas wisata.

4. Agrowisata Belimbing Dewa 

Belimbing
Agrowisata Belimbing Dewa

Depok disebut juga kota Belimbing. Sebab kota ini membudidayakan buah yang memiliki penampang berbentuk bintang  tersebut. Awalnya di setiap kecamatan di Kabupaten Depok harus memiliki satu kebun belimbing. Namun sekarang, semua kebun terpusat di sepanjang jalan Pasir Putih. Ada pohon belimbing di tiap-tiap rumah-rumah penduduk. 

Di tempat wisata Depok ini, pengunjung bisa memetik belimbing besar dengan rasa segar dan enak. Selain buah belimbing segar, agrowisata ini juga menjual berbagai produk olahan. Seperti sirup, dodol, dan manisan.

5. Godong Ijo

godong ijo
Godong Ijo

Dengan mengusung konsep hutan di tengah kota, tempat wisata di Depok ini banyak digemari untuk berkunjung bersama keluarga. Pasalnya terdapat beraneka ragam fasilitas yang bisa dieksplorasi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Poin yang dikembangkan Godong Ijo adalah tempat edukasi dan tempat rekreasi.

Baca juga : Rekreasi dan belajar histori di kota pahlawan, Wisata Surabaya hits

Di sini, suasana teduh akan terasa. Karena banyak sekali tumbuhan yang ditempatkan sesuai jenisnya. Ada zona tumbuhan langka, zona tumbuhan pangan, zona buah, zona obat, zona rempah, dan zona industri. Ada pula vertical garden, sebuah cara menanam beberapa tanaman yang disusun dari bawah ke  atas. Pengunjung juga akan diajak untuk praktek menanam.

Wahana selanjutnya adalah belajar tentang hewan. Godong Ijo memiliki beberapa koleksi satwa langka berukuran raksasa seperti ular, iguana, ikan ganas dan kura-kura, di mana pengunjung bisa melihat gerak-geriknya. 

Selanjutnya, pengunjung bisa mengikuti aktivitas tangkap belut dan memancing. 

Selain mengembangkan wahana edukasi, fasilitas Godong Ijo lainnya berupa taman bermain dan hall untuk pertemuan.

Nah, jika sudah lelah serta lapar, tak perlu khawatir. Karena sebenarnya Godong ijo memadukan sensasi wisata dan kuliner. Maka, segeralah menuju pusat kuliner Godong Ijo Depok untuk mendapatkan makanan-makanan istimewa. Seperti aneka lalapan sambal timbel.

Untuk rekreasi, di sana terdapat banyak wahana 

6. Situ Rawa Besar

Situ Rawa Besar
Situ Rawa Besar

Bosan berkeliling mal? Coba deh berkunjung ke wisata alam. Tepatnya di Situ Rawa Besar Depok ini. Lokasinya dekat dengan pusat kota. Sehingga menjadikannya lebih mudah diakses. 

Pepohonan  yang  rindang dan air yang terjaga kebersihannya, membuat pengunjung tergoda untuk berhenti sejenak di tengah  keriuhan lalu lalang kota. Angin sepoi-sepoi akan membantu menenangkan diri, sembari duduk menatap danau. 

Puas bersantai, cobalah untuk naik perahu. Sensasi berbeda akan terasa saat menyusuri situ yang berhasil menghapus kesan kumuh pada dirinya ini.  

Kebahagiaan yang terpancar dari wajah-wajah keluarga saat berwisata, membawa aura positif untuk diri sendiri. Otomatis, jiwa ikut hepi. Beruntung kota Depok memiliki tempat wisata keluarga andalan yang bisa jadi pilihan saat liburan.

0 comments on “6 Tempat Wisata Keluarga Depok, Urutan ke-5 Punya Hewan Raksasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.