Rekomendasi Aktivitas Wisata di Lamandau Kalimantan Tengah
Local Experiences

Anti Galau, 4 Rekomendasi Wisata Lamandau Kalimantan Tengah

Rekomendasi wisata Lamandau Kalimantan Tengah biat liburan kamu beragam dan penuh warna.

Bingung mau liburan kemana? Bosan dengan destinasi yang itu – itu saja? Tak usah galau. Coba cek rekomendasi wisata Lamandau Kalimantan Tengah. Kota dengan luas luas wilayah 6.414,00 km² ini menyajikan beragam pilihan destinasi untuk liburan penuh warna.

Aktivitas Wisata Lamandau Kalimantan Tengah

Wisata Lamandau Kalimantan Tengah
Rekomendasi Wisata Lamandau Kalimantan Tengah

Lamandau memiliki banyak objek wisata yang menawan. Tak heran bila banyak hati yang tertawan. Berkegiatan di sini akan menjadi pengalaman yang berkesan dan sulit untuk dilupakan. Tak perlu ragu, pilihlah beragam aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di wisata Lamandau Kalimantan Tengah:

Baca Juga : Wisata Timor Tengah Selatan, No. 5 Serasa di Awan

  1. Wisata Sejarah di Rumah Betang
Wisata Lamandau Kalimantan Tengah
Belajar sejarah di Rumah Betang, salah satu wisata Lamandau Kalimantan Tengah

Menghargai kebudayaan bisa dengan cara berwisata sejarah. Di Lamandau Kawanjo diberi suguhan menarik tentang keelokan masa lalu. Terdapat tempat yang bisa dikunjungi untuk melihat tempat tinggal penduduk Kalimantan jaman dulu. Rumah tradisional ini bernama rumah Betang.

Baca Juga : rip to Pristine Island, Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur

Terdapat cagar budaya berupa tiga rumah betang sebagai wisata sejarah di Lamandau. Namanya Ojung Batu, Rumbang Perak, serta Rumbang Rongas. Ojung Batu adalah  rumah betang yang sudah berumur seribuan tahun. Dulunya rumah ini adalah milik seorang tokoh yang kaya raya dan memiliki banyak tajau. Tajau adalah benda yang berharga mahal serta dipercaya bisa mendatangkan kekayaan. Kini, rumah ini dikelola oleh pemerintah kabupaten sebagai bangunan sejarah yang dilindungi.

Rumah Betang kedua bernama Rumbang Perak. Memiliki atau ukuran rumah lebih kecil daripada Ojung Batu, Rumbang Perak merupakan jenis rumah panggung. Ketinggian lantai dari permukaan tanah ialah 7,7 meter. Di rumah ini terdapat banyak tempayan yang merupakan milik si empunya rumah.

Rumah betang ketiga adalah Rumbang Rongas. Bentuknya mirip dengan rumah gadang khas Sumatera Barat. Bagian atapnya yang melengkung seperti tanduk kerbau, merupakan pengaruh  gaya arsitektur Kerajaan Pagaruyung di pulau Sumatera. Rumbang Rongas juga merupakan rumah panggung dengan dua lantai.

  1. Bertualang di Riam Bahu Burung
Wisata Lamandau Kalimantan Tengah
Bertualang di Riam Bahu Burung

Bila dilihat dari kejauhan, tempat ini memang berbentuk seperti bahu burung. Namun jangan hanya terlena memandang dari kejauhan. Karena keelokan Riam Bahu Burung akan lebih maksimal bila berada di lokasinya.

Baca Juga : Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur

Namun untuk sampai di sana, butuh sedikit perjuangan. Sebab aksesnya masih belum mudah dijangkau. Kawanjo bisa melatih kesabaran untuk sampai di sini. Jangan lupa nyalakan semangat berpetualang untuk mencapai tujuan.

Kawanjo bisa memilih 2 jalur yaitu sungai atau darat. Untuk jalur sungai,  waktu yang diperlukan adalah 3 jam dengan perahu getek. Sedangkan bila lewat jalur darat, butuh waktu 5 jam dengan mengendarai motor. Segala lelah dan bosan bisa terbayar setelah sampai di aliran mata air di Riam Bahu Burung. Air yang segar yang dikelilingi alam nan mempesona sangatlah menenangkan jiwa.

  1. Uji Nyali di Bukit Sebayan
Wisata Lamandau Kalimantan Tengah
Uji Nyali di Bukit Sebayan

Bukit Sebayan dikenal sebagai surga untuk orang yang sudah meninggal. Berdasarkan kepercayaan penganut agama Kaharingan yang dianut sebagian besar suku Dayak Tomun, di sinilah tempat roh berkumpul. Tak heran bila aura magis akan terasa. Karena itu, butuh nyali besar bila ingin menjelajah Bukit Sebayan.

Baca Juga : Menyapa Pesut Mahakam di Desa Wisata Pela, Kalimantan Timur

Bukit Sebayan merupakan area perbukitan dan hutan  yang terletak di ketinggian kurang lebih 1.377 mdpl. Masyarakat menganggap area ini angker dan sakral. Namun karena alamnya yang terjaga, tak jadi masalah bila hendak menjelajah di sini. Kawanjo akan ditemani oleh seorang pemandu yang paham betul mengenai bukit Sebayan. Termasuk peraturan tidak tertulis yang harus  ditaati saat berada di sini.

  1. Arung Jeram di Air Terjun Palikodan
Wisata Lamandau Kalimantan Tengah
Arung Jeram di Air Terjun Palikodan

Wisata di Nanga Bulik Lamandau ini patut dikunjungi bagi yang memiliki adrenalin tinggi. Sebab derasnya aliran air terjun menjadi tantangan tersendiri untuk ditaklukkan dengan naik kapal karet. Juga peralatan arung jeram lainnya yang pasti.

Baca Juga : jelajahi Pedalaman Kalimantan Utara dengan Coba 5 Hal Ekstrem Berikut Ini

Tak hanya itu. Air terjun Palikodan yang memiliki empat tingkatan ini juga indah dipandang mata. Didukung dengan sekelilingnya yang rindang dan indah, pas sekali untuk membasuh hati dan pikiran yang lelah. Pulang dari sini dijamin badan dan jiwa bakal terasa lebih segar.

Kabupaten Lamandau ternyata memiliki beragam jenis destinasi wisata. Beragam aktivitas bisa dilakukan untuk mendapatkan pengalaman menjelajah bumi Kalimantan Tengah yang indah. Jangan galau, ayo wisata di Lamandau!

0 comments on “Anti Galau, 4 Rekomendasi Wisata Lamandau Kalimantan Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.