Yakin Berani Menyelam dikelilingi Hiu? Cobalah Nikmati Satu Persatu Wisata Pantai di Jepara Ini!
Local Experiences

Yakin Berani Menyelam dikelilingi Hiu? Cobalah Nikmati Satu Persatu Wisata Pantai di Jepara Ini!

Jepara memiliki pantai dengan pesona yang unik-unik. Ada beberapa yang menjadi tujuan wisata Indonesia yang mendunia karena keindahan dasar lautnya. Sehingga para pengunjung dari pulau Jawa tak lagi harus jauh-jauh ke Bali atau Nusa Tenggara jika ingin menyelam. Cukup di Jepara saja!

Snorkeling dan diving, dua aktivitas yang sama-sama mengeksplorasi samudra bagian dalam. Pasti banyak orang yang menyebut Bali dan Nusa Tenggara sebagai daerah tujuan wisata menyelam ini. 

Memang, dua destinasi wisata Indonesia yang mendunia ini merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta aktivitas menyelam. Namun ternyata, bagi penduduk sekitar provinsi Jawa tengah, tak perlu jauh-jauh pergi ke sana. Sebab ada tempat di Jepara yang menyuguhkan wahana snorkeling dan diving ini, selain aktivitas wisata pantai lainnya.

Seperti Kawanjo ketahui, Jepara adalah kota kelahiran pahlawan nasional ibu R.A. Kartini. Kota ini berbatasan dengan laut Jawa di bagian barat dan utara daerahnya. Maka kota yang juga terkenal dengan ukirannya ini memiliki banyak pantai indah.

Baca juga: Think Globally Act Locally ala R.A. Kartini, bawa Ukiran Jepara Jadi Mendunia

Beberapa dari pantai di Jepara ini memiliki keunikan dibanding wisata pantai lainnya. Bahkan salah duanya bisa memberikan fasilitas snorkeling dan diving asyik. Yuk simak pantai-pantai unik di Jepara yang wajib dikunjungi!

  1. Pantai Lemah Abang

Tanah di sekitarnya memang berwarna merah (dalam bahasa Jawa disebut abang)  sedangkan pasir di pantai ini berwarna hitam. Sehingga menjadi kemerahan yang memberi sensasi tersendiri untuk kaki yang menapak di sana. Pantai yang terletak di Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara ini ternyata dulunya adalah tempat berdiamnya Syekh Siti Jenar. Di pantai ini juga terdapat makam dari salah satu ulama penyebar agama Islam tersebut.

Panorama di pantai Lemah Abang atau masyarakat sekitar menyebutnya pantai Mahbang, masih alami. Lukisan langit senja menjadi andalan untuk berfoto di sana.

  1. Pantai Empu Rancak 

Masyarakat di sana juga menyebut pantai Purancak. Terletak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, tempat wisata ini terkenal dengan sajian seafood yang beragam dan mampu menggoyang lidah penikmatnya.

Dengan duduk di bawah pohon atau bilik-bilik warung, masakan olahan laut terasa semakin lezat dengan pandangan lepas ke arah pantai. Tinggal pilih, makanan dengan bahan utama ikan dan hewan lautan bisa didapat dengan harga yang lebih murah. Ada ikan kakap merah, dorang, badong, krapu, dan ngangas. 

Selain itu, di pantai yang masih perawan ini juga banyak dijumpai penjual kuliner khas Jepara. Seperti siomay tongkol, sup udang Jepara, pecel ikan laut panggang, pindang serani, dan tempong.

  1. Pantai Tirto Samodra

Masyarakat menyebutnya dengan  pantai Bandengan. Namun ada lagi nama dengan bahasa Belanda yaitu  pantai Klein Scheveningen. Yang memberi arti pantai ini merupakan bentuk kecil dari pantai Scheveningen di Belanda. Istilah ini memang pas diberikan pada pantai yang sering digunakan untuk perhelatan acara akbar internasional. Seperti lomba motor cross dan festival layang-layang.

Sehingga tak salah jika pantai ini merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi turis asing. Karena memang tak hanya acaranya, di pantai yang terletak di Utara pusat kota Jepara ini juga memiliki pemandangan yang indah. 

Pasirnya putih dan airnya bening. Banyak yang berkunjung di sini karena untuk menikmati panorama matahari terbit dan tenggelam.

  1. Pantai Kartini

Saat kecil, Kartini sering bermain di pantai ini. Letaknya di kawasan Bulu, pesisir Kota Jepara, Jawa Tengah. Sekitar 2 sampai 3 km sebelah barat kantor Bupati Jepara. Sebelumnya, pantai ini terkenal sebagai tempat untuk menghilangkan penyakit gatal-gatal saja. 

Namun seiring perkembangan jaman, banyak fasilitas yang dibangun di sini. Salah satu yang menjadi unggulan adalah patung kura-kura raksasa. Bukan sembarang patung, ternyata di dalam Kura-kura Ocean Park ini terdapat akurium taman bawah laut.

Dari dalam sana pengunjung bisa menyaksikan berbagai jenis ikan laut seperti ikan seperti pari, dotty back, kakap, jenaha, hiu, buntal, angel fish, giant yravelly, juga kura-kura dan penyu. Bahkan pengunjung bisa merasakan fish spa dan menyentuh kura-kura secara langsung. 

Tak hanya kehidupan bawah laut, di lantai atas dalam kura-kura Ocean Park, pengunjung juga disuguhi dengan  wahana Jepara Science Park. Ada banyak alat peraga sains, diantaranya simulator pesawat terbang, sensor gerak, kipas angin tanpa baling-baling, papan kreatif, air mancur melayang, dan pertunjukkan IMAX Deep Sea 3D.

  1. Pulau Panjang

Dari Pantai Kartini, pengunjung bisa menyeberang ke pulau Panjang dengan fasilitas sewa perahu yang tersedia.

Di pantai dengan mercusuar inilah, banyak penggemar snorkeling dan diving yang termanjakan. Karena ombak lautnya yang tenang dan kedalaman yang dangkal. Tak heran jika banyak yang ingin menikmati keindahan dalam laut di pulau ini.

Apalagi dengan indahnya terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang berenang bebas di dalamnya. 

Selain wisata air, kondisi pantai yang teduh dan luas, membuat banyak pula pengunjung yang melakukan camping di pantai Pulau Panjang. 

Baca juga:  Sama-sama Wisata Alam, Berikut ini Beda Camping dan Glamping untuk Pilihan Berkemah Anda

  1. Pulau Karimun Jawa

Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimun Jawa. Yaitu kumpulan pulau-pulau di Laut Jawa. Di kepulauan ini merupakan wilayah Taman Nasional Karimun Jawa. Pengelola memfokuskan pengembangan pesona wisata taman laut. Sehingga tak salah jika Pulau Karimun Jawa menjadi tempat wisata di Indonesia yang sering dikunjungi turis lokal maupun internasional.

Di wilayah seluas ±1.500 hektare daratan dan  ±110.000 hektare perairan, terdapat flora dan fauna yang hidup tersebar di seluruh bagian. Beberapa di antaranya terancam punah. Sebut saja penyu sisik, penyu hijau, dan elang laut dada putih.

Selain tiga hewan yang dilindungi tersebut, ada pula berbagai jenis hewan darat seperti rusa, bangau tong-tong, dan bangau abu-abu, landak, ular   beragam jenis tumbuhan lumut, jenis paku-pakuan, semak, tumbuhan berkayu, dan mangrove. Ada pula kera ekor panjang, ular kedor, pergam, serta berbagai spesies kupu-kupu.

Sedangkan tumbuhan di sana juga beraneka ragam. Tumbuh sesuai tipe ekosistemnya yang tersebar di seluruh wilayah. Ada mangrove, jati pasir, waru laut, Cemara laut, dan kelapa.

Untuk ekosistem bawah laut, ada terumbu karang yang pesonanya tak kalah dengan tujuan snorkeling di Bali dan Nusa Tenggara. Ditambah dengan beraneka ragam hewan laut yang berseliweran, dapatkan sensasi menyelam yang menakjubkan.

Di pulau Menjangan Kecil selain menikmati karang yang indah, pengunjung juga bisa merasakan tantangan berenang dengan dikelilingi hiu. Karena di sana memang tempat penangkaran hiu, yang sebenarnya biota laut bergigi runcing ini memang sudah dijinakkan. Tak hanya yang menantang, ada juga yang menggemaskan, yaitu ikan Nemo. Mereka berenang bebas di laut sekitar pulau Menjangan Kecil. 

Sensasi berbeda dapat ditemukan di sekitar pulau Kemajuan. Di dasar lautnya ada bangkai kapal Panama Indono yang tenggelam sejak tahun 1955. Sebelum menyelam menuju ke sana, suasana sunyi dan misterius akan menyambut. Apalagi saat melihat bangkai kapal yang sudah berkarat dan beberapa bagian menjadi tempat tumbuh terumbu karang. 

Nah, jika menyelam bukan tujuan untuk tiba di pulau ini, namun keinginan menikmati keindahan dasar laut masih muncul, tenang ada solusinya. Karena ada wahana glass bottom boat, dimana pengunjung tinggal melihat ke lantai kapal yang disewanya. Lantai tersebut terbuat dari kaca, sehingga dapat digunakan untuk menikmati indahnya kehidupan di bawah laut.

Masih banyak bagian dasar laut yang bisa dieksplorasi di wilayah pulau Karimun Jawa. Namun yang perlu diingat adalah upaya untuk ikut serta menjaga kelestarian alamnya. Sebab beberapa jenis terumbu karang pun terancam punah. Jadi, perlu juga kiranya untuk patuh pada petugas di sana.

Baca juga: Hendak Berwisata? Pastikan Anda Melakukan Perawatan Kulit yang Tepat!

Itulah pesona wisata pantai di kota Jepara. Bagi Kawanjo yang tinggal di pulau Jawa, kota ini bisa jadi rekomendasi untuk berlibur. Baik itu sekedar duduk menikmati sunset, trekking sepanjang pantai, ataupun menyelam.

Jika ingin berwisata di daerah Jawa tengah, ada paket Cultunary Solo. Segera cek di sini!

0 comments on “Yakin Berani Menyelam dikelilingi Hiu? Cobalah Nikmati Satu Persatu Wisata Pantai di Jepara Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.