6 Rekomendasi Wisata Surabaya Hits dan Menarik 2022, Rekreasi dan Belajar Histori
Local Experiences

6 Rekomendasi Wisata Surabaya Hits dan Menarik 2022, Rekreasi dan Belajar Histori

Surabaya Kota Pahlawan kental dengan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Nilai historis ini kemudian menjadi kelebihan untuk mengembangkan wisata hits Surabaya. Dengan upaya pembaruan dan ide kreatif lainnya, beberapa tempat di Surabaya yang melegenda sekarang jadi destinasi wisata Indonesia yang mendunia dan kekinian.

Peristiwa heroik Bung Tomo merobek bendera Belanda pada 10 November 1945 sangat lekat dengan  Surabaya. Namun, tak hanya momen bersejarah tersebut, wisata Surabaya hits juga membuat kota ini menjadi semakin terkenal. 

Sampai masa menjelang libur lebaran 2022 kali ini, banyak tempat wisata di Surabaya kota Pahlawan yang baru ataupun diperbarui. Akan tetapi, Kesemuanya itu siap memberi sensasi rekreasi maupun edukasi.

Tempat Wisata Surabaya yang Hits sepanjang massa

Yuk simak baik-baik, supaya bisa masuk semua dalam daftar destinasi wisata di Surabaya yang terdekat dan wajib dikunjungi.

1. Tugu Pahlawan

6 Rekomendasi Wisata Surabaya Hits dan Menarik 2022, Rekreasi dan Belajar Histori
Tugu Pahlawan.

Tak kalah melegenda, rekomendasi wisata Surabaya hits selanjutnya adalah Tugu Pahlawan. Monumen ini merupakan ikon kota Surabaya yang sangat terkenal. 

Bangunan menjulang ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang rindang, cocok untuk tempat bersantai setelah puas berkeliling kota.

Tugu Pahlawan sendiri sudah berdiri sejak masa penjajahan Belanda. Namun, supaya dapat terus lestari, pemerintah kota setempat kemudian merawat tempat bersejarah ini dengan baik. Hingga dapat dinikmati penduduk ataupun pelancong sebagai tempat wisata tanpa biaya. Tidak hanya itu, Anda tidak akan dikenakan biaya jika berkunjung ke tempat bersejarah ini.

2. Museum 10 November

6 Rekomendasi Wisata Surabaya Hits dan Menarik 2022, Rekreasi dan Belajar Histori
Museum 10 November.

Jika ingin mengetahui bagaimana rakyat Surabaya melawan penjajah pada 10 November 1945,  museum ini adalah tempat yang paling tepat. Museum 10 November akan menunjukkan bukti sejarah perjuangan para pahlawan tersebut.

Di museum yang terletak di jalan Pahlawan, satu lokasi dengan Tugu Pahlawan. Para pengunjung bisa melihat foto dan lukisan saat masa penjajahan.  Ada juga barang koleksi dan bukti perjuangan Bung Tomo serta perlengkapan perang rakyat Surabaya. Sungguh tempat wisata ini pantas untuk dijadikan wisata edukasi. 

Tempat Wisata Surabaya terbaru yang lagi Hits

Tak tanggung-tanggung memang, wisata hits Surabaya terbaru yang satu ini memberikan banyak pilihan.

3. Alun-alun Surabaya

alun-alun surabaya,
Alun-alun Surabaya.

Tak hanya untuk berekreasi, namun  juga berkreasi dan menambah gizi. Dengan tanpa biaya alias gratis, alun-alun Surabaya memiliki kelebihan yaitu berupa ruangan bawah tanah.

Di alun-alun bawah tanah ini, pengunjung dapat menikmati berbagai hasil kreasi seniman Surabaya. Seperti lukisan dan foto. Di sana juga memberikan kesempatan untuk pertunjukan seni peran dan seni musik. 

Bagi penyuka permainan skateboard, bisa melakukannya di sini juga. Sensasi unik muncul sebab tempatnya yang berada di dalam ruangan. Dengan pencahayaan cukup serta dinding berhiaskan lukisan mural, aktivitas menantang adrenalin ini jadi pilihan mengasyikkan.

Ketika lapar melanda, waktunya kulineran.  Di dalam tanah pun, pengunjung bisa berburu makanan khas Surabaya di sentra UMKM. Selain produk makanan, stand yang tersedia juga menawarkan hasil kerajinan kota Pahlawan ini.

Sebagai upaya mengontrol jumlah pengunjung, pemerintah kota menerapkan aturan pemesanan tiket secara online melalui tiketwisata.surabaya.go.id. Jangan lupa pilih hari dan jam kedatangan.

Nah, apabila tidak kebagian tiket masuk ke area bawah tanah, masih ada cara untuk berwisata di sini. Salah satunya adalah dengan menikmati paduan gaya vintage  dan modern dari bangunan Balai Pemuda. Bisa dengan sekedar melayangkan pandangan atau dengan ber-swa foto di sekitar tempat bersejarah tersebut.

Baca juga: Anti Hujan, Berikut Wisata Indoor di Bandung Mulai dari Game Zone, Selfie Spot, Hingga Sport Area

4. Wisata Perahu Kalimas 

6 Rekomendasi Wisata Surabaya Hits dan Menarik 2022, Rekreasi dan Belajar Histori
Wisata Perahu Kalimas

Sungai tertua di Surabaya adalah Kalimas. Dulunya disebut dengan nama Kali Surabaya. Sungai terbesar dan membelah kota Surabaya ini ternyata dulunya berkelok-kelok. Hingga pada tahun 1743, pemerintah kolonial Belanda mengubah rutenya menjadi lurus hingga berakhir di laut.

Sebenarnya, wisata perahu menyusuri Sungai Kalimas sudah ada sebelumnya. Namun, untuk pengembangan pariwisata kota Surabaya, diupayakanlah rute yang lebih panjang. Selama naik perahu, akan terlihat bangunan bersejarah di sekeliling sungai. Seperti Monumen Kapal Selam, Jembatan Merah, Jembatan Peneleh, Monumen Panglima Besar, dan patung Surabaya.

Baca Juga : Wisata selain pantai di Bangli Bali

Dengan memaksimalkan penggunaan Sungai Kalimas sebagai obyek wisata, akan menjadi motivasi penduduk sekitar untuk menjaga kebersihan dan keindahannya. Pun dengan menunjukkan pada penyewa perahu beberapa tempat wisata di Surabaya, diharapkan bisa mengoptimalkan potensi wisata kota. 

5. Romansa Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan
Jalan Tunjungan.

Jalan Tunjungan di Surabaya ini juga merupakan bukti sejarah perjuangan tahun 1945. Sekarang, salah satu jalan utama kota Surabaya ini menjadi semakin ramai.

Tidak hanya karena kendaraan bermotor yang melintas, namun juga karena dikembangkannya lokasi sepanjang jalan menjadi tempat wisata hits Surabaya.

Mengusung konsep Heritage, pengunjung bisa memarkir kendaraan di enam titik lahan parkir kemudian menyusuri jalan. Di sana sudah menunggu tampilan menarik para seniman dan deretan stand UMKM Surabaya. 

Tak hanya itu, rute wisata memang sengaja diatur untuk melewati beberapa destinasi wisata Surabaya lainnya. Seperti Museum Siola dan kampung budaya Ketandan. Dari sana bisa pula didapati tempat nongkrong dan sejumlah spot foto yang instagramable.

Tak perlu jauh ke Yogyakarta, cukup melintas di sini saja, pengunjung akan merasakan nuansa seperti berada Malioboro yang menarik.

Baca juga: Wisata Bantul Yogyakarta yang Hits dan Instagrammable

Rekomendasi Wisata di Surabaya untuk Edukasi dan Keluarga

Ada banyak referensi lokasi untuk edukasi seperti informasi museum di tulisan awal di atas. Selain itu, yang sering jadi tujuan rekreasi siswa dan wisatawan lokal adalah KBS (Kebun Binatang Surabaya).

6. Kebun Binatang Surabaya

Wisata Surabaya Hits 2022, wisata kbs surabaya, keeper cantik KBS surabaya
Wisata Surabaya Hits 2022
Sumber : IG @kebunbinatangsurabaya

Demi pelayanan, tempat wisata kbs Surabaya yang selalu ramai dan diminati para pengunjung ini selalu melakukan inovasi sejak dulu. Seperti fasilitas terbarunya saat ini adalah cycling track. Jadi pengunjung bisa mengelilingi kawasan dengan mengendarai sepeda. 

Kebun binatang Surabaya (KBS) selalu menjadi andalan tujuan berekreasi sekaligus mendapatkan edukasi. Wisata Surabaya hits ini berada di pusat kota, sehingga selalu ramai di setiap harinya. Jangan salah, kebun binatang Surabaya merupakan salah satu yang tertua di Indonesia.

Hanya dengan  harga tiket  sebesar 15.000 rupiah, pengunjung bisa melihat berbagai hewan di dalamnya. Ada 220-an spesies dan 2200 lebih jenis satwa yang hidup di sana. Tak pelak, Kebun Binatang Surabaya ini pernah menjadi yang terbesar di Asia tenggara. Oleh karena keberagaman koleksi satwanya, tempat ini berfungsi sebagai konservasi dan observasi para peneliti.  Lokasinya berada di Jalan Setail, Darmo, Wonokromo, Surabaya

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi wisata Surabaya hits di atas? Bila iya, jangan lupa nikmati pesona tempat-tempat di atas dengan segudang sejarah masa lalu di dalamnya. Selamat berlibur! Tetap sehat dan bahagia, ya!

Baca juga: Paket wisata Mengelilingi Kota Surabaya

0 comments on “6 Rekomendasi Wisata Surabaya Hits dan Menarik 2022, Rekreasi dan Belajar Histori

Leave a Reply

Your email address will not be published.