Trip to Pristine Island, Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur
Local Experiences

Trip to Pristine Island, Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur

Wisata Pulau Derawan the Pristine Island, pulau yang indah dan terjaga kemurniannya. Cocok untuk yang suka alam yang elok dan suasana tenang

The Pristine Island atau pulau yang terjaga kemurniannya sangat pas disandang oleh pulau Derawan. Salah satu obyek wisata di Berau ini memang memiliki pemandangan yang sejuk di mata. Indah, bersih, dan masih suci alias terjaga. Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur pun membuat hati puas dengan keindahannya.

Ternyata tak hanya di atas daratan. Di dalam lautan kepulauan Derawan juga memiliki the hidden paradise. Di sana ada KKL (Kawasan Konservasi Laut) yang menjadi tujuan wisata Kalimantan Timur Indonesia. Banyak terumbu karang yang beraneka ragam bentuk serta warna, menjadi bagian indah kedalaman samudera. Belum lagi aneka satwa yang tak kalah menakjubkan, berenang bebas tanpa halangan. 

Baca juga: Wisata Sabang Pulau Weh, pemandangan dalam lautnya juga indah

Sejarah Pulau Derawan

Bagian dari Sejarah Pulau Derawan,
Anak Penyu di Pulau Sangalaki

Tak hanya turis lokal, pelancong mancanegara juga banyak yang ingin menikmati keindahan pulau ini. Begitu juga dengan beberapa pulau di sekitarnya.

Terdapat mitos yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai sebab penamaan pulau Derawan dan pulau – pulau lain di dekatnya. Alkisah, ada serombongan calon pengantin laki-laki dan perempuan dari dua pulau berbeda. Mereka berjanji untuk melangsungkan pernikahan di pulau Panjang. Belum sampai di tujuan, ada angin kencang yang menerpa dan merusak perahu kedua rombongan. Semua penumpang pun tenggelam.

Pulau Derawan

Jenazah calon pengantin perempuan dipercaya menjadi pulau Derawan yang berarti perawan/gadis. Ibunya menjadi pulau Semama (ibu), sedangkan kakak lelaki di gadis yang sejatinya hendak bertindak sebagai wali nikah, berubah jadi pulau Kakaban (kakak).

Calon pengantin laki-laki dikisahkan menjelma jadi pulau Sangalaki dan ibunya menjadi pulau Maratua (calon mertua bagi si gadis). Begitu pun para pengiring pengantin, menjadi pulau-pulau kecil yang lain.

Sekali lagi cerita di atas hanyalah mitos. Yang diceritakan secara turun temurun dan kebenarannya pasti tipis. 

Aktivitas Menarik di Pulau Derawan Kalimantan Timur

Aktivitas menarik di Pulau Derawan

Dengan segala daya tariknya, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat wisata di Pulau Derawan ini. Berikut di antaranya:

  1. Mengelilingi pulau

Pulau Derawan memiliki luas 44,6 hektare. Tidak begitu luas sehingga memungkinkan untuk dijelajahi seluruh wisatanya dengan cepat. Karena pesona alamnya tersebar di seluruh isi pulau. 

Di bibir pantai sendiri, bisa dilihat air lautnya sangatlah jernih. Saking jernihnya, pengunjung yang tak ingin menyelam bisa melihat terumbu karang dan ikan yang beragam pesonanya.

Baca juga: Wisata di Pantai Pink Labuan Bajo

  1. Diving dan snorkeling
Diving dan Snorkeling di Pulau Derawan

Sebab pulau Derawan menawarkan wisata diving atau menyelam, maka dua aktivitas ini merupakan hal wajib. Menikmati keindahan alam bawah laut pulau Derawan dengan diving atau snorkeling adalah pilihan tepat. 

  1. Berenang bersama penyu 

Jangan heran bila di tengah asyik berenang atau menyelam ternyata ada penyu besar melintas. Mereka akan tetap melaju dengan anggun, tanpa takut diganggu manusia. Menjadi keharusan memang, untuk melestarikan keberadaan penyu tersebut. Sehingga ada aturan dilarang memegang apalagi menangkapnya saat berpapasan di dalam laut.

Bila ingin melihat lebih jelas tentang daur hidup penyu ini, datang saja di pulau Kakaban. Dimana di sana bisa dilihat telur, bayi, dan penyu yang siap dilepas ke laut.

  1. Menikmati lukisan sunrise dan sunset

Tak hanya pulau Bali, pulau Derawan juga memiliki view terbit dan terbenam yang menarik dan instagenic. Terutama di pantai-pantainya.

Siapkan kamera untuk mengambil foto dan merekam momen berharga di pulau Derawan. Bila tidak, cukuplah duduk santai di pinggir pantai. 

  1. Menginap di penginapan terapung
Penginapan Terapung

Sensasi baru, nih! Yaitu bagaimana bermalam di atas air yang mengalir. Debur ombak akan terdengar, seolah membelai kepala supaya segera beristirahat dengan tenang. Dengan istirahat yang nyaman, keesokan harinya bisa melanjutkan petualangan di pulau Derawan lagi. Pastinya dengan tenaga dan semangat yang lebih membara. Sebab pesona pulau Derawan tak mudah untuk dilewatkan.

Baca juga: Hotel Instagenic dan Unik di Yogyakarta

Sebagai saran, pilih penginapan yang memiliki fasilitas bisa menatap laut saat membuka jendela atau pintu. Pasti jiwa dan rasa jadi semakin hepi.

  1.  Mengunjungi pulau lain di kepulauan  Derawan

Masih banyak pulau yang ada di gugusan kepulauan Derawan. Sembari berkunjung ke pulau Derawan, lebih lengkap bila melanjutkan perjalanan untuk mengeksplorasi pulau lain. Ada gua haji mangku atau gua halo tabung di pulau Maratua dan danau Labuan Cermin, ada Manta Ray Point pusat berkumpulnya ikan pari manta di pulau Sangalaki. Ada juga danau ubur-ubur dan blue light cave atau goa yang berada di permukaan air laut di dekat Kakaban. Juga beberapa pulau dengan panorama yang mempesona. 

Transportasi ke Pulau Derawan

Transportasi ke Pulau Derawan

Lokasi pulau Derawan berada di  kabupaten Berau provinsi Kalimantan Timur. Untuk sampai ke sana cara paling efektif dan efisien adalah dengan menggunakan transportasi udara alias pesawat. Pilih pesawat yang menuju bandara Balikpapan, sesampainya di sana silakan naik penerbangan lokal ke Berau atau Tarakan. Setelah itu dari kota Berau atau Tarakan tinggal naik speedboat ke bandara kepulauan Derawan.

Mengunjungi pulau Derawan memang pas untuk mendulang ketenangan. Pesona alamnya yang luar biasa namun tetap terjaga kemurniannya membuat jiwa raga semakin bahagia. Tak salah bila pigijo akhirnya menawarkan paket berwisata ke pulau Derawan ini.

Simak selengkapnya di sini ya! Paket Wisata Pulau Derawan .

0 comments on “Trip to Pristine Island, Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.