Tempat Unik di Bangli, untuk Wisata Bali Selain ke Pantai
Local Experiences

Tempat Unik di Bangli, untuk Wisata Bali Selain ke Pantai

Tak hanya pantai yang menjadi daya tarik pariwisata di Bali. Bangli yang berbeda dari kota lainnya di Bali, bisa membuktikan hal itu. Anti mainstream, Bangli sendiri yang tidak memiliki pantai atau berbatasan dengan laut. Namun, dengan potensi alam dan keluhuran budaya, Bangli tetap bisa jadi tempat wisata yang mendunia.  

Jika ditanya, destinasi wisata Indonesia yang mendunia dan banyak dikunjungi turis, kebanyakan akan menjawab Bali. Pada umumnya pula, pasti menyebutkan jenis wisata air sebagai unggulan pariwisata Pulau Dewata ini. Seperti pantai dan laut. Lalu bagaimana dengan daerah di Bali yang terletak jauh dari laut?

Adalah Bangli, satu-satunya kabupaten di Provinsi Bali yang berada di tengah. Tidak memiliki atau tidak berbatasan dengan laut. Letaknya dikelilingi oleh  kabupaten-kabupaten lainnya. Sehingga Bangli tidak memiliki pantai sama sekali. Unik, berbeda dengan ‘saudara-saudara’ lainnya. 

Lalu, apakah pariwisata di sana lesu? Tidak ada obyek wisata yang bisa dikunjungi?

Tenang saja. Bukan Bali namanya jika tidak bisa jadi magnet pengunjung wisata di Indonesia. Daerah Bangli masih memiliki pesona alam selain pantai dan laut. Sebut saja, wisata dataran tinggi, air terjun, danau, hingga budaya. Kesemuanya ternyata juga berhasil menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun internasional. Meskipun bukan wisata pantai dan laut. 

Baca juga: Siap Berwisata di Pulau Dewata dengan Kulit Menawan

Keelokan alam dan keberagaman budaya di Bangli lah yang bisa menjadi destinasi wisata unik dan anti mainstream.

1. Gunung Batur dan Museum Geopark Batur

Tempat Unik di Bangli, untuk Wisata Bali Selain ke Pantai
Menatap sunrise dari puncak Gunung Batur.

Jika ingin mendaki, Gunung Batur adalah pilihan pas. Apalagi untuk pendaki pemula. Karena tidak setinggi gunung Agung yang ada di Pulau Bali juga. Jalan untuk menuju puncaknya pun tidak seekstrim gunung lainnya. Cukup bersih dari rimbunnya semak dan pepohonan. Lokasi pendakian ini terletak di Desa Kintamani. Jika sudah sampai di puncak gunung, hamparan panorama sekitar akan menghibur pandangan dan pikiran. Apalagi jika ada di sana saat matahari terbit.

Gunung Batur terkenal dengan kalderanya yang berwarna hitam. Tak hanya itu, gunung yang masih aktif dan selalu mengeluarkan asap ini juga merupakan geopark pertama di Indonesia, yaitu sejak 2012. Kemudian dibangunlah Museum Geopark pada 2016.

Di museum tersebut, pengunjung akan mendapatkan penjelasan rinci tentang sejarah gunung Batur serta replika mini kenampakan alam lainnya. Di sana juga dijelaskan tentang geologi, keanekaragaman hayati, dan budaya. 

Maka, museum yang terletak di jalan raya Penelokan, Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Bangli ini bisa jadi pilihan wisata edukasi keluarga.

2. Danau Batur

Tempat Unik di Bangli, untuk Wisata Bali Selain ke Pantai
View Danau Batur dari ketinggian.

Selain gunung dan museum, Batur juga terkenal dengan danaunya. Jika dilihat dari puncak Gunung Batur, akan nampak pesona danau ini. Terlihat bentuk permukaanya menyerupai bulan sabit. 

Namun, tak harus mendaki dulu, panorama di sekitar danau juga terlihat indah. Terutama airnya yang yg unik. Akibat dari lokasinya yang berada di wilayah gunung, airnya mengandung belerang. Hal ini menyebabkan warna airnya bisa berubah-ubah.

3. Kintamani Glamping Area

glamping, camping, glamourous

Inilah salah satu cara menikmati wisata di pulau Dewata tanpa harus ke pantai. Ya, di Kintamani, Bangli, terdapat berbagai pilihan glamping atau glamorous camping. Yaitu nenikmati pemandangan gunung Batur dan sekitarnya, dengan mendekatkan diri pada alam.

Ada pilihan di Kintamani seperti Sunrise Hill Camp yang memiliki fasilitas air panas alami. Ada juga Black Lava Camp yang bisa melihat gunung Batur dari jendela tenda. Kemudian ada pula pilihan tenda berbentuk igloo di Igloo Camp daerah Songan. Yang terakhir adalah menikmati tenda berbentuk gelembung semi transparan di Pulestis Camp. Dimana pengunjung bisa merasa tidur di bawah langit berbintang.

Baca juga: Sama-sama Wisata Alam, Berikut ini Beda Camping dan Glamping untuk Pilihan Berkemah Anda!

4. Pura Tirta Sudamala

Tempat Unik di Bangli, untuk Wisata Bali Selain ke Pantai
Wellness trip juga bisa jadi pilihan.

Pulau Dewata kental dengan ritual peribadatan umat Hindu dan Budha. Tak heran, banyak pura sebagai tempat beribadah di sana. Salah satu pura di Bangli yang bernama Tirta Sudamala menjadi tempat wisata yang menarik. Di sana suasana spiritual sangat terasa, karena memang digunakan oleh penduduk sekitar untuk beribadah setiap harinya. Di pura yang terletak di Desa Bebalang ini terdapat sebelas pancuran. Pancuran tersebut bersumber dari pohon Banut besar. Banyak pengunjung yang mempercayai jika air dari sini dapat menghilangkan aura buruk di dalam diri. 

5. Pemandian Air Panas Toyo Bungkah

Tempat Unik di Bangli, untuk Wisata Bali Selain ke Pantai
Rileks di Permandian Air Panas Toyo Bungkah

Tak kalah menariknya dengan destinasi wisata di Bangli lainnya, pemandian air panas Toyo Bungkah juga bisa masuk ke list tempat wisata yang wajib dikunjungi. Dengan berendam di sumber panas alami, dipercaya bisa membuat tubuh jadi  lebih rileks. Apalagi dengan adanya kandungan belerang yang bisa menjadi obat untuk beberapa macam penyakit. Seperti penyakit kulit.

Selain bermanfaat untuk raga, berwisata di pemandian air panas Toyo Bungkah juga bisa menenangkan pikiran. Karena panorama alam di sekelilingnya sungguh menyejukkan hati.

6. Desa Panglipuran

penglipuran, desa wisata
Desa Penglipuran, desa terbersih di dunia

Di jaman sekarang, desa wisata  menjadi pilihan untuk menikmati potensi sebuah daerah. Di Bangli ada satu desa wisata bernama Desa Penglipuran. Daerah ini sudah mendunia sehingga banyak dikunjungi turis mancanegara maupun dari Indonesia saja. 

Daya tarik desa Penglipuran terletak pada cara masyarakat di sana menjaga keluhuran tradisi. Meskipun di tengah perkembangan jaman seperti sekarang.  Seperti hidup tetap hidup damai sesuai aturan adat istiadat dan menjaga kebersihan. Berkat ini, Desa Wisata Penglipuran mendapatkan beberapa penghargaan nasional dan internasional.

Selain menikmati budaya serta penampakan alamnya, pengunjung bisa juga menyewa penginapan. Bahkan ada juga fasilitas untuk menginap di rumah-rumah penduduk.

7. Anjungan Tukad Melangit

anjungan, melangit, tukad
Hunting foto estetik di Anjungan Tukad Melangit.

Spot wisata satu ini sedang hits di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Anjungan Tukad Melangit adalah destinasi wisata yang dipenuhi dengan hamparan hijau pepohonan subur.  Anjungannya sendiri dari kejauhan mirip dengan ujung perahu.

Terletak di Jehem, Kecamatan Tembuku, tempat wisata di Bangli ini cocok untuk menyegarkan pikiran dan mengabadikan kenangan. 

8. Air Terjun Pengibul

pengibul, bangli
Healing di Air Terjun Pengibul

Satu lagi destinasi wisata di Kabupaten Bangli yang kini menjadi primadona dikalangan wisatawan lokal maupun internasional, yakni Air Terjun Pengibul. Bagi para pecinta alam, air terjun yang satu ini jelas tidak boleh dilewatkan.

Menariknya, Air Terjun Pengibul merupakan air terjun bertingkat dan memiliki area kucuran yang secara alami membentuk kolam sehingga para pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai lokasi berenang. Dari area kolam ini, air akan terus mengalir ke bawah seperti air terjun.

Bukan sembarang air terjun, spot wisata satu ini sangat menarik. Air Terjun Pengibul merupakan air terjun yang bertingkat-tingkat. Setiap lokasi kucuran membentuk kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

Ditunjang dengan alam sekitar yang masih alami, air terjun yang terletak di Apuan, Susut, Bangli ini benar-benar bisa jadi daya tarik bagi wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara.

Itulah bukti betapa Bangli adalah anti mainstream city. Meski tanpa pantai, tetap bisa terkenal sampai ke seluruh dunia. Delapan tempat wisata di Bangli di atas adalah penyebabnya!

0 comments on “Tempat Unik di Bangli, untuk Wisata Bali Selain ke Pantai

Leave a Reply

Your email address will not be published.