curug hordeng, bogor, sentul, promo wisata, promo, jalan-jalan, bulan ramadan, ramadan, munggahan, pigijo, curug, cibaliung, leuwi lieuk, leuwi hejo, sentul, trekking, kampung lahang, adem, dingin, wisata dingin, Gunung Gede Pangrango, desa gedepangrango, bromo, bukit cinta, kawanjo, nusa penida barat, nusa penida, nusa penida timur, broken beach, angels billabong, crystal bay, kelingking beach, bali, pantai atuh, diamond beach, tree house, yogyakarta, paket wisata, promo wisata,
Lifestyle Local Experiences

Wisata di Nusa Penida Bali, The Real Healing Tempat Wisata

Nusa Penida adalah pulau tempat wisata di tenggara Bali, The Real Healing Tempat Wisata yang ada di Bali dan Indonesia

Sebagian orang menganggap, berwisata tidak termasuk healing jiwa. Bagai anak kecil yang menangis karena jatuh dan terluka, kemudian dibelikan es krim. Tangisannya memang berhenti. Namun, lukanya masih belum sembuh. Analogi inilah yang disamakan dengan healing dengan pergi ke tempat wisata. Simak tulisan Wisata di Nusa Penida Bali, The Real Healing Tempat Wisata.

Namun, hal ini bisa kawanjo sangkal ketika pergi ke Nusa Penida tempat wisata di Pulau Bali. Berwisata telah terbukti dengan banyaknya pengalaman, mampu menyegarkan pikiran dan menjadikan hati serta jiwa menjadi jernih kembali. 

Wisata ke Nusa Penida Bali

Nusa Penida adalah pulau tempat wisata di tenggara Bali. Di tempat yang terpisah dengan selat Bandung dari pulau utama Bali ini, menawarkan banyak sekali suguhan menarik. Maka tak salah jika kawanjo memutuskan healing di rangkaian tempat wisata di pulau Nusa Penida Bali.

Healing di sini merupakan wisata yang bertujuan untuk penyembuhan. Penyembuhan jiwa yang terasa bosan, burn out, dan stres karena aktivitas hidup yang padat. Baik itu di tempat kerja atau belajar maupun di rumah.

Baca Juga : Wisata bahari di Nusa Penida Bali

Wisata healing kebanyakan adalah tempat yang mempunyai suasana alam yang masih asri dan menenangkan. Udara di alam terbuka biasanya masih sejuk dan panorama yang disuguhkan membuat hati semakin tenang. Tempat wisata di Nusa Penida adalah pilihan tepat untuk itu.

Diharapkan sepulang dari berwisata, pikiran dan jiwa yang fresh membuat kawanjo lebih mudah menemukan solusi dari permasalahan hidup. Ini poin pentingnya. Setelah bersenang- senang di tempat, menenangkan diri di sana, ingatlah tujuan kawanjo. Ambil momen untuk merenung dan berkontemplasi, untuk mencari obat bagi jiwa dan pikiran yang sedang ‘sakit’.

Alasan pergi ke tempat wisata di pulau Nusa Penida Bali

Berikut adalah alasan Kawanjo pergi ke tempat wisata di pulau Nusa Penida Bali untuk healing dari luka kehidupan:

  1. Eksotisme pantai-pantai di Nusa Penida mampu membuat hati lapang dan tenang

Nusa Penida Bali mempunyai banyak pantai yang menarik. Panorama alam yang terlukis di sana berhasil membuat para pengunjung takjub akan kebesaran Tuhan. Begitu juga kawanjo pasti.  

Satu pantai unggulan di pulau Nusa adalah pantai Kelingking. Tak salah jika money.co.uk menobatkan pantai di selatan pulau Nusa Penida ini sebagai pantai paling instagrammable di dunia pada tahun 2021. 

Salah atau spot yang menarik di pantai Kelingking adalah bukit berbentuk seperti namanya. Dari atas sana Kawanjo bisa melihat perpaduan warna laut biru kehijauan dengan hamparan pasir putih. Mata yang menangkap keindahan lukisan alam ini mampu membuat jiwa makin tenang. Dengan duduk di tepi bukit Kawanjo bisa menyempatkan merenung sejenak, diiringi suara ombak yang menderu dari Pantai Kelingking ini.

Selain Kelingking, ada lagi pantai yang menjadi andalan tempat wisata di pulau Nusa Penida Bali. Misal Broken Beach, pantai yang berada di tengah tebing setinggi 50-200 meter. Air yang datang dari laut masuk melalui  terowongan pada tebing. Air yang jernih itu kemudian terperangkap di tengah tebing. 

Ada juga Angel Billabong, yang sebenarnya merupakan sungai dengan permukaan lebih tinggi dari bibir laut laut lepas.  Air yang jernih kebiruan, dilengkapi dengan kontur tebing yang unik, membuat kawanjo dapat memiliki foto yang keren. Untuk membingkai kenangan healing di tempat wisata pulau Nusa Penida. Sempatkan pula berendam sejenak, untuk melemaskan otot-otot di badan yang bisa jadi menegang karena beban berat di kepala.

Baca Juga : 5 Spot wisata di nusa penida barat

Satu pantai lagi adalah Crystal Beach. Sesuai dengan namanya, air di pantai ini memang sebening kristal. Dengan tambahan kemudahan akses untuk menuju ke sana, pantai ini menjadi tujuan yang tak boleh dilupakan saat berwisata ke Nusa Penida Bali

  1. Sensasi diving yang tak hanya menyehatkan raga namun juga membahagiakan jiwa

Nusa Penida terkenal sebagai tujuan wisata menyelam atau diving. Keelokan alam bawah laut yang lengkap dengan jernihnya air dan keragaman hayati menjadi alasannya. 

Hampir setiap sisi di pulau Nusa Penida Bali bisa menjadi tujuan menyelam atau diving. Kawanjo bisa memilihnya sesuai dengan ciri khas dan keunggulan masing-masing. Seperti apa keunikan dasar lautnya, hewan apa yang hidup di sana, hingga bagaimana kondisi arus air. 

Sebagaimana kawanjo ketahui. Menyelam sangat bagus sebagai olah raga, dimana peredaran darah bisa jadi lancar dan otot- otot yang menegang karena stress bisa mengendur. Maka selesai menyelam, Kawanjo akan lebih fresh badan dan pikirannya.

Ditambah lagi, wisata di pulau Nusa Penida Bali memberikan sensasi rasa dan emosi yang menakjubkan. Cobalah bagaimana Kawanjo bisa menikmati keindahan koral yang terjaga keasliannya, di Teluk Gamat. 

Atau jika Kawanjo ingin merasakan sensasi bersalipan dengan raksasa laut bernama Mola- mola, datanglah ke Crystal bay/ Teluk Kristal. Ikan berwajah ramah dengan gigi atas dan bawah menyatu seperti paruh burung beo ini  berdiameter sekitar tiga meter dan beratnya mencapai satu ton atau lebih. Dia berenang di tengah kejernihan air di Teluk Kristal. Sebagai catatan, arus di sini sangatlah kuat dan airnya dingin sekali. Jika kawanjo masih pemula dalam menyelam, lebih baik untuk melewati tempat ini, karena menyelam di Teluk Kristal direkomendasikan hanya untuk penyelam profesional.

Di Manta Point, Kawanjo bisa menyaksikan Pari Manta yang berseliweran. Bisa jadi mereka akan mengelilingi Kawanjo, sehingga disarankan bila menyelam dengan teman, abadikan lah momen ajaib ini. Supaya setelahnya Kawanjo bisa menceritakan kembali sensasi yang dirasakan.  

Masih banyak lagi spot menyelam yang menyuguhkan keindahan karang dan bebatuan warna-warni di dalam laut. Hewan-hewan yang unik dan menggemaskan juga menjadi suguhan di berbagai tempat. Didukung dengan air yang bersih dan jernih, Kawanjo bisa benar-benar merasakan sensasi tersendiri saat menyelam. 

Sekali lagi, pastikan kawanjo sudah melakukan persiapan sebelum terjun ke bawah laut. Seperti pemanasan sebelum berenang, peralatan yang sesuai, mencari tahu ciri khas spot  yang dituju, atau bahkan jika diperlukan, menyewa guide sebagai rekan di dalam laut. Jangan lupa pula mengabadikan untuk kenangan yang lebih abadi.

  1. Selesai menyelam atau berkeliling, ayo kuliner-an!

Sebagian besar orang menganggap makan sebagai healing. Jika stres atau penat, mereka akan makan sesuai keinginan dan sebanyak mereka mau. Apakah kawanjo termasuk dalam golongan ini? Jika iya, mumpung wisata di Nusa Penida, kawanjo bisa eksplorasi rasa di sini. Lengkap dong, ketika lapar menyerang seusai menyelam ataupun jalan-jalan, langsung menyantap makanan khas di daerah ini. 

Paket wisata Nusa Penida Bali

Ada contoh paket wisata Nusa Penida Bali yang dapat Anda temukan dalam produk layanan pigijo. bila ingin informasi lebih detail dapat cek di : Paket wisata Bali di Nusa Penida

Selain itu, Kawanjo bisa memilih tempat makan yang sesuai dengan kriteria, yaitu harga dan rasa. Banyak sekali tempat makan yang berada di sekitar kawasan wisata Nusa Penida. Ada olahan seafood hingga makanan tradisional yang khas. Harganya pun beragam. Mulai standar bintang lima hingga harga kaki lima.

Namun supaya tak merasa rugi saat meninggalkan Nusa Penida, Kawanjo bisa menyantap makanan-makanan khas yang lebih merakyat. Pertama adalah bubur Ledok. Bubur jagung  dengan campuran berbagai macam sayuran dan daun singkong. Diguyur dengan yang dibuat dengan rempah-rempah khas, hmmm… Nikmat! Sudah begitu, harganya murah dan banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan Nusa Penida.

Makanan khas pulau Nusa Penida Bali selanjutnya adalah Tipat Cantok yang mirip pecel. Karena menggunakan sayuran seperti kacang panjang, kecambah, dan kemangi, lalu ditambah bumbu kacang dengan rasa khas. Tipat sendiri berarti ketupat. Jadi makanan ini menggunakan ketupat sebagai ganti nasi.

Kemudian ada lagi sajian bernama Jukut-Jukut. Sup khas dari Nusa Penida Bali wajib kawanjo coba. Karena rasanya unik dan segar. Di dalamnya ada berbagai sayuran, seperti kacang merah, jagung, daun kelor, dan singkong. Dengan bumbu khas, Jukut- jukut memberi sensasi rasa yang berbeda. 

Sate lilit ikan juga jadi makanan khas di pulau ini. Penjual makanan satu ini tersebar di berbagai sudut tempat wisata pulau Nusa Penida. Kudapan ini menggunakan daging ikan yang digiling dan ditambahkan berbagai bumbu-bumbu, kemudian dililitkan di sebatang serai. 

Sajian selanjutnya adalah Jukut Komak. Makanan sayuran berkuah dari bahan kacang komak atau kacang kara. Rasanya juga unik karena menggunakan berbagai macam bumbu khas.

Di atas adalah rekomendasi makanan khas di Nusa Penida. Namun, untuk muslim, kulineran di pulau Bali pada umumnya, harus memperhatikan kehalalan makanan. Sebab penduduk pulau ini adalah non muslim dan masih menyantap daging babi. Jadi, sebelum membeli makanan, berikut adalah beberapa hal yang bisa kawanjo lakukan:

  1. Pastikan ada label halal di restoran
  2. Jika Kawanjo memilih jajan di warung-warung kaki lima, beranikan diri untuk menanyakan kehalalan makanan pada penjual.
  3. Kenali istilah-istilah lain dari daging babi. Yaitu pork, bak, char siu, cu nyuk, zhu rou
  4. Tanya pada pemandu wisata ataupun hotel tempat Kawanjo menginap.

Perut kenyang, pikiran tenang. Hati jadi lebih nyaman dan siap untuk mencari solusi untuk kehidupan.
Terbukti, tempat wisata di pulau Nusa Penida mampu memberikan healing untuk Kawanjo semua! Segera reservasi dan selamat berbahagia!

0 comments on “Wisata di Nusa Penida Bali, The Real Healing Tempat Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.